Toyota Luncurkan Teknologi Mobil Otonom Level-2 pada Toyota Mirai dan Lexus LS

Mobil Toyota dengan Teknologi Otonom Level-2 - Lexus LS & Toyota Mirai

CaruserMagz.comToyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan model terbaru dari Sedan Mirai dan Lexus LS di Jepang pada Kamis, 8 April 2021. Menu utama dari peluncuran ini adalah bahwa kedua sedan tersebut telah mengusung teknologi mobil otonom level-2, yang Toyota sebut sebagai “Advance Drive“.

Menurut Toyota, Advanced Drive merupakan teknologi yang memiliki lima karakteristik utama, yaitu Intelligent (Cerdas), Reliable (Andal), Perceptive (Perseptif), Interactive (Interaktif), dan Upgradeable (dapat diperbarui).

Advanced Drive menggunakan teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang berpusat pada pembelajaran mendalam, untuk memperkirakan berbagai situasi yang mungkin ditemui saat mengemudi dan memberikan bantuan pada respons pengemudi.

Sistem Advance Driving Assist Toyota - Berpusat pada Keselamatan dengan Teknologi AI
Sistem Advance Driving Assist Toyota – Berpusat pada Keselamatan dengan Teknologi AI

Teknologi mobil otonom level-2 ini membantu pengemudi secara interaktif, baik untuk mengawasi kondisi di luar mobil maupun kondisi dan respon pengemudi di dalam mobil.

Toyota ingin menyediakan mobil yang seolah menjadi teman untuk saling melindungi dengan pengemudi, bukan seperti robot yang seenaknya mengambil alih kendali. Sehingga pengemudi merasakan pengalaman yang menyenangkan dan nyaman.

Fungsi-fungsi sistem mobil otonom yang telah ada semisal menjaga jarak dengan kendaraan lain, menjaga mobil di jalur yang benar, melakukan perubahan jalur secara otomatis untuk menyalip kendaraan lain, hingga menavigasi jalur pada jalan.

Meter Cluster pada Mobil Semi Otonom Toyota
Meter Cluster pada Mobil Semi Otonom Toyota

Sistem Advance Drive ini menggunakan kamera untuk memonitor kondisi pengemudi, memeriksa apakah pengemudi dapat diandalkan dengan melacak mata, garis pandang, dan posisi mengemudi.

Jika sistem menilai pengemudi tidak dalam kondisi ideal untuk keselamatan mengemudi, maka sistem akan mengeluarkan peringatan melalui beberapa sarana, seperti bunyi alarm, menggetarkan sabuk pengaman, hingga mengedipkan head-up display.

Jika peringatan itu tidak juga membuat pengemudi melakukan tindakan yang tepat, secara bertahap sistem akan mengambil alih beberapa kendali yang mungkin untuk membuat mobil berjalan dengan benar.

Baca juga:

Dalam kondisi ekstrim hingga pengemudi benar-benar tidak merespon, misalnya karena mengalami kehilangan kesadaran atau mengantuk berat, sistem akan mengambil tindakan penyelamatan.

Dalam kondisi darurat, sistem Advance Drive akan mengurangi kecepatan mobil, sambil memperingatkan pengguna jalan lain melalui lampu hazard, hingga membuat kendaraan berhenti di jalur atau di bahu jalan. Setelah mobil berhenti, sistem akan membuka kunci pintu dan memanggil bantuan dengan menelepon HELPNET.

Sistem Operasi yang Bisa Diperbarui

Uniknya Toyota membuat sistem Advance Drive ini layaknya perangkat lunak Operation System (OS), sehingga bisa diupgrade sesuai kebutuhan zaman. Ini seperti versi awal dari OS kendaraan Toyota yang akan terus diperbaharui, sebagaimana kita memperbarui aplikasi di smartphone.

Untuk itu, Toyota mengatakan bahwa pihaknya akan mengumpulkan data mengemudi di Jepang dari mobil-mobil dengan teknologi Advance Drive ini, kemudian menghimpunnya dalam server yang aman.

Toyota mengumpulkan data pengendaraan di dalam server untuk pengembangan sistem Advance Drive
Toyota mengumpulkan data pengendaraan di dalam server untuk pengembangan sistem Advance Drive

Data-data tersebut antara lain berupa gambar eksterior di luar lingkungan mobil dan di dalam mobil, termasuk performa kendaraan dalam kondisi yang berubah-ubah, kemudian mengolahnya secara terintegrasi sebagai referensi untuk mengembangkan teknologi bantuan mengemudi masa depan secara berkelanjutan.

Mobil yang Diluncurkan dengan Advance Drive

Mobil pertama yang diluncurkan dengan sistem bantuan mengemudi level-2 ini adalan Lexus LS Hybrid yang menggendong mesin V6 3,5 liter berkode 8GR-FXS. Mobil ini menggunakan teknologi Multi Stage Hybrid System dan berpenggerak All Whell Drive (AWD). Mobil lainnya adalah Toyota Mirai yang diluncurkan pada 12 April 2021.

Lexus LS & Toyota Mirai - Level-2 Autonomous Cars
Lexus LS & Toyota Mirai – Level-2 Autonomous Cars

Lexus LS 500h dengan sistem Advanced Drive dijual dengan harga mulai 16,32 juta hingga 17,94 Juta Yen atau sekitar Rp 1,79 Miliar hingga Rp 1,97 Miliar.

Sedangkan Toyota Mirai dengan Advance Drive dibanderol mulai 8,45 juta hingga 8,6 juta yen atau sekitar Rp 930 juta hingga Rp 946 Juta dengan kurs Rp 110/Yen Jepang.

Lebih lengkap mengengenai Teknologi Advance Drive Toyota ini, bisa dibaca pada Halaman Situs Resmi Toyota Global.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar