Spesifikasi Hyundai Staria Resmi diumumkan, Lebih Mewah dari Alphard

Hyundai Staria - Eks.3

CaruserMagz.comSpesifikasi Hyundai Staria – Seperti telah dikabarkan sebelumnya bahwa Hyundai Staria akan debut global pada Selasa, 13 April 2021, Hyundai melakukan peluncuran resmi di Korea Selatan. Namun ternyata prosesi ini belum mengumumkan harga jual Staria, melainkan mengumumkan spesifikasi yang lebih detail seperti dimensi. konfigurasi tempat duduk dan mesinnya.

Kami sangat senang memperkenalkan Staria, yang mewakili upaya terbaru kami untuk mempelopori evolusi mobilitas, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang, saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Corporation.

Daripada menyebutnya sebagai MPV, Hyundai membuat istilah baru untuk Staria, yaitu PBV yang merupakan singkatan untuk ‘Purpose Built Vehicle‘. Mungkin kapasitas penumpang Staria yang bisa memuat hingga 11 orang tersebut membuatnya tidak lagi layak disebut MPV.

Hyundai Staria - Eks.1
Hyundai Staria – Purpose Built Vehicle (PBV)

Cukup masuk akal, karena dengan ukurannya yang jumbo dan kemampuan memuat banyak orang dapat dikatakan fungsi staria tidak lagi multipurpose, tapi lebih khusus sebagai people mover.

Spesifikasi Hyundai Staria

Dimensi Hyundai Staria cukup besar, yaitu Panjang 5.253 mm, Lebar 1.997 mm, Tinggi 1.990 mm, dan Wheelbase 3.273 mm. Total ada 4 baris kabin dengan beberapa konfigurasi kursi, dimana varian yang paling banyak kursi bisa memuat hingga 11 orang.

Mungkin dengan berbagai varian yang disediakan, mobil ini bisa dijadikan angkutan umum antar kota dengan varian standarnya. Pada varian termahal akan cocok untuk orang-orang yang ingin memiliki mobil mewah yang benar-benar lega.

MPV Besar - PBV dari Korea
Hyundai Staria 11-Seater

Dengan desain baru yang unik dan berkesan modern pada detail komponen eksteriornya, Hyundai menyajikan pilihan yang baru bagi konsumen, khususnya mereka yang bosan dengan bentuk mobil mainstream saat ini.

Hyundai menyediakan 8 pilihan warna Hyundai Staria, yaitu Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Gray Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Gray Metallic dan Gaia Brown Pearl.

PBV 11 seater dari Korea
Hyundai Staria – Eksterior dengan double panoramic-roof

Varian Hyundai Staria

Hyundai menyediakan dua tipe utama untuk Staria di Korea Selatan, yaitu tipe Standar dan Premium, dimana Staria Premium mendapat pilihan konfigurasi kursi 7, 9 dan 11.

Staria Premium mendapat tambahan hiasan estetika, yaitu krom di berbagai bagian eksterior, seperti emblem Hyundai, gril, bezel headlamp, bumper depan dan belakang, roda, spion, dan pegangan pintu.

Di interior, beberapa fitur kekinian jadi standar, seperti layar monitor 10,25 inci dan pemindah gigi elektronik dengan tombol. Jadi nuansa mewahnya akan terasa mulai dari tipe standar.

Hyundai Staria - Int.7
Hyundai Staria – Interior Kabin Depan

Pada tipe Premium 7-Seater, ada beberapa fitur tambahan untuk level kenyamanan yang lebih tinggi, semisal fitur ‘Premium Relaxation Seats‘ di baris kedua, dengan pengaturan posisi secara elektronik untuk merebahkan atau menggesernya maju-mundur.

Sedangkan model Premium 9-seater dilengkapi kursi baris kedua yang bisa berputar 180 derajat menghadap penumpang di baris ketiga. Sehingga kabin mobil jadi seperti ruang meeting.

Hyundai Staria - Int.5
Hyundai Staria – Kabin belakang bisa jadi ruang meeting

Suasana mewah pada model Premium juga didapatkan dari pencahayaan ambient 64 warna. Sementara pilihan warna interior dapat berupa kombinasi hitam-beige dan hitam-biru. Sementara model Premium memiliki pilihan warna interior, yaitu Abuabu-Coklat dan Abuabu gelap-Abuabu muda.

Hyundai Staria - Int.2
Hyundai Staria Premium 9-seater

Varian Baru

Hyundai menyebutkan bahwa mereka juga sedang menyiapkan beberapa varian baru Staria. Beberapa bulan ke depan akan ada Staria baru seperti Limusin, ambulan dan model untuk berkemah. Ada juga Staria yang lebih ramah lingkungan di beberapa tahun mendatang.

Mesin Hyundai Staria

Hyundai Staria disediakan dalam pilihan mesin diesel VGT 2.2-liter dan mesin bensin MPI 3,5-liter Smartstream G6DIII. Dua pilihan tersebut memberi peluang Staria bisa juga ditawarkan ke negara-negara yang mulai melarang mesin diesel, khususnya di Eropa.

Hyundai Staria dengan mesin diesel VGT 2,2-Liter dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 PS dan torsi 431 Nm. Hyundai mengklaim bahan bakarnya akan sangat efisien berkat penggunaan air cooled turbocharged ditambah performa turbine wheel. Model ini disediakan dengan pilihan transmisi 6-percepatan atau otomatis 8-percepatan.

Untuk tenaga yang lebih besar dan mesin yan lebih halus, mesin bensin G6DIII 3,5-Liter MPI dapat menghasilkan tenaga sebesar 272 PS dan torsi 331 Nm. Hanya disediakan transmisi otomatis 8-percepatan untuk model ini.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Spesifikasi Hyundai Staria disediakan dengan fitur-fitur canggih untuk keselamatan, antara lain sebagai berikut:

  • 6 airbags
  • Safety belt 3-titik pada semua kursi.
  • Forward Collision Avoidance Assist (FCA) .
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).
  • Wireless Module Seat Belt Reminder (WM- SBR).
  • Safe Exit Assist (SEA) – menjaga pintu agar tidak dibuka saat Hyundai Staria sedang berjalan.
  • Rear Occupant Alert (ROA) – untuk mengindari penumpang tertinggal di kabin belakang.

Sistem smart infotainment pada Hyundai Staria telah dilengkapi kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan melihat penumpang di kabin belakang melalui tampilan layar.

Mobil Mewah 7 Seater super lega
Hyundai Staria Premium 7 Seater

Dimensi yang besar dan jarak antara penumpang depan dan belakang yang bisa lebih dari 3 meter dikhawatirkan akan menyulitkan komunikasi saat dalam perjalanan.

Untuk itu, Hyundai menyediakan sistem audio yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi speaker sehingga bisa terdengar dengan jelas.

Kapan Mulai Dijual?

Mobil ini baru akan dijual mulai paruh kedua tahun 2021 di Asia dan Australia. Model 11 kursi ternyata hanya akan disediakan di Korea Selatan. Namun Hyundai sepertinya belum akan memasarkan Staria di Amerika, hingga sekarang hanya Asia, Timur Tengah dan Eropa yang terdeteksi sebagai wilayah penjualan Staria.

Baca: Hyundai Staria Dikira Pesaing Avanza cs

Perkiraan Harga Hyundai Staria di Indonesia

MPV mewah dan besar ini dipastikan akan masuk Indonesia, pasalnya harga NJKB-nya sudah terdaftar di situs samsat DKI Jakarta yang mencantumkan model Staria 2.2 2WD 8 AT dengan NJKB Rp 450 juta. Dari harga NJKB tersebut, kemungkinan harga Hyundai Staria akan berkisar Rp 650 jutaan di DKI Jakarta.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar