Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Tampak Depan

Kia Sorento Generasi Baru Kembali Ganteng, jadi Mirip Mobil Jepang

Berita KIA SUV
CaruserMagz.com – Kia punya medium SUV 7-seater yang sangat menarik, yaitu Kia Sorento. Kembar tak seiras Hyundai Santa Fe ini pernah dijual di Indonesia pada tahun 2012 dengan tampilan yang gagah, nyaman dan cukup premium dalam hal build quality. Kemudian pada generasi selanjutnya Kia Sorento berubah jadi tak ganteng lagi, seolah kembali ke model desain Kia sebelum tahun 2011.

 
Tidak semoncer saudaranya dari Hyundai, Kia Sorento kemudian diskontinyu di Indonesia. Namun Sorento tetap dikembangkan brand Korea tersebut, karena ini adalah model yang cukup laris di pasar global. Baru-baru ini, Kia mengumumkan gambar-gambar resmi penampakan Kia Sorento generasi baru yang terlihat kembali gagah seperti Sorento tahun 2012.

 
All New Sorento generasi baru tersebut akan debut global di Geneva International Motor Show 2020 (GIMS), yang akan berlangsung pada tanggal 5 hingga 15 Maret 2020 di Palexpo, Grand-Saconnex, Swiss.

 
Kia All New Sorento 2021 ini terlihat bergaris lebih tegas, bersudut-sudut tajam seperti mobil Jepang. Pola ini mulai kita lihat pada Kia Seltos dan Optima yang berbeda dari Kia sebelum-sebelumnya dengan garis luwes dan membulat. Apakah artinya desain mobil Kia mulai berpindah kiblat ke Jepang?

 
Mungkin tidak sepenuhnya kejepang-jepangan, bisa juga ini ke arah Audi atau Volkswagen yang juga bersudut-sudut tajam. Mungkin ini tradisi Kia, setiap perubahan generasinya merupakan perubahan signifikan hingga ke konsep desain yang tidak terikat pakem tertentu.

 

Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Fascia Depan
Kia Sorento 2021 – Gambar Resmi Fascia Depan

Tetap mengusung grill Tiger Nose sebagai ciri khasnya, wajah Kia Sorento baru ini nampak lebih tegas dengan grill mengotak yang terintegrasi dengan head lamp. Bentuk tersebut seolah seperti Solid-wings milik Honda, namun ada tekukan ala tigernose di bagian tengahnya.

 
Menariknya head light LED-nya terlihat canggih bernuansa lampu BMW dipadu dengan Daytime Running Light (DRL) yang terlihat minimalis pada garis bawah lampu dan bersambung ke grill. Seandainya DRL tersebut tidak menyala, maka seolah tidak mobil ini tidak memiliki DRL.

 
Di bagian bumper, terlihat lubang ventilasi vertikal yang sepertinya adalah lubang beneran, bukan sekedar hiasan. Lampu kabut juga telah menggunakan LED yang dibuat dua lapis berbentuk honeycom. Secara keseluruhan, bentuk wajah Kia All New Sorento 2021 ini terlihat jauh lebih ganteng dari model sebelumnya.

 

Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Tampak Belakang
Kia Sorento 2021 – Gambar Resmi Tampak Belakang

Di bagian belakang, juga nampak benar-benar baru dan gagah. Lampu belakangnya sudah LED dengan motif vertikal, tidak lagi horizontal seperti model sebelumnya. Lampu tersebut juga terlihat terbelah secara vertikal, sehingga bagian lampu pada body dan pada pintu bagasi tidak menyatu.

 
Sedangkan bumper belakang senada dengan bumper depan, ada ornamen seperti ventilasi vertikal di sisi kiri dan kanannya, sedangkan bagian bawah ada underguard silver yang terlihat modern dan terintegrasi dengan reflektor dan lampu mundur.

 
Emblem nama mobil tidak lagi di sisi samping kiri seperti kebanyakan mobil sekarang, tetapi telah mengikuti kebanyakan SUV Amerika, yaitu tulisan besar di tengah bagian bawah pintu bagasi.

 

Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Tampak Samping
Kia Sorento 2021 – Gambar Resmi Tampak Samping

Penampakan samping, mobil ini terlihat memanjang dengan bentuk kaca samping keseluruhan yang lebih pipih. Ada nuansa Volkwagen Tiguan All Space disana, namun terlihat lebih runcing. Garis-garis tegasnya membedakan Sorento cukup signifikan dari Santa Fe.

 
Masuk ke kabin, kita menyaksikan perubahan sgnifikan pada desain Kia Sorento generasi baru ini.  Kia menyematkan ambient light pada bagian dashboard dan doortrim, sehingga SUV ini terasa premium layaknya BMW atau Mercy.

 

Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Interior Dashboard
Kia Sorento 2021 – Gambar Resmi Interior Dashboard

Semua hal dari interior Kia Sorento ini terlihat baru, bentuk bagian tengah setirnya bulat sedikit mengotak, exhaust AC baru, desain dashboard yang tegas, warna interior kombinasi hitam dan coklat muda. Semuanya seolah ingin memberi kesan, Kia kini sudah selevel Mercedes-Benz.

 
Head unit besar dibuat seolah menyatu dengan meter-cluster full monitor digital di balik kemudi, seolah ingin meniru MBUX nya milik Mercedes-Benz. Juga tidak ada lagi tuas transmisi, tetapi perpindahan transmisi sudah menggunakan kenop putar seperti pada Range Rover.

 
Mengenai mesin, dikabarkan All New Sorento ini akan disediakan pilihan mesin berteknologi listrik, yaitu hybrid. Mesin bakar yang digunakan juga telah mengusung teknologi turbocharger, sehingga mobil ini akan sangat bertenaga dan irit bahan bakar. Pilihan varian bermesin bakar murni juga ada dengan kapasitas yang lebih besar. Detilnya diumumkan Kia secara di website resminya dan kami bahas di artikel lain.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar