Tips Merawat Velg Mobil agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Velg Mobil agar Tidak Cepat Rusak

CaruserMagz.com -Tips Merawat Velg Mobil – Velg adalah komponen mobil yang umumnya kokoh dan tidak cepat rusak. Namun terkadang ada juga yang mengalami kerusakan seperti tergores dalam, ada retakan bahkan hingga penyok.

Fungsi velg sangatlah penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara, karena ia menopang ban yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Velg haruslah kokoh, presisi atau tidak cacat. Karena ia berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke ban dan sebaliknya menyalurkan feedback dari ban ke komponen drive-train dan instrumen pengukuran parameter berkendara.

Velg bawaan pabrik biasanya telah diukur secara teliti oleh pabrikan untuk memberikan kenyamanan maksimal dan feedback terhadap pengukuran instrumen kendaraan yang tepat. Namun banyak pengguna mobil yang mengganti velg mobilnya karena dinilai kurang sedap dipandang.

Baca:  Bunyi Brisik Hembusan AC Mobil di Kabin, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa perlakuan pada velg bisa mengakibatkan velg tersebut cepat rusak atau berkurang ketahanannya. Berikut beberapa tips agar velg ban mobil tidak cepat rusak:

Jangan ganti ban terlalu tipis

Mengganti ban ke profil tipis menjadi salah satu opsi modifikasi kaki-kaki mobil agar sedap dipandang. Namun itu harus disesuaikan dengan bobot mobil dan kondisi jalan.

Ban yang terlalu tipis membuat beban velg jadi lebih besar, karena ban yang lebih tipis lebih sedikit meredam hentakan saat mobil melewati jalanan tidak rata.

Ban yang tipis juga menyebabkan velg jadi lebih dekat ke jalan, sehingga lebih berpeluang tergores jika ban melalui jalan berlubang. Dalam kecepatan tinggi, velg bahkan bisa penyok jika menghantam lubang yang dalam.

Ban terlalu tipis berpotensi akibatkan velg cepat rusak
Ban terlalu tipis berpotensi akibatkan velg cepat rusak

Jangan ganti velg terlalu besar

Identik dengan ban tipis, velg yang terlalu besar dari seharusnya juga menimbulkan potensi lebil cepat rusak, karena beban velg yang jadi lebih besar dan lebih berpotensi tergores benda keras di jalan.

Baca:  Jangan Gunakan Oli Mesin untuk Rantai Motor, Ini Alasannya

Perhatikan tekanan angin ban

Tekanan angin sebaiknya sesuai anjuran pabrikan, jangan terlalu kencang atau terlalu kempes. Terlalu kencang mengakibatkan beban berlebilan pada velg karena ban seolah menjadi lebih keras.

Jika tekanan angin ban terlalu rendah juga menyebabkan potensi velg menyentuk benda keras di jalan jadi lebih besar.

Berjalan lambat di jalanan tidak rata

Jalanan yang bergelombang, tidak rata atau berlubang-lubang berpotensi merusak velg jika kita paksakan berjalan dengan cepat. hindari lubang semaksimal mungkin agar velg tidak tergores benda keras di jalan.

Lakukan Spooring dan Balancing saat Ganti Ban

Agar beban velg seimbang di keempat roda, lakukan spooring dan balancing jika arah mobil mulai melenceng saat berkedara di jalan lurus, atau setiap mengganti ban, khususnya ban depan.

Spooring Ban untuk Keseimbangan Roda Mobil
Spooring Ban untuk Keseimbangan Roda Mobil

Baca: Tips Rawat Kaki-kaki Mobil agar Awet

Baca:  Konsumen Ingin Istilah Fitur ADAS Diseragamkan, Agar Tidak Salah Persepsi

Demikianlah tips merawat velg agar tidak cepat rusak. Jika Sobat Car Users ingin mengganti velg untuk estetika mobil kesayangan, maka jangan lupakan faktor keselamatan dan keawetan komponen mobil Sobat.

Sampaikan di kolom komentar, jika Sobat mengetahui tips merawat velg lainnya yang belum kami sampaikan di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *