Teaser Kia Sportage 2022 Resmi Dirilis, Ada Nuansa Mitsubishi Pajero Sport

Teaser Kia Sportage 2022 - Generasi Baru

CaruserMagz.com – Teaser Kia Sportage 2022 – Kia telah memperkenalkan bentuk Sportage generasi baru melalui teaser resmi yang dirilis pada Minggu, 30 Mei 2021. Wujud asli dari medium SUV 5-Seater global tersebut kabarnya akan diperkenalkan di Korea Selatan pada Juli 2021 mendatang.

Kia baru merilis 3 gambar render gelap dari Sportage yang meliputi penampakan samping depan, samping belakang dan dashboard di interiornya. Bentuk tersebut sepertinya sama sekali tidak mewarisi penampakan Sportage sebelumnya yang kita kenal.

Mengambil inspirasi dari etos yang kami ciptakan, dimana alam bertemu dengan modernitas, Sportage baru menantang norma desain dengan eksterior yang penuh petualangan namun kontemporer dan detail yang indah serta interior pelopor,” kata Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Desain Global Kia, Karim Habib dalam pernyataan resminya.

Dengan Sportage baru ini, kami tidak hanya ingin mengambil satu langkah ke depan, tetapi lebih ke tingkat yang sama sekali berbeda dalam kelas SUV,” tutup Karim Habib.

Sebelumnya bentuk Kia Sportage generasi baru ini pernah dirender oleh seorang desainer Korea Selatan bernama Hitekro. Render tersebut dibuat berdasarkan foto-foto spyshot Sportage next-gen dalam balutan kamuflase.

Ternyata render Sportage karya Hitekro tersebut cukup mendekati gambar teaser resmi ini, hanya saja bentuk headlamp-nya ternyata berbeda.

Render Kia Sportage Generasi Baru
Render Kia Sportage Generasi Baru oleh Hitekro

Kia menyebut Sportage baru ini mengusung bahasa desain Kia’s Opposites United. Ciri khas dari gaya baru Kia ini adalah grill besar hitam yang masif menggabungkan lampu utama, LED-DRL dan grill dalam satu paket. Tampilan itu terlihat dari teaser yang sedikit menampilkan fascia depan.

Di belakang, Sportage baru ini akan mendapat lampu belakang LED yang terlihat futuristik, dipadu dengan bentuk pintu bagasi berdesain ducktail dan rear-spoiler yang smooth. Ini terlihat bagus dan aerodinamis.

Teaser Kia Sportage 2022 - Tampak Samping Belakang
Teaser Kia Sportage 2022 – Tampak Samping Belakang

Penampakan samping depan dan kaca di pillar-D mengingatkan kita pada nuansa Mitsubishi Pajero Sport dengan Dynamic Shield di depan dan kaca belakang yang melancip ke atas. Garis bahu yang kekar dan kap mesin yang panjang membuatnya tampak gagah.

Salah satu gambar teaser gelap menampilkan penampakan interior, yaitu kokpit di bagian depan dashboard-nya. Yang menarik adalah layar digital lengkung yang memanjang dari balik lingkar kemudi hingga ke bagian center-cluster. Ini seperti yang ada pada Kia EV6 atau MBUX milik Mercedes-Benz.

Interior Sportage 2022 - Dashboard
Render Interior Sportage 2022 – Dashboard

Ventilasi AC-nya berbentuk unik dengan desain baru, membuat keseluruhan dashboard terlihat asimetris dan driver oriented. Panel pengaturan di center-cluster terlihat simpel dan modern, kontras dengan interior Kia sekarang yang tampak rumit dan penuh tombol.

Setelah debut global di Korea Selatan, Kia Sportage 2022 versi Eropa yang dibuat khusus akan diluncurkan pada bulan September. Penampakan digital yang lebih jelas akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang, sebelum model fisik dipamerkan secara resmi.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar