Mengapa Kita Harus Beli Mobil SUV, Ini Alasan dan Keuntungannya!

Nissan Armada 2021 - Full Size SUV Penantang Toyota Land Cruiser

CaruserMagz.comAlasan Mengapa Kita Sebaiknya Beli Mobil SUV – Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) terus mengalami peningkatan dalam hal minat konsumen, walau secara harga tergolong lebih mahal dibanding jenis MPV. Faktor utama tentu karena SUV memiliki tampilan lebih gagah, namun sebenarnya ada keunggulan-keunggulan yang membuatnya memang lebih baik, dibanding mobil jenis MPV, Sedan dan hatchback.

Apa saja kelebihan mobil jenis SUV dibanding jenis lain yang membuatnya layak dimiliki atau dibeli meskipun lebih mahal? Berikut kami sampaikan dalam daftar alasan mengapa kita sebaiknya memilik mobil jenis ini untuk kendaraan sehari-hari.

Baca: Alasan Mengapa SUV Lebih Cocok jadi Mobil Orang Indonesia

Mengapa Sebaiknya Kita Beli Mobil SUV

Daya Jelajah – SUV dibangun dengan jarak terendah ke jalan atau ground clearance (GC) yang tinggi, biasanya 18 cm hingga 25 cm, sehingga SUV memiliki daya jelajah terhadap kontur jalan bergelombang bahkan berlubang yang lebih baik. Berbeda dari jenis sedan dan hatchback yang biasanya memiliki GC lebih rendah, yaitu 14 – 16 cm saja.

Kaki-kaki Kuat – Kaki-kaki SUV dibuat lebih kuat dari jenis mobil MPV, hatchback atau sedan. Itu karena mobil ini dirancang untuk mampu melewati banyak jenis jalan. Suspensi, per, serta komponen penunjang rodanya dibuat lebih kokoh.

Untuk Segala Medan – SUV adalah mobil yang kaki-kakinya dibangun untuk segala medan jalan, baik jalanan mulus beraspal, grapel, jalanan off-road yang bergelombang atau bahkan jalanan berlubang-lubang. Konstruksi body, kaki-kaki dan GC sudah dirancang pabrikan sedemikain rupa hingga mampu melibas jalanan yang ekstrim.

Kenyamanan – Meskipun kaki-kaki dibuat lebih kaku dan besar, SUV modern zaman sekarang tetap bisa memberikan level kenyamanan yang baik untuk digunakan sebagai mobil keluarga. Bahkan beberapa SUV atau crossover bisa mendekati sedan kenyamanannya, semisal Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, dan Mazda CX-5.

Daya Angkut Muatan – Karena umumnya SUV dibuat dengan dimensi lebih besar dibanding hatchback atau sedan, maka otomatis kabinnya lebih lapang. Umumnya SUV memiliki kabin yang lega untuk penumpang dan ukuran bagasi yang luas.

Lebih Aman dari Banjir – Dengan GC yang tinggi dan posisi mesin juga relatif tinggi, maka posisi intake udara ke mesin juga tinggi, sehingga mobil SUV relatif lebih aman saat melibas jalanan tergenang air atau banjir, dibanding sedan atau hatchback.

Tampilan Gagah – Tentang penampilan, tidak dapat dipungkiri SUV terlihat lebih menarik untuk dimiliki, khususnya oleh kaum lelaki. Biasanya SUV memang diberi tampilan sporty dan memiliki aksesoris-aksesoris fungsional yang sekaligus membuatnya terlihat gagah.

Faktor Keselamatan – Dari segi keselamatan berkendara, konstruksi yang dibuat lebih kokoh dan ukuran lebih besar, membuat SUV relatif lebih aman dari mobil jenis sedan, hatchback dan MPV. Posisi mengemudi yang commanding juga membuat visibilitas pengemudi lebih baik, yang pada akhirnya lebih aman.

Baca: Alasan Mengapa Mobil Besar lebih Aman Dibanding Mobil Kecil

Kondisi Jalanan di Indonesia – Mobil sedan dan hatchback mungkin punya kelebihan dalam hal handling yang mantap saat berkendara di jalanan mulus, semisal di negara-negara dengan kondisi jalan baik semisal Jepang, Jerman dan negara-negara Eropa. Namun Indonesia punya karakter jalan yang mudah rusak bahkan di perkotaan sekalipun. Sehingga memiliki mobil SUV adalah solusi universal untuk kemampuan melewati semua kondisi jalan di Indonesia yang tidak menentu.

Tren Otomotif - SUV Mainstream Indonesia
SUV Mainstream Indonesia

Contoh dan Segmen SUV di Indonesia

Lalu apa saja pilihan mobil SUV atau Crossover di Indonesia? Berikut kami sajikan beberapa contoh yang bisa jadi referensi untuk beli mobil SUV bagi konsumen Indonesia:

Jenis SUVPilihan Mobil SUV di Indonesia
Low SUV 7-SeaterToyota Rush
Daihatsu Terior
Mitsubishi Xpander Cross
Suzuki XL7
Honda BR-V
DFSK Glory 560
Compact SUV 5-SeaterHonda HR-V
Suzuki S-Cross
Mazda CX-30
Mazda CX-3
Mitsubishi Outlander Sport
Toyota C-HR
Mercedes Benz GLA
BMW X3
Sub-Compact SUVToyota Raize
Daihatsu Rocky
Kia Sonet
Nissan Magnite
Medium SUV 5-SeaterMazda CX-5
Hyundai Tucson
Kia Sportage
Toyota Corolla Cross
Mitsubishi Eclipse Cross
Wuling Almaz 5-Seater
MG ZS
MG HS
Medium SUV 7-Seater – Ladder FrameToyota Fortuner
Mitsubishi Pajero Sport
Nissan Terra
Isuzu Mu-X
Medium SUV 7-Seater – MonokokHonda CR-V
Nissan X-Trail
Hyundai Santa Fe
Kia Sorento
DFSK Glory i-Auto
DFSK Glory 580
Wuling Almaz 7-Seater
VW Tiguan All Space
Peugeot 5008
Mercedes Benz GLE
Mercedes Benz GLB
BWM X5
Big SUV 7-SeaterHyundai Palisade
Lexus 570 LX
Toyota Land Cruiser
Mercedes Benz GLS
BWM X7
Mazda CX-8
Mazda CX-9

Baca juga:

Tulis Komentar