Hyundai Palisade Indonesia Meluncur, jadi SUV Termurah di Kelasnya

CaruserMagz.com – Hyundai Palisade Indonesia diluncurkan secara resmi pada 16 Desember 2020 secara virtual. SUV terbesar Hyundai ini punya saudara se-platform dari Kia bernama Telluride. Keduanya telah diganjar berbagai penghargaan dunia dalam hal desain, kualitas dan kemewahannya.

Palisade Indonesia diluncurkan dengan 3 varian kemewahan, yaitu Prime, Signature dan Signature AWD. Harganya mulai Rp 777 juta untuk tipe Prime, Rp 888 juta tipe Signature, dan yang termewah dibanderol Rp 1,078 Miliar.

Hyundai Palisade - Full Size Premium SUV
Hyundai Palisade – Full Size Premium SUV

Banyak yang mencibir harga tersebut kemahalan untuk pasar Indonesia. Namun itu terjadi karena salah persepsi pada segmen Hyundai Palisade, karena mobil ini dianggap akan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

“Hellow.. Apakah SUV termewah di Indonesia hanya Fortuner dan Pajero Sport? Please deh netizen negeri +62.. Merek mobil tidak hanya ada triple elips, tiga-berlian dan huruf H besar. Ada huruf L miring, ada bintang-3, gelang-5 dan lain sebagainya.

Segmen Hyundai Palisade

Hyundai Palisade adalah adalah full-size SUV yang menyasar pasar mobil premium. Di Amerika, mobil ini dianggap selevel dengan mobil-mobil dari brand dan segmen mobil mewah semisal Lexus LX, Ford Expedition, Chevrolet Suburban, termasuk Toyota Land-Cruiser hingga Mercedes-Benz GLS. Jadi, stop menganggap Palisade adalah saingan Fortuner dan Pajero Sport, karena itu kelas yang berbeda dan peminat Fortuner tak akan melirik Palisade.

Walau sejatinya tidak bisa berada pada level Mercedes-Benz GLS dan BMW X7, mengingat Palisade masih bergelar mobil rakyat jelata di Amerika Serikat. Namun kemewahan dan desainnya banyak dipuji ahli desain dan pakar otomotif, bahwa Palisade bisa disejajarkan dengan mobil premium untuk kemewahannya.

Palisade - Tampak Samping
Hyundai Palisade – Tampak Samping

Secara harga, Hyundai Palisade Indonesia akan bersaing dengan Volkswagen Tiguan All-Space, Mazda CX-8 dan Peugeot 5008. Namun secara kemewahan dan fitur, Palisade berada pada level yang lebih tinggi dari ketiga mobil tersebut.

Hyundai menyediakan alternatif bagi orang-orang kaya menengah di Indonesia yang menginginkan kemewahan layaknya mobil premium Eropa, tapi dengan budget yang tidak sampai setengah dari harga Mercy, BMW atau Lexus.

Jadi bisa dikatakan, Hyundai Palisade adalah SUV Premium termurah saat ini di Indonesia. Karena dengan ukuran dan kemewahan yang mirip, mobil dari brand lain sudah berharga di atas Rp 2 Miliar. Selain itu, Palisade bisa jadi alternatif peminat kemewahan MPV besar seperti Alphard, tapi menginginkan mobil berjenis SUV untuk daya jelajah yang lebih baik.

Baca juga: Hyundai Palisade Bisa Muat 8-Penumpang

Kemewahan Eksterior dan Interior

Di eksterior, Hyundai membuat mobil ini terlihat modern futuristis dengan LED-DRL signature vertikal di depan dan belakang. Bentuk eksteriornya terlihat bongsor bahkan memiliki kharisma mobil mewah semisal Chevy Suburban atau Mercy GLS.

Dari sisi samping, Large SUV ini sedap dipandang dengan garis aksen krom yang minimalis tapi out of the box, karena menggambarkan siluet truk double-cabin.

Kemewahan sangat terasa di dalam kabin. Suasana premium sangat terasa dengan warna terang, kursi captain-seat, pembalut jok berbahan nappa leather, double-glass roof berupa sun-roof di depan dan panoramic-roof di belakang.

Interior Palisade - Kabin
Interior Palisade – Kabin

Meskipun kabin belakang terlihat lapang dan mewah seperti premium MPV, tapi dashboard-nya tetap terlihat modern dan kekinian dengan desain minimalis. Sehingga pemilik mobil ini juga bisa menikmati berada di belakang lingkar kemudi.

Suasana modern terasa pada head unit 8-inci, center-cluster minimalis dan konsol tengah yang lebar dan tinggi memuat pengaturan AC digital, switch posisi gear transmisi, mode-mengemudi, cup-holder berpenutup dan wireless charger.

Interiror Palisade - Dashboard
Interiror Hyundai Palisade – Dashboard

Fitur-fitur modern disematkan pada SUV Flagship Hyundai ini, termasuk Teknologi smart driving Hyundai terbaru seperti Blind-Spot Collision Warning (BCW) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Adaptive Cruise Control, Safe Exit Assist (SEA), Rear Occupant Alert (ROA) dan lainnya.

Mesin jadi Faktor Penting untuk Harga

Untuk dapur pacu, SUV ini diberi mesin Diesel CRDi VGT 2.2-liter. Tenaga maksimumnya 202 PS pada 3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. SUV ini menggunakan penggerak roda depan atau All Wheel Drive dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang diatur melalui tombol shift-by-wire (SBW).

Dari spesifikasi mesin dan output yang tidak begitu wah, jika dibandingkan SUV mewah semisal Mercy, BMW atau Lexus, maka kita tahu faktor inilah yang membuat Hyundai Palisade jauh lebih murah dibanding mobil seukuran dari brand premium tersebut.

Hyundai menawarkan kemewahan dan kenyamanan ketimbang tenaga besar, karena dengan sedikit merevisi mesin yang mirip dengan milik Santa Fe, sudah lebih dari cukup untuk menggerakkan Palisade.