Kia Sportage 2022 Generasi-5 Tampil Lebih Futuristik, Desain Berubah Total

Kia Sportage 2022 - Gambar Digital Resmi

CaruserMagz.com – Penampakan Kia Sportage generasi kelima diperkenalkan pada Juni 2021 melalui gambar digital resmi yang lebih detail, setelah sebelumnya KIA merilis teaser gelap Sportage 2022.

Medium SUV 5-seater global Kia ini berubah signifikan dibanding Sportage generasi ke-4. Perubahan total tersebut nampak pada eksterior dan interior secara keseluruhan, seperti fascia depan belakang, dashboard dan desain kursi.

Sportage baru ini dibuat berdasarkan filosofi baru Kia yang disebut “Opposites United” seiring transformasi Kia yang ingin mempercepat era kendaraan masa depan. bahasa desain baru ini nantinya akan diterapkan pada semua line up mobil Kia.

Eksterior Lebih Tajam

Sportage 2022 generasi baru ini berubah dari serba membulat jadi lebih tajam layaknya mobil Jepang. Bahasa desain Kia memang sulit ditebak, terkadang mobilnya berubah jadi sangat futuristik, namun bisa suatu saat kembali ke nuansa jadul.

Medium SUV Korea Generasi Baru
Kia Sportage 2022 – Gambar Digital Resmi – Grey

Fasia depan Sportage generasi baru ini dibuat lebih agresif dengan gril besar berwarna hitam yang tetap membawa ciri khas Tiger-Nose. Kekhasan baru pada mobil baru Kia ini adalah LED-DRL berbentuk bumerang.

Lampu utama terletak di sisi DRL boomerang. Headlamp LED tersebut terlihat minimalis seperti balok bersusun ke atas. Foglamp juga menggunakan LED dengan bentuk minimalis senada dengan headlight. Mobil ini sudah menggunakan logo baru Kia yang futuristik.

Di bagian belakang juga terlihat futuristik dan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang membulat, kini penuh garis-garis dan sudut tajam.

Kia Sportage Generasi Baru 2022 - Tampak Samping Belakang
Kia Sportage Generasi-5 2022 – Tampak Belakang

Bentuk lampu LED di belakang terlihat rumit dengan sudut-sudut tajam dan signature seperti huruf ‘J’. Kesan sporty terlihat dari bumper dengan warna hitam glossy dilengkapi guard berwarna silver yang seolah bagian belakang supercar.

Penampakan samping Sportage 2022 ini terlihat lebih tegas dan lebih panjang dari pendahulunya. Keseluruhan kaca sampingnya mengingatkan kita pada siluet Mitsubishi Pajero Sport atau Mazda CX-7 yang dulu pernah dijual di Indonesia.

Kia New Sportage 2022 - Grey Belakang
Kia New Sportage 2022 – Samping Belakang

Garis desain bodinya terlihat lebih tegas. Kia menghilangkan ciri khas Sportage pada pillar-D yang mematahkan nuansa aerodinamis tarikan garis dari depan, yang lama dipertahankan pada beberapa generasi sebelumnya.

Bagian khas itu diganti dengan ciri khas baru berupa bentuk seperti sirip hiu terbalik yang sudah kita lihat pada Kia Sorento dan Sedona generasi baru.

Kia Sportage Generasi Baru 2022 - Tampak Samping
Kia Sportage Generasi Baru 2022 – Tampak Samping

Nuansa baru di bagian samping ini juga terlihat pada tarikan garis di bagian bawah pintu yang mengikuti alur fender roda belakang. Ini sudah kita lihat ada di Hyundai Tucson terbaru, namun dengan tarikan garis yang lebih tegas. Roda besar dengan desain velg yang benar-benar berbeda dari desain mainstream menambah kesan kekar mobil ini.

Interior Mewah

Di bagian dalam kabin, semua juga diperbarui secara total. Hal itu terlihat pada desain dashboard, lingkar kemudi dengan logo baru Kia. Bahasa desain interior Sportage ini juga berubah dari bentuk yang rumit karena banyak tombol, menjadi lebih minimalis modern.

Layar besar membentang menghabiskan sekitar 60% dari keseluruhan panjang dashboard. Screen tersebut terdiri dari dua monitor utama, yaitu meterr-cluster di balik lingkar kemudi dan head unit.

Interior Kia Sportage 2022 - Dashboard Center
Interior Kia Sportage 2022 – Dashboard Center

Kesan minimalis yang sedap dipandang juga ada pada panel AC, desain kisi-kisi AC dan tombol-tombol di konsol tengah, tidak ada lagi tuas transmisi, serta desain dan warna hitam glossy pada konsol tengah.

Suasana interior Sportage 2022 ini terasa mewah berkat kombinasi dua warna lembut dan aksen kayu elegan gelap pada doortrimnya. Ini mengingatkan kita pada interior Hyundai Palisade yang berada pada kelas jauh di atas Sportage.

Interior SUV Medium Generasi Baru
Interior SUV Kia Sportage 2022 – Dashboard

Namun rilis ini belumlah merupakan peluncuran resmi, karena masih banyak yang belum diungkap Kia, semisal pilihan varian powertrain, ukuran detail dimensi dan penampakan keseluruhan interior.

Kami mengira sangat mungkin SUV ini akan diberi powertrain dengan elektrifikasi, paling tidak ada varian hybrid. Kabarnya Medium SUV global ini baru akan resmi diluncurkan pada paruh akhir tahun 2021 dan mulai dikirim ke konsumen pada awal 2022.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar