Berapa Selisih Harga Kia Sonet 7 Seater vs 5 Seater untuk Tiap Varian?

Perbedaan Harga Kia Sonet 7 Seater dan 5 Seater

CaruserMagz.comPerbedaan Harga Kia Sonet 7 seater vs 5 SeaterKia Sonet 7 Seater resmi dijual di Indonesia sejak 8 April 2021. Pada intinya Sonet 7 ini adalah pilihan varian baru pada hampir tiap tipe Kia Sonet yang telah ada, yaitu Sonet yang mampu menampung lebih banyak penumpang.

Total ada 5 tipe Kia Sonet yang mendapat tambahan varian 7-seater, yaitu tipe Premiere, Dynamic, Smart MT, SMart iVT dan varian Standard. Sedangkan tipe Active, hanya disediakan dengan 5-seater. Sehingga total ada 11 varian Kia Sonet yang dijual di Indonesia.

Pertanyaan penting bari para konsumen calon pembeli Compact SUV ini, tentu adalah berapa selisih harga Sonet 7 dibanding Sonet 5 seater pada tiap variannya?

Artinya dengan tambahan kursi baris ke-3 dan beberapa perbedaan kepraktisan lainnya, berapa banyak uang yang harus ditambah untuk membeli mobil ini?

Kursi Baris ke-3 Kia Sonet 7 Seater
Kursi Baris ke-3 Kia Sonet 7 Seater

Untuk itu, kami coba rangkumkan dari price list Kia Sonet di situs resmi Kia Indonesia, sehingga diperoleh tabel perbandingan Harga Kia Sonet 7 Seater vs 5 Seater berikut:

TipeSonet 7 SeaterSonet 5 SeaterSelisih
Sonet Premiere iVTRp 296 JtRp 289 Jt7 Jt
Sonet Dynamic iVTRp 272 JtRp 265 Jt7 Jt
Sonet Smart iVTRp 258,5 JtRp 251,5 Jt7 Jt
Sonet Smart MTRp 245,5 JtRp 238,5 Jt7 Jt
Sonet  Active MT Rp 204,5 Jt
Sonet Standard MT Rp 199,5 JtRp 193 Jt6,5 Jt

Dari tabel harga Kia Sonet 7 vs 5 seater di atas, kita jadi tahu bahwa Kia Sonet 7 seater lebih mahal sekitar Rp 7 jutaan saja. Tipe Smart, Dynamic dan Premier lebih mahal Rp 7 juta pada varian 7-seaternya, sedangkan Sonet Standard selisihnya hanya Rp 6,5 juta.

Itu artinya dengan segala perbedaan seperti pola pelipatan kursi baris ke-2 dengan one-touch tumble dan pelipatan 60:40, sun-roof yang diganti jadi blower, posisi ban serap yang turun ke kolong dan digantinya speaker BOSE pada varian Premiere ke speaker biasa, pelanggan harus membayar tambahan harga Rp 7 juta.

Daftar Harga Kia Sonet 7 Seater dan 5 Seater di Situs Resmi Kia - April 2021
Daftar Harga Kia Sonet 7 Seater dan 5 Seater di Situs Resmi Kia – April 2021

Apakah itu harga yang wajar? Kami kira sangat wajar bahkan tergolong murah, karena perbedaan Kia Sonet 7 Seater bukan hanya pada tambahan kursi baris ke-3, yang paling penting adalah perubahan signifikan pada konfigurasi kursi baris ke-2. Rp 7 juta kami kira tidak akan cukup jika meng-upgrade secara mandiri di bengkel modifikasi.

Baca juga: Perbedaan Fitur Tiap Tipe Kia Sonet

Pertanyaan penting selanjutnya, adalah apakah model Sonet 5 seater bisa diupgrade menjadi 7 seater? Ini akan banyak ditanyakan oleh konsumen yang sudah terlanjur membeli Sonet 5-seater, namun berminat pada versi 7-seater.

Tentu jika akan mengupgrade ke 7 seater, ada beberapa perubahan signifikan yang diperlukan, semisal harus juga mengganti kursi baris ke-2, menambahkan rail travel untuk kursi baris ke-2 dan merubah posisi ban serap dari bagian dalam mobil ke kolong di bawah bagasi.

Apabila itu memungkinkan dan pihak Kia memfasilitasi upgrade tersebut, tentu menarik misalnya mengupgrade Kia Sonet 5 seater tipe Premiere yang memiliki Sun-Roof dan Speaker BOSE menjadi 7-seater, sehingga rasa premiumnya benar-benar lengkap.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar