Ide Modifikasi Calya Sigra

Ide Modifikasi Toyota Calya – Daihatsu Sigra, Mewah dan Hilangkan Aroma LCGC

Daihatsu Tips Toyota
CaruserMagz.com – Ide Modifikasi Calya Sigra – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, sang calon mobil sejuta umat pengganti Avanza-Xenia keluaran Astra Daihatsu Motor (ADM) dipasarkan pada segmen LCGC, atau dengan kata yang lebih lugas “mobil murah untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah“. Sehingga image murahan tidak dapat dilepaskan dari duo low MPV LCGC ini.

 

Kesan murahan tersebut tidak dapat dihindari, walau sebenarnya fitur dan kualitas pembuatannya cukup lumayan untuk ukuran LCGC. Pada umumnya Sobat pemilik mobil tentunya tidak ingin kendaraannya nampak murahan, sehingga ingin melakukan perubahan-perubahan pada mobil kesayangan.

 

Nah.. kami ingin memberikan beberapa ide modifikasi pada calon pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, agar penampilan mobil kesayangannya nanti bisa langsung dipermak setelah di boyong ke rumah. Mungkin juga ide-ide kami ini bisa menjadi inspirasi bagi bengkel-bengkel modifikasi atau pembuat aksesoris mobil. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi aura LCGC pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra:

 

 

Interior

 

1. Ganti Kursi Baris Depan

 

Kualitas kursi Calya dan Sigra sebenarnya sudah lumayan bagus, hanya saja bentuknya yang sama persis dengan kursi Agya-Ayla dengan head rest yang tidak adjustable dan kurang ergonomis membuat nuansa murahan pada interior terasa kental, dan tentunya tidak akomodatif untuk pengemudi dengan postur tubuh lebih tinggi dari 170 cm.

Jika memungkinkan, mengganti sandaran kursi baris pertama dengan sandaran kursi yang dilengkapi adjustable head rest, akan membuat interior Calya dan Sigra nampak lebih mewah.

Namun jika tidak mungkin hanya mengganti sandaran kursinya, mengganti kursi baris pertama secara total bisa menjadi solusi lainnya. Misalnya mengantinya dengan kursi mobil small hatchback seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage atau KIA Picanto, yang kursinya lebih ergonomis dan headrestnya memadai untuk pengemudi dan penumpang dengan postur tubuh tinggi.

 

2. Pasang Cover Jok Kulit Permanen

 

Untuk membuat tampilan interior Toyota calya dan Daihatsu Sigra nampak lebih premium, sebaiknya sobat memasang cover jok kulit atau minimal kulit sintesis. Kami sarankan pilih warna yang elegan seperti hitam, coklat tua atau merah gelap, jangan terlalu cerah karena warna cerah terkesan kurang mature. Warna cerah juga akan membuat noda terlalu nampak. Tetapi ini tergantung selera masing-masing.

Sebaiknya lepas cover jok bawaan mobil dan gantikan dengan cover jok kulit. Cover jok yang hanya disarungkan pada cover jok bawaan mobil, akan membuat mobil sobat nampak makin murahan, tidak sedap dipandang dan juga biasanya cover tersebut berkualitas rendah.

 

3. Pasang Touchscreen Head Unit

 

Untuk menambah kesan premium, jika sobat memiliki uang lebih, sebaiknya mengganti head unit bawaan Calya – Sigra dengan head unit touchscreen milik Grand New Veloz, tentunya ini akan memerlukan budget yang tidak sedikit. Tapi head unit double din milik Calya – Sigra sebenarnya sudah cukup bagus jika tidak diganti.

 

4. Pasang Kamera Parkir

 

Jika sudah memasang monitor di dashboard seperti saran kami di atas, sobat bisa sekaligus memasang camera parkir di bokong Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Hal ini akan membuat mobil kesayangan sobat benar-benar terasa mobil mewah.

 

Eksterior

 

5. Ganti Emblem Garuda atau Huruf S

 

Lambang khusus dihidung Calya dan Sigra menandakan mobil tersebut berada pada segmen LCGC, sehingga emblem tersebut menjadi stempel “mobil murah“. nah.. untuk menghilangkan kesan murah, sebaiknya sobat membeli emblem Toyota atau Daihatsu untuk mengganti emblem lambang garuda pada Calya atau Lambang huruf S pada Sigra.

Emblem LCGC vs non-LCGC – Toyota

 

6. Ganti Velg dengan ukuran lebih besar

 

Masih ada space yang cukup luas untuk menambah diameter velg dan ban Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hal tersebut nampak dari jarak antar spakbor dan ban bawaan yang 14in. Dengan mengganti velg bermotif multispoke two-tone berdiameter lebih lebar 1 atau 2 inchi, mobil kesayangan sobat akan nampak gagah. Budget yang dibutuhkan adalah sekitar 6 hingga 10 juta rupiah.

Baca: Tips Ganti Velg Toyota Calya

 

7. Ganti Lampu Utama dengan Projector Head Lamp

 

Seperti sedang tren lampu projector membuat kesan mewan pada mobil. Sekarang banyak bengkel modifikasi yang menyediakan lampu projector, sobat tinggal pilih sesuai selera dan anggaran yang tersedia.

 

8. Pasang LED DayTime Running Light (DRL)

 

LED-DRL juga sedang menjadi tren di dunia otomotif, jika sobat ingin mobil kesayangan sobat nampak mewah, kami sarankan untuk memasang LED-DRL di dalam lampu utama. Sebagai inspirasi, mungkin sobat bisa meminta bengkel modifikator untuk membuatkan LED seperti pada mobil konsep UFC-3. LED-DRL di sekitar lampu kabut juga bisa menjadi alternatif.

Lampu LED-DRL pada head lamp Mobil Konsep UFC-3

 

9. Ganti Handle Pintu Chrom

 

Handel pintu sewarna body membuat mobil sobat nampak kurang energic, sehingga ada bagusnya sobat menambah cover bermotif chrom pada handle pintu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

 

10. Pasang Lis Chrom di Bawah Kaca seperti pada Daihatsu Sigra Tipe Tertinggi

 

Pada Daihatsu Sigra tipe tertinggi (R-Deluxe), ada list chrom di bawah sepanjang kaca samping. Sepertinya akan bagus jika diterapkan juga pada Toyota Calya. List Chrom tersebut mengingatkan kita pada Honda CRV.

 

11. Ganti Antenna dengan Model Sirip Hiu

 

Antena model sirip hiu membuat mobil nampak lebih simple dan mewah. Sebaiknya sobat memilik antenna sirif hiu yang sewarna body, jangan yang berbeda warna. Sehingga terkesan antenna tersebut  aksesoris asli.

 

12. Pasang Rear Bumper Protector

 

Rear bumper protector yang terbuat daru karet seperti pada Grand New Avanza juga cukup elegan untuk disematkan pada Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Selain mempercantik tampilan belakang, rubber protector tersebut tentunya melindungi bumper jika harus kontak dengan benda-benda keras.

 

 

Demikianlah beberapa ide modifikasi pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bisa Sobat coba lakukan, agar Mobil kesayangan sobat nampak lebih premium dan tidak lagi berkesan murahan layaknya LCGC pada umumnya. Tentunya semua itu memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit, sobat bisa memilih yang mana saja yang sesuai dengan budget dan selera.

 

Semoga ide-ide kami di atas bisa diaplikasikan dan berguna bagi Sobat pemilik Calya – Sigra. Selamat mempercantik mobil baru Sobat.

 

Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

47 thoughts on “Ide Modifikasi Toyota Calya – Daihatsu Sigra, Mewah dan Hilangkan Aroma LCGC

  1. Sebagai kendaraan 7 seater perlu diperhatikan jika sering membawa 7 orang, modifikasi per coil belakang dan sockbrekernya dengan grade lebih tinggi, lebih mumpuni tambahkan stabiliser lagi.Pasti lebih sip apalagi. BBM pastikan Pertamax utk performa mesin yg baik, gimana kalau sulit mendapatkan Pertamax, Cari tipe BBM lain seperti Pertalite atau terpaksa premium, tambahkan octane booster yg banyak di jual di Supermarket/Hypermaket (perhatikan takarannya), kalau pertamax sudah didapat
    isi kembali dgn BBM ini.

  2. Sasaran mobil ini memang sejuta umat, efisien, dan bervolume lumayan besar, mobil non LGCC pun yg standard penampilan biasanya aja dan berkesan 'murahan' padahal harganya gak murahan ( >100 juta) Utk Budget terbatas utamakan sektor roda/velg diganti dengan ukuran lebih besar/sport tapi jangan kebesaran (Jadi non efisien), penampilannya langsung berubah. Baru sektor lain seperti (emblem grill, jok atau covernya, unit keamanan seperti kamera bokong, karpet, skirt body, list chrom, unit speaker, antena, lampu drl,bahkan plat nomor di rekondisi dan lainnya, bisa menyusul pelan-pelan, bisa juga kalau bawaan pabrik sudah usang baru ganti. Utamakan perawatan body dgn sampoo berkwalitas dan senantiasa merawat ban dan velg selalu bersih dan bersemir. di jamin kendaraan ini terlihat berbeda dan 'cantik'.

  3. Saya sudah pasang kaca film nexgard carbon 40% dan 80%. Masalah air circulator sudah beres (jadi dingin) garansi resmi 7 tahun. Habis 700rb. Head unit touch screen, basstube 10inch,tweeter, antena tambahan, kamera parkir habis 1,6jt. Masih nyari velg dan ban yg pas.

  4. Sepertinya tidak bisa mas biroe.. pasang ABS bukan seperti ganti pedal rem. Itu juga harus pasang device, sensor dan sistem komputernya. Sebaiknya ditanya ke dealer resmi toyota.. saya tidak kompeten menjawab pertanyaan mas.

  5. keren banget reviewnya mas, kalo bisa sih dicantumin juga perkiraan harga untuk masing2 modifikasinya, utk ancer2 butuh brapa di masing2 modifikasinya, dan jadi tau yg mana dlu yg bisa dimodif duluan hehehe
    thanks bro, webnya keren!

  6. salam kenal juga mas Coco. Wah, saya kurang faham para juragan otomotif di depok, secara saya di Sumsel mas.
    Yang Depok.. yang Depok… Mohon di bantu bro Coco yah!

  7. Pernah kami bahas di tips ganti velg Calya-Sigra di blog ini jg. Disitu sharing pengalaman mas mahdi, termasuk pasang dumper prime, dimana dia beli dan pasang, juga harganya.
    Silahkan dicari aja artikelnya di blog ini melalui kolom search mas billy.

Tulis Komentar