Honda Mobilio Facelift 2017 Diluncurkan, Akhirnya Wajah Jadul itu Berubah jadi Lebih Modern

CaruserMagz.com – Honda meluncurkan Honda New Mobilio pada Kamis 12 Januari 2017, sebagai peluncuran mobil baru pertama di tahun 2017. Ini merupakan gebrakan yang tepat mengawali kuartal pertama tahun ini, karena langsung menusuk ke jantung pasar mobil yang paling gemuk, yaitu Low MPV.

 

Menurut kami, strategi Honda ini brilian dan Honda benar-benar mendengarkan keluhan dan ekspektasi konsumen Indonesia mengenai produk-produknya. Hampir semua kritik pedas dari para pecinta otomotif dijawab satu per satu dengan tindakan nyata.

 

Menariknya Honda menjawab kritik itu dengan cepat sekali, karena baru awal tahun 2016 kemarin Mobilio mendapatkan facelift pertamanya yang menitik beratkan pada bagian interior. Perubahan tidak signifikan pada eksterior banyak dikritik pada waktu itu. Akhirnya langsung dijawab dengan perubahan eksterior signifikan pada awal 2017 ini.

 

Perubahan yang Honda lakukan pada Mobilio 2017 ini benar-benar menjawab kritik pecinta otomotif, misalnya wajah Mobilio terdahulu yang banyak dikritik kurang modern atau seperti mobil dari masa lalu, kini dirubah total desainnya jadi lebih sporty dan tajam.

 

Perubahan Eksterior Honda Mobilio Facelift 2017
Perubahan Eksterior Honda Mobilio Facelift 2017

 

Grill depan yang terintegrasi dengan head lamp, secara keseluruhan membentuk solid wing face yang lebih terasa aura kemewahan mobil Honda dibanding face Mobilio sebelumnya. Bentuk lampu utama juga dirubah total, dari desain jadul ala tahun 2000an, menjadi lebih tajam dan mengotak. Akesoris LED-DRL yang terintegrasi di bagian bawah lampu utama tersebut juga menambah nuansa modern. Namun desain bumper khususnya rumahan foglamp masih sama dengan versi 2016.

 

Perubahan signifikan terlihat pada bagian atap Mobilio 2017 ini, yaitu telah disematkannya roofrail elegan dan warna keseluruhan atap yang dibuat berwarna hitam, membuat aura sporty lebih kental, seolah-olah bagian tersebut terbuat dari kaca. Keren!

 

Kritik pedas pada desain kursi depan dengan headrest menyatu juga dijawab tuntas, Honda Mobilio 2017 ini telah memiliki headrest yang bisa diatur ketinggiannya, alias adjustable. Sehingga perubahan tersebut mengurangi aura LCGC pada kursinya.

 

Interior Mobilio Facelift 2017 - kursi depan
Interior Mobilio Facelift 2017 – Head Rest kursi depan Terpisah

Baca juga:

 

Dari segi dimensi, garis-garis desain di bagian samping dan bentuk bokongnya yang atraktif, tidak ada perubahan signifikan dari versi sebelumnya. Sama halnya dengan facelift 2016 yang lalu, perubahan yang nampak dari samping adalah desain velg untuk tipe RS, walau dengan ukuran yang tetap 15 inchi.

 

Mobilio facelift 2017 ini ternyata seperti ingin menyempurnakan facelift 2016 kemarin, perubahan lain yang dilakukan adalah penambahan fitur kekinian yang mulai lazim di mobil untuk konsumen menengah ke bawah, seperti fitur pengereman ABS+EBD untuk semua tipe, fitur Hill Start Assist Control (HAC) dan Vehicle Stability Assist Control (VSA).

 

Warna interior juga mengalami peubahan minor, jika pada versi sebelumnya warna doortrim dan dashboard bagian bawah menggunakan warna beige, pada Mobilio facelift 2017 ini bagian tersebut diganti dengan warna yang lebih cerah, yaitu ivory. Sedangkan desain dashboardnya masih tetap satu platform dengan Honda BR-V, Brio dan Jazz.

 

Untuk bagian dapurpacu, Honda masih mempertahankan mesin lama dengan kapasitas 1500cc, SOHC i-VTEC. Ini adalah mesin yang sama dengan milik Honda Freed, walau dengan performa yang sedikit dibawah mesin Freed.

 

Saat peluncuran, varian dan harga Honda Mobilio 2017 ini sudah langsung diumumkan. Namun ada varian yang nampaknya absen dibanding Mobilio 2016, yaitu tipe E Prestige. Sehingga hanya ada tipe S sebagai varian terendah, E varian menengah dan RS varian tertinggi.

 

New Mobilio 2017  tipe S dibanderol 189,5 juta Rupiah dan hanya tersedia dengan transmisi manual saja. Mobilio tipe E berharga 210 juta Rupiah untuk varian manual dan 221 juta untuk varian otomatis CVT. Sedangkan tipe RS Manual dijual dengan harga OTR 233 juta Rupiah dan RS CVT dibanderol Rp 243,5 juta.

 

Perubahan pada Mobilio 21017 ini mungkin sedikit banyak akan membuat pembeli Mobilio tahun lalu jadi agak dongkol, belum lama merasa senang dan bangga memiliki Mobilio dengan dashboard yang baru, kini harus gigit jari melihat Mobilio 2017 yang ternyata jauh lebih keren tidak hanya di interior, tapi juga eksterior.

 

Bagaimana pendapat sobat mengenai Mobilio facelift 2017 ini? Jika ada informasi tambahan yang belum kami tulis atau ada saran yang ingin disampaikan, silahkan dicurahkan pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

2 thoughts on “Honda Mobilio Facelift 2017 Diluncurkan, Akhirnya Wajah Jadul itu Berubah jadi Lebih Modern

Tulis Komentar