Bodi Mobil Penuh Serangga Setelah Perjalanan, Ini Bahayanya!

Bodi mobil penuh serangga - bahaya jika dibiarkan

CaruserMagz.com Bahaya Bodi Mobil Penuh Serangga – Setelah menempuh perjalanan jauh, khususnya di jalan tol dan di malam hari, sering kita dapati bodi mobil dipenuhi serangga yang mati. Pada umumnya banyak dibagian depan mobil, yaitu di area headlamp, grill, bumper hingga masuk ke sela-sela radiator.

Serangga-serangga tersebut sangat tertarik dengan cahaya lampu di malam hari, sehingga saat melihat cahaya dari kejauhan, mereka akan berusaha mendekati. Alhasil kita tidak bisa menghindari dari menabrak mereka hingga tubuh mereka pecah lalu menempel di bodi mobil.

Sekilas kumpulan bangkai serangga tersebut adalah hal sepele, sehingga sebagian kita menganggapnya remeh dan bisa dibersihkan kapan-kapan saja jika sudah punya waktu luang.

Serangga di Bodi Mobil
Serangga di Bodi Mobil

Namun serangga berbeda dari kotoran biasa semisal lumpur dan debu. Karena tubuh serangga mengandung zat-zat yang secara kimiawi, bisa merusak lapisan cat atau menjadi noda membandel di bodi mobil.

Sebagian besar jenis serangga mengandung asam di tubuhnya, yang mereka gunakan sebagai mekanisme mempertahankan diri dari predatornya.

Baca: Tips Bersihkan Body Mobil Agar Kinclong Seperti Baru

Dalam jumlah sedikit, asam itu terkesan sepele, namun jika sudah banyak, maka akan berefek negatif pada bodi mobil. Asam bersifat korosif sehingga sangat mungkin menggerus cat jika dibiarkan dalam waktu lama.

Jika tidak dibersihkan berhari-hari, kemudian mobil terjemur, maka bangkai serangga bisa menjadi noda membandel dan sulit dibersihkan.

Selain itu, tubuh serangga yang menumpuk hingga memasuki celah-celah logam di radiator berbahaya bagi logam karen sifat korosifnya. Jika dibiarkan sering menumpuk zat asam dari bangkai serangga tanpa dibersihkan, maka dalam waktu tertentu bisa menggerus logam dan mengakibatkan kebocoran radiator.

Cairan Pembersih Tar dan Serangga untuk Mobil
Cairan Pembersih Tar dan Serangga untuk Mobil

Baca juga: Tips Menjaga Interior Mobil Selalu Bersih

Maka sebaiknya jangan menunda membersihkan bodi mobil penuh serangga setelah perjalanan jauh. Paling tidak disiram air terlebih dahulu segera setelah sampai di rumah, jika belum sempat mencucinya.

Bangkai serangga bisa dibersihkan dengan sabun, untuk menetralisir asam dari tubuhnya. Atau bisa dengan cairan khusus penghilang serangga dan tar. Membawa mobil ke tempat cucian khusus akan lebih baik untuk pembersihan yang lebih detail.

Tulis Komentar