BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Keluhan Pengguna New Xpander dan New Xpander Cross Hingga 2023, Cek Sebelum Beli!

Keluhan Pengguna Xpander dan Xpander Cross hingga 2023

Share

CaruserMagz.comMengintip Keluhan Pengguna New Xpander dan Xpander Cross Hingga 2023 – Salah satu mobil yang disukai banyak konsumen Indonesia adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Pada tahun 2022 dan 2023, kedua mobil tersebut mendapat upgrade signifikan yang membuatnya makin menarik dari segi tampilan dan fitur.

Setelah beberapa bulan penjualannya, kami coba menelusuri keluhan para pengguna New Xpander dan New Xpander Cross dari grup pemilik kedua mobil tersebut di jejaring sosial media Facebook.

Bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan, namun kami kira perlu diketahui para peminat Xpander, agar tidak kecewa setelah membeli. Tentu semua mobil punya kekurangan dan akan ada penggunanya yang mengeluhkan mobilnya.

Hanya saja bagi sebagian orang, kekurangan tersebut apakah bisa dimaklumi atau merupakan hal penting yang membuatnya tidak jadi berminat membeli.

Terus terang, kami adalah salah satu penyuka New Xpander dan New Xpander Cross 2023. Khususnya dari segi tampilan eksterior yang terlihat gagah dan memukau. Bahkan menurut kami, dari segi desain eksterior, kedua mobil ini adalah yang terbaik di masing-masing segmennya.

Namun keindahan tampilan eksterior bukanlah segalanya. Itu mungkin merupakan salah satu faktor terbesar yang membuat orang memutuskan membelinya, namun faktor-faktor seperti kualitas, durabilitas, fitur fungsional, dan permasalahan kerusakan serta perawatan merupakan faktor yang membuat orang sebenarnya puas atau menyesal telah membeli suatu mobil.

Keluhan Pengguna Xpander dan Xpander Cross hingga 2023

Berikut beberapa keluhan pengguna Xpander dan Xpander Cross yang kami temukan:

Suara brisik di Interior, khususnya Dashboard

Beberapa pengguna mengeluhkan dashboard-nya mengeluarkan suara berisik seperti ada pemasangan yang tidak kokoh. Beberapa bunyi-bunyi rattle juga dikeluhkan dari bagian belakang mobil.

Namun beberapa pengguna menyampaikan bahwa mobilnya tidak mengalami masalah tersebut. Jadi kemungkinan ini bukan masalah umum pada semua Xpander dan Xpander Cross.

Interior Brisik - Xpander dan Xpander Cross
Keluhan Interior Brisik – Pengguna Xpander dan Xpander Cross

Mesin Kurang Bertenaga atau Lemot

Mesin Xpander yang menyediakan tenaga 104 PS dan torsi 143 Nm disebut kurang responsif sehingga pengendaraanya terasa kurang fun to drive.

Keluhan terkait masalah ini adalah mobil yang tidak kuat nanjak. Bahkan beberapa video di media sosial meunjukkan Xpander yang terpaksa mundur untuk mendapatkan momentum saat melahap tanjakan ekstrim. Delay yang cukup signifikan saat butuh torsi juga dikeluhkan, semisal saat butuh mendahului mobil lain atau butuh bermanufer lincah.

Hal itu dibantah oleh sebagian pemilik Xpander lainnya, bahwa Xpander memang dibangun untuk kenyamanan, bukan untuk kebut-kebutan. Sedangkan terkait kemampuan Xpander melahap tanjakan, itu tergantung skill pengemudi masing-masing.

Jika dibandingkan dengan Honda BR-V dan Hyundai Stargazer, maka wajar Xpander terasa kurang agresif, karena memang dari segi tenaga dan dimensinya yang jangkung, membuat Xpander kalah fun to drive.

Roda Bergetar saat Direm

Cukup banyak pengguna Xpander atau Xpander Cross, baik model terbaru maupun model lama yang mengalami rodanya bergetar saat mobil di rem.

Beberapa pengguna menyampaikan bahwa itu bukanlah masalah, karena merupakan kondisi yang disebabkan sistem ABS bekerja saat pengemudi melakukan hard-braking. Namun pengguna yang mengalami masalah mengatakan bahwa teknisi bengkel resmi menyatakan itu karena piringan rem cakram yang tidak rata, sehingga harus dibubut.

Beberapa pengguna lainnya menyampaikan bahwa masalahnya adalah pada bearing roda yang cepat aus. Setelah bearing diganti, masalah tersebut hilang.

Masalahnya, banyak pengguna yang mengeluhkan masalah tersebut saat usia mobilnya masih sangat muda, semisal baru 1 atau 2 tahun sejak dibeli.

Rem Xpander dan Xpander Cross getar
Keluhan Rem Getar – Xpander dan Xpander Cross

Beberapa Masalah di Head Unit

Beberapa pengguna mengeluhkan permasalahan di head unit Xpander-nya. Antara lain adalah Android Auto dan Apple CarPlay yang tidak berfungsi dan head unit yang restart terus. Namun tidak banyak pengguna yang mengalamai masalah ini.

Rack Steer Cepat Aus/Rusak

Beberapa pengguna Xpander mengalami rack-steer yang cepat aus sehingga menghasilkan bunyi berisik gluduk-gluduk saat melewati jalanan tidak rata. Sehingga harus ganti rack steer walau mobilnya masih tergolong berusia muda.

Masalah ini sebenarnya umum di mobil berpenggerak roda depan. Namun biasanya terjadi pada mobil yang berumur 5 tahun ke atas untuk penggunaan di jalanan beraspal saja. Kami memperkirakan masalah tersebut cenderung terjadi pada Xpander yang sering dipacu di jalanan tidak rata atau berlubang dengan intensitas signifikan.

Indikator Bensin di Cluster Meter Menunjukkan Tanki Kosong

Beberapa pengguna Xpander mengeluhkan indikator level tanki BBM Xpandernya yang tiba-tiba menunjukkan indikasi tanki kosong, padahal bensin baru diisi atau masih lebih dari setengah.

Masalah ini dilaporkan ke bengkel resmi dan teratasi setelah dilakukan reset ulang pada instrumennya. Beberapa pengguna menyatakan masalah tersebut sembuh sendiri setelah bensin diisi kembali hingga penuh.

Masalah Xpander - Xpander Cross
Keluhan Indikator Bensin New Xpander Cross

Baca Juga: Keluhan Pengguna Xpander versi Awal

Itulah beberapa keluhan atau komplain para pemilik Xpander dan Xpander Cross baik versi lama maupun model terbaru yang diluncurkan pada tahun 2023. Sebenarnya dibanding versi awal, keluhan tersebut sudah jauh lebih sedikit itemnya. Namun di era sosial media, keluhan-keluhan tersebut lebih ter-echo ke publik berkat beberapa akun influencer otomotif.

Semoga semua pemilik Xpander atau Xpander Cross yang mobilnya bermasalah, bisa mendapatkan solusi permanen, sehingga mobilnya normal kembali. Semoga informasi ini juga bermamfaat bagi Sobat yang berencana membeli Xpander, baik dalam kondisi baru maupun bekas.

15 Responses

  1. yuliza says:

    terimakasih informasinya, cocok untuk yang sedang mencari perbandingan kelebihan , kekurangan mobil Xpander dan Xpander cross. tetap hati hati dalam setiap perjalanan

  2. Muhammas Gusti Apriansyah says:

    Pas banget lagi cari review langsung dari Xpander dan Xpander Cross biar gak salah pilih, thanks informasinya

  3. Pipit ZL says:

    Waduh. Koq rada serem ya bacanya. Kirain spek-nya segahar tampangnya

  4. Naufal says:

    Terima kasih informasinya. Selain menjadi sumber pertimbangan. Tentu ini menjadi bagian dari keluhan konsumen yang perlu didengar. Karena biar bagaimanapun kenyamanan dalam berkendara itu nomor 1 sihh.

  5. Dinda says:

    Dulu pernah pengen beli xpander pas mempertimbangkan beli mobil. Tapi denger beberapa cerita temen yang punya mobil ini, kalau ditanjakan agak ngoyo. Namun ya masih mupeng sih sama ini, karena bagasinya yang cukup besar. ūüėĀ

  6. Cica says:

    wah banyak juga ya keluhannya, ini keluhan versi 2023
    gimana versi sebelumnya apa lebih parah ya

    Saya jadi penasaran jadi ingin test drive Xpander, btw

    • Terima kasih ulasannya tentang Mitsubishi Xpander, Kak. Setiap kendaraan memang memiliki sisi positif dan negatif, tapi dengan membaca info detail seperti ini, kita jadi bisa mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan jika ingin tetap membeli si Xpander.

  7. Tomy Tegar says:

    X-pander ini salah satu mobil idaman yg sering dibahas bareng temen2.. Trims om udah berbagi informasi seputar mobil di artikel ini..

  8. Ririn says:

    Kalau lagi di jalan liat mobil Xpander bawaannya selalu halu. Kapan ya punya mobil kayak gitu? Abis keliatan bagus dan gagah. Kayaknya nyaman naik mobil kayak gitu. Tapi ternyata ada juga ya keluhan-keluhannya. Mungkin emang setiap produk ada kelemahan dan kelebihannya.

    • Yayan Abdhi says:

      Begitulah barang di dunia, tidak ada yang sempurna. Memang sih, banyak orang mengalami kalau lihat Mitsubishi Xpander atau Xpander Cross kayag terkesima karena keren dan gagahnya.. setidaknya terbersit, kalau punya duit dan mampu bei mobil, Xpander adalah salah satu pilihan yang dipertimbangkan.. Mungkin daftar keluhan pengguna ini bisa menenangkan emosi mupeng kita, bahwa tidak selalu seindah yang kita bayangkan..hehe

  9. SHalikah says:

    Pernah baca beberapa review tentang xpander, masalah rem geter ini cukup di highlight banyak orang sih. Saya juga baru tahu bahwa tenaga xpander terbilang di bawah brand-brand lainnya untuk tipe yang sepadan. Padahal bodynya lebih kekar dan padat kelihatannya ya. Dan mobil-mobil mitsubishi era dulu kan biasanya terkenal dengan tenaganya yang wow.

  10. Ulasannya menarik banget kak, dengan adanya tulisan seperti ini maka orang awam seperti saya bisa paham dan mengerti perihal kelemahan mobil sebelum membelinya

  11. Okti Li says:

    Kan kalau sudah tahu informasinya kedepannya kalau ada rezeki bisa langsung eksekusi karena semua info udah didapat disini ya

  12. Alfimanzila says:

    Harus ditentukan nih infonya. Secara mobil xpander kan merek mobil yang sudah terkenal dan banyak peminatnya.

    Sekelas mobil xpander punya masalah ya

  13. Amir says:

    Wah, kalau tidak kuat nanjak berarti cukup beresiko ya. Apalagi jika didalam mobil ada bebeapa orang. Dalam memilih mobil emang kudu selektif banget karena harganya yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)