Tampang Kia Grand Sedona 2021 Generasi Baru Diumumkan, Makin Ganteng!

CaruserMagz.com – Penampakan eksterior Kia Grand Sedona 2021 generasi baru diumumkan oleh Kia Motor Corporation pada 24 Juni 2020, melalui laman resmi dan akun Instagram induk grup-nya hyundaimotorgroup.official. Akun resmi Hyundai Global menyebut MPV besar yang lebih dikenal di pasar global sebagai Kia Carnival tersebut, sebagai ‘Grand Utility Vehicle‘ (GUV).

Kia Carnival generasi ke-empat ini hadir dengan desain baru pada semua sisinya, meskipun dibangun pada platform yang sama dengan generasi sebelumnya. Belum banyak informasi yang dibuka oleh Kia, terkait perubahan apa saja yang dilakukan selain desain eksterior.

Namun beberapa hal telah dinyatakan seperti jarak sumbu roda yang diperpanjang dan overhang yang jadi lebih pendek. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kabin yang lebih lapang.

Kia Grand Sedona 2021 Tampak Belakang - Carnival Generasi Baru

Kia Grand Sedona 2021 Tampak Belakang – Carnival Generasi Baru

Hal yang bisa kita bahas dari penampakan Kia Grand Sedona generasi-4 ini tentu adalah desainnya. Kami melihat beberapa bagian telah diseragamkan dengan bahasa desain terbaru Kia, yang telah ada pada model-model terbarunya seperti Seltos dan Sorento.

Tampilan Kia Sedona 2021 ini cocok dengan julukan Utility Vehicle, karena ada nuansa SUV di beberapa bagian meskipun masih mengusung cue MPV secara keseluruhan. Dibanding versi sebelumnya, Sedona baru ini terasa lebih gagah. Antara lain berkat roof-rail, body-cliding di sekujur bagian bawah bumper depan-belakang dan pintu, serta underguard bermotif silver.

 

Fascia Depan

Di fascia depan, perubahan terasa sangat signifikan. Grill yang sebelumnya lebih membulat kini lebih tegas. Lampu depan memiliki cue Lampu Kia Seltos yang seperti bertaring, hanya saja pada Sedona baru ini terlihat lebih pipih sehingga lebih sedap dipandang. Perubahan signifikan lainnya terlihat pada lampu kabut yang sebelumnya LED 4-titik, kini menjadi LED horizontal biasa, Kami lebih suka lampu kabut yang lama.

LED positioning light yang meliputi lampu dan tepian grill terlihat lebih rumit. Secara keseluruhan wajah depan Sedona ini seperti Solid-Wings milik Honda, hanya saja grill-nya membawa desain Tiger-Nose khas Kia dan berbagai jeroan lampu yang bertumpuk-tumpuk.

Kia Grand Sedona 2021 - Tampak Depan - Baru vs Lama

Kia Grand Sedona 2021 – Tampak Depan – Baru vs Lama

 

Penampakan Samping

Di samping, kita melihat ada cue Kia Sorento generasi ke-4, berupa permainan warna pada pilar-C yang mirip dengan Sorento. Namun pada Sedona 2021 ini, terlihat lebih masif hingga ke bagian atas kaca, sedangkan pada Sorento hanya seperti sirip hiu yang mengarah ke belakang.

Hal baru lainnya pada bagian samping adalah garis over-fender di sekeliling ban membuatnya lebih berotot, sayangnya tidak dibuat berwarna hitam untuk tampilan yang lebih maskulin. Desain velg juga terlihat lebih berani dengan dual-tone yang kontras.

 

Penampakan Belakang

Ke belakang, kita juga menyaksikan perubahan signifikan, baik dalah hal bentuk keseluruhan, maupun detail seperti lampu yang kini disambungkan oleh reflektor tebal di sekujur lebar pintu bagasi. Bokong yang dulu lebih membulat dengan lampu balakang seperti mata panda, kini jadi lebih tegas dengan garis yang bersudut-sudut.

Kia Grand Sedona 2021 - Tampak Belakang Baru vs Lama

Kia Grand Sedona 2021 – Tampak Belakang Baru vs Lama

 

Mesin?

Untuk sektor mesin, belum ada kabar resmi dari Kia Motor Corporation. Namun berbagai media otomotif mengabarkan bahwa Kia Grand Sedona gen-4 ini akan diberi mesin 2.500 cc 4-silinder turbo dengan output maksimum 277 hp dan torsi 421 Nm. Juga dikabarkan akan ada varian hybrid bermesin 1.600 cc 4-silinder turbo, dikombinasikan dengan motor listrik dengan output total sebesar 227 hp dan torsi 350 Nm.

Kia Carnival atau Grand Sedona ini dikabarkan akan diluncurkan sebagai world premier untuk pasar domestik Korea Selatan pada quartal ketiga 2020, kemudian menyusul untuk negara-negara lain.