Toyota, Isuzu dan Hino Jajaki Penggunaan Platform Peta Otomatis untuk Mobil Otonom

CaruserMagz.comPlatform Peta Otomatis untuk mobil otonom – Toyota Motor Corporation (TMC) melalui anak perusahaannya, Woven Alpha Holding, Inc., bersama Isuzu Motors Ltd. dan Hino Motors Ltd. mengumumkan kesepakatan untuk melanjutkan kerjasama pemamfaatan Automated Mapping Platform (AMP) yang dikembangkan Woven Alpha.

Penyiaran kerjasama yang diumumkan di Tokyo, Jepang pada 8 Juni 2021 tersebut merupakan bagian dari usaha mengembangkan teknologi autonomous driving tingkat lanjut.

AMP adalah platform perangkat lunak crowd-sourced terhubung yang mendukung pembuatan, pengembangan, dan distribusi peta definisi tinggi (HD), sebagai pendukung utama untuk mobilitas otomatis yang cerdas dan aman.

Perangkat lunak milik Woven Alpha ini menyediakan peta berbasis data presisi tinggi dengan memanfaatkan data armada kendaraan dan teknologi citra satelit canggih.

Platform Peta Otomatis - Automated Mapping Platform - Woven Alpha
Automated Mapping Platform – Woven Alpha

Peta AMP HD mencakup beberapa lapisan informasi yang kaya data tentang objek jalan seperti jalur, rambu-rambu dan lampu lalu lintas, objek lainnya, serta kurva jalan dan topografi yang menciptakan representasi jalan yang akurat. Canggihnya semua data tersebut diperbarui secara berkesinambungan dan otomatis.

Pada tahap awal, perangkat lunak ini tentu akan diuji di Woven City, kota berbasis teknologi yang dikembangkan Toyota di kaki gunung Puji, Tokyo, Jepang.

Selanjutnya tim Woven Alpha berencana mengembangkan AMP untuk skala yang lebih besar, yaitu menjadi platform peta HD jaringan jalan dan jalur paling komprehensif secara global. Sehingga memungkinkan menyediakan data presisi tinggi untuk kendaraan tanpa pengemudi.

Toyota Woven City - Kota Canggih Masa Depan
Woven City – Kota Canggih Berbasis Teknologi Toyota

Baca: Toyota Pimpin Usaha Pengembangan Perangkat Komunikasi Antar Mobil Otonom

Sedangkan Isuzu dan Hino dalam kerjasama ini akan mengkaji potensi penerapan Platform Peta Otomatis untuk kendaraan komersial baik truk besar maupun kecil, yaitu potensi penggunaan pengemudian otomatis dan Advance Driving Asist System (ADAS) yang berbasis peta HD yang disediakan AMP.

Inisiatif ini bertujuan untuk berkontribusi pada kampanye teknologi autonomous driving yang lebih aman, sehingga dapat diwujudkan lebih cepat melalui kerjasama antar korporasi otomotif besar di Jepang.