Toyota Investasi Mobil Otonom ke Pony-ai

Toyota Investasi $ 400 Juta di Pony.ai untuk Teknologi Mobil Otonom

Berita Toyota
CaruserMagz.com – Toyota dan Pony.ai dikabarkan akan meluncurkan program percontohan untuk pengujian kendaraan otonom dijalan raya kota Beijing dan Shanghai, China. Kolaborasi kedua perusahaan tersebut untuk teknologi mobil otonom telah dimulai sejak setahun lalu, yaitu awal 2019. Untuk itu, Toyota investasi Ratusan juta dollar Amerika di perusahaan yang berbasis di Silicon Valley dan Guangzhou China tersebut.

 
Pony.ai adalah perusahaan start-up teknologi yang sedang melakukan proyek pembuatan mobil otonom untuk angkutan umum berupa taksi di Beijing dan Guangzhou sejak akhir 2018. Perusahaan asal China tersebut juga sedang menguji taksi otonom yang dikendalikan robot di Fremont dan Irvine, California.

 
Proyek mobil otonom Pony.ai ini ditujukan untuk mewujudkan taksi otonom di China dan perusahaan tersebut berambisi jadi yang pertama menawarkan angkutan umum tanpa pengemudi manusia bagi publik China. Pony.ai telah bekerjasama dengan Toyota sejak tahun 2019 untuk proyek mobil otonom.

 
Dilaporkan oleh The Verge, Toyota investasi di perusahaan start-up tersebut dengan mengucurkan dana sebesar 400 Juta Dollar Amerika Serikat, atau sekitar Rp. 5,6 Triliun untuk proyek mobil otonom. Tambahan dana dari Toyota tersebut melejitkan nilai Pony.ai menjadi 3 Miliar Dollar atau sekitar Rp 42 Triliun.

 
Baca juga:
Mercedes-Benz dan BMW Akur untuk Kembangkan Teknologi Mobil Otonom
Audi Berencana Luncurkan Mobil Otonom Sepenuhnya pada Tahun 2021

 
Investasi besar tersebut menunjukkan bahwa Toyota serius mengembangkan teknologi mobil otonom. Ini bukan kali pertama sang Raksasa Otomotif Jepang berinvestasi untuk teknologi self-driving car, sebelumnya Toyota berinvestasi sebesar $ 500 Juta dalam proyek yang sama dengan Uber, perusahaan start-up Taksi Online.

 
Dengan proyek bersama Pony.ai ini, Toyota ingin menyediakan mobil otonom di beberapa bagian Kota Tokyo selama perhelatan Olimpiade 2020. Mobil-mobil otonom tersebut tidak akan dikemudikan manusia, melainkan oleh robot dengan fitur software ‘sistem guardian‘ yang menggantikan peran pengemudi, mirip dengan autopilot milik Tesla.

 
Namun Toyota dikabarkan akan menyematkan teknologi mobil otonom pada mobil komersial terlebih dahulu, sebelum meluncurkannya untuk kendaraan penumpang. Hal itu diungkap oleh James Kuffner selaku Chief of Toyota Research Institute-Advanced Development, pada Desember 2019 yang lalu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar