Mobnas Vietnam Segera Luncurkan 3 SUV Listrik, Mobnas Indonesia Apa Kabar?

VinFast VF33 - Flagship EV SUV

CaruserMagz.com – VinFast, merek mobnas Vietnam yang baru berusia 3 tahun mengumumkan tiga model SUV baru yang disebut merupakan mobil listrik sepenuhnya atau EV. Ketiga model tersebut berkode VF31, VF32 dam VF33. Urutan tersebut merupakan strata untuk ukuran dan kemewahannya.

VF31 dan VF32 berjenis Medium SUV yang masing-masing bersegmen C dan D, dimana 32 lebih mewah dari 31. Sedangkan VF33 adalah fullsize SUV yang termewah atau SUV segmen E sebagai model flagship.

VinFast VF31 - Compact SUV EV - Mobnas Vietnam
VinFast VF31 – Compact SUV EV – Mobnas Vietnam

Langkah signifikan ini disebut VinFast sebagai publikasi visi global mereka yang berambisi menjadi salah satu produsen EV berteknologi tinggi di dunia, guna mendukung ekosistem transportasi yang ramah lingkungan.

VF31 merupakan SUV kompak berukuran panjang 4.300 mm yang merupakan mobil listrik sepenuhnya. EV ini disediakan dengan dua pilihan powertrain, yaitu masing-masing dilengkapi 2 motor listrik dengan output 114 hp/190 Nm dan 201 hp/320 Nm. VF31 sudah dilengkapi fitur-fitur cerdas layaknya mobil premium.

Interior dan kokpit VinFast VF31
Interior dan kokpit VinFast VF31

VinFast VF32 ditempatkan satu level kemewahan lebih tinggi dan berukuran lebih besar dari VF31 dengan panjang 4.750 mm. VF32 tipe standar menggunakan powertrain yang sama dengan VF31 tipe tertinggi, sedangkan tipe tertingginya memiliki ouput 402 hp/640 Nm dengan penggerak All Wheel Drive (AWD). VF32 disebut telah menggunakan teknologi otonom level 2-3.

VinFast VF32 - Medium SUV EV - Mobnas Vietnam
VinFast VF32 – Medium SUV EV – Mobnas Vietnam
Interior dan kokpit VinFast VF32 - Semi Otonom EV
Interior dan kokpit VinFast VF32 – Semi Otonom EV

Sedangkan VF33 merupakan SUV fullsize dengan panjang 5.120 mm. SUV bongsor ini punya output yang sama dengan powertrain VF32 tipe termewah, namun dibekali baterai lebih besar hingga bisa menempuh jarak hingga 550 km sekali cas penuh. Selain kemewahan dan fitur-fitur canggih, SUV flagship VinFast ini dibekali teknologi mobil otonom level 3-4.

VinFast VF33 - Fullsize EV SUV
VinFast VF33 – Fullsize EV SUV
Interior kabin VinFast VF33 - SUV listrik termewah dari Vietnam
Interior kabin VinFast VF33 – SUV listrik termewah dari Vietnam

Waktu Peluncuran VinFast EV

VF31 adalah produk yang dikhususkan untuk pasar lokal Vietnam, waktu peluncuran pada paruh akhir 2021 dengan rencana pengiriman pertama pada November 2021.

VF32 di pasar domestik Vietnam direncanakan meluncur pada Februari 2022, kemudian menyusul diekspor ke Amerika Serikat, Eropa dan Kanada mulai Juni 2022.

Sedangkan SUV besar VF33 direncanakan meluncur lebih cepat, yaitu pada September 2021 di Vietnam dan November 2021 di AS, Kanada dan Eropa.

Ambisi VinFast – Mobnas Vietnam

Sebagaimana kita ketahui bahwa pabrikan mobil nasional Vietnam begitu ambisius dalam memasuki industri otomotif dunia. Tak tanggung-tanggung, brand bermarkas besar di Haiphong Vietnam ini, berambisi mensejajarkan diri dengan brand-brand premium seperti Bentley, Rolls Royce dan kini Tesla.

Sebelumnya VinFast telah meluncurkan super SUV bermesin V8 Naturally Aspirated bernama VinFast President. Teknologi dan kemewahannya berambisi bersaing Bentley Bentayga, Aston Martin DBX dan Lamborghini Urus.

Jika kini VinFast akan bersaing dengan Tesla di segmen EV berteknologi otonom hingga level-4, di pasar Amerika dan Eropa, itu adalah kejutan luar biasa untuk brand baru asal Asia Tenggara. Kita harusnya terwow-wow..! Apapun hasil penjualan VinFast di negara-negara maju tersebut.

Itu menunjukkan jika suatu negara dipimpin dengan baik dan sepi dari hiruk-pikuk perebutan kekuasaan politik, rakyat dan pemerintahnya bisa berfokus pada peningkatan kualitas kecerdasan dan persaingan global di bidang teknologi dan industri.

Bukan sebaliknya seperti di suatu negeri antah-berantah dalam Dongen Satrio Piningit, Mimpi tentang kemajuan teknologi dan industri otomotif dijadikan komoditas politik belaka, hingga muncul brand mobil ghaib. Tapi itu bukan di Indonesia! Karena mobil nasional Indonesia akan mendunia dan meroket! Anda bingung?? Kami lebih bingung!!

Mobil Nasional Indonesia?

Mobil listrik adalah peluang terbesar bagi Indonesia untuk menjadi brand otomotif tuan rumah di negeri sendiri. Hal itu pernah diusahakan oleh Menteri BUMN di era Presiden SBY, yaitu Dahlan Iskan. Sayangnya proyek tersebut tidak berlanjut.

Indonesia berpeluang menjadi pemain penting di Industri mobil listrik dunia, karena memiliki sumber daya bahan baku yang besar untuk produksi baterai EV di dalam negeri. Apalagi jika memiliki industri baterai sendiri dan brand mobil listrik sendiri yang menjadi kebanggaan rakyat.

Tulis Komentar