KIA Sportage 2019 mendapat Minor Styling Change dan Mesin Mild-Hybrid

CaruserMagz.com – Penampakan KIA Sportage Facelift 2019 terungkap saat uji jalan di sirkuit Nurburgring. Berbeda dari umumnya test jalan pada model baru yang biasanya dibalut kamuflase, Kia Sportage facelift ini tidak ditutupi apapun.

 
Penampakan spyshot dari berbagai media Amerika tersebut kemudian tak lama disusul oleh rilis resmi oleh KIA USA melalui akun instagramnya, yang menampilkan penampakan KIA Sportage 2019 dengan minor change pada eksterior, khususnya pada fascia depan.

 
Selain perubahan minor pada eksterior dan interior, hal yang spesial adalah bahwa KIA Sportage 2019 ini juga ditawarkan dengan pilihan mesin baru, yaitu New EcoDynamic+ diesel mild hybrid powertrain yang disinyalir merupakan langkah awal strategi elektrifikasi global mobil-mobil Kia.

 

Ubahan Mesin

 
Dapurpacu tersebut adalah mesin diesel ‘R’ 2.0-liter yang dikawinkan dengan baterai 48-volt dan unit generator engine-off. Sedangkan mesin diesel sebelumnya yang berkapasitas 1.7-liter diganti dengan mesin baru yang diklaim lebih efisien, yaitu mesin diesel 1.6-liter ‘U3’ common-rail direct-injection.

 
Spesifikasi mesin untuk pasar Amerika Serikat belum dijelaskan oleh pihak Kia, namun banyak media AS memperkirakan pilihan mesin akan berganti. Diharapkan mesin tersebut adalah Gasoline-engine 2.4-liter bertenaga 181 hp (135 kW) dan torsi 237 Nm (175 lb-ft). Juga diperkirakan ada pilihan mesin turbo 4-silinder 2.0-liter dengan output tenaga 240 hp (179 kW) dan torsi 352 Nm (260 lb-ft).

 

Ubahan Minor Eksterior

 
Styling change pada tampilan luar dilakukan Kia pada wajah medium SUV ini. Secara keseluruhan sangat mudah kita kenali sebagai Kia Sportage yang masih sama dengan versi sebelumnya. Perubahan hanya pada bumper depan, khususnya foglamp housing dan spoke velg dual-tone baru yang lebih cakep.

 

Kia Sportage 2019 GT Line - Side Back
Kia Sportage 2019 GT Line – Side Back

Varian GT-Line seperti pada gambar di atas mendapakan gril radiator ‘tiger-nose‘ hitam gloss dan list hitam yang menghubungkan foglamp housing dengan grill bawah. Lampu reflector dan lampu mundur pada bumper belakang juga mendapat ubahan menjadi top-bottom dari sebelumnya sejajar.

 

Ubahan Minor Interior

 
Masuk ke kabin, kita tidak akan merasakan perbedaan signifikan pada dashboard Sportage 2019 ini jika tidak melihatnya secara teliti. Hal yang baru antara lain: lingkar kemudi baru yang Flat-bottomed, head unit layar sentuh yang frame-less.

 
Fitur baru adalah sudah ada Around View Monitor untuk mempermudah parkir dan driver health care dimana mobil akan memberi peringatan ketika sopir terdeteksi lelah atau mengantuk.

 

Kia Sportage 2019 GT Line - Interior Dashboard
Kia Sportage 2019 GT Line – Interior Dashboard

Baca juga: 

 
Kia Sportage terjual lebih dari 131.000 unit di Eropa pada tahun 2017, sedangkan di Amerika Serikat penjualan crossover Korea ini adalah 72.824 unit, mengalami penurunan 10% dari tahun 2016. Sportage 2019 ini direncanakan mulai dijual di Eropa mulai pertengahan tahun depan.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *