Beda Fitur Raize TSS vs Rocky ASA, Apakah Sama? Mana yang Lebih Handal?

Raize TSS vs Rocky ASA - Mana yang Lebih Bagus

CaruserMagz.comPerbandingan Fitur Raize TSS vs Rocky ASA – Kolaborasi Toyota-Daihatsu baru saja meluncurkan mobil kembar baru berupa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky untuk pasar Indonesia. Keduanya mengusung teknologi keselamatan canggih berbasis kamera dan radar yang terintegrasi.

Pada Toyota Raize paket fitur keselamatan canggih tersebut dinamai ‘Toyota Safety Sense‘ (TSS), sedangkan pada Daihatsu Rocky disebut ‘Advance Safety Assist‘ (ASA). Fitur canggih tersebut disematkan pada varian tertinggi dari masing-masing model, yaitu Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS dan Daihatsu Rocky R CVT ASA.

Lalu apakah fitur Raize TSS vs Rocky ASA tersebut sama? Apakah itu hanya permainan nama belaka sedangkan isinya sama saja? Jawabannya adalah ‘TIDAK’. Karena ternyata ada perbedaan cukup signifikan pada beberapa fitur keselamatan turunannya.

Pada Toyota Raize TSS, komponen fitur dari TSS terdiri dari 7 fitur keselamatan, yaitu berikut:

  • Lane Departure Assist with Steering Control (termasuk warning)
  • Pedal Mis-operation Control
  • Pre-collision System (Warning & Assist)
  • Front Departure Alert
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Blind Spot Monitoring
  • Adaptive Cruise Control.

Sedangkan pada Daihatsu Raize ASA, terdiri dari 6 fitur, yaitu:

  • Pre-collision Warning
  • Pre-collision Braking
  • Pedal Mis-operation Control
  • Front Departure Alert
  • Lane Departure Warning
  • Lane Departure Prevention
Fitur ASA dan Fitur Keselamatan Standar Daihatsu Rocky
Fitur ASA dan Fitur Keselamatan Standar Daihatsu Rocky

Dari daftar tersebut, dapat kita ketahui bahwa paket fitur keselamatan yang tergabung dalam TSS milik Raize, jauh lebih canggih dan lebih lengkap dibanding Daihatsu Rocky.

Jika dibedah lebih detail, sejatinya Rocky hanya memiliki 4 sistem fitur canggih dari yang dimiliki Raize, yaitu Pre-Collision system, Lane Departure System, Front Departure Alert dan Pedal Mis-operation Control.

Sedangkan Raize memiliki beberapa fitur keselamatan canggih yang sangat fungsional, yang tidak dimiliki Daihatsu Rocky, yaitu: Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control. Sehingga Raize lebih superior dalam hal fitur keselamatan dibanding Rocky.

Adaptive Cruise Control adalah fitur tercanggih dalam TSS, ini membuat fitur cruise control jadi lebih aman untuk digunakan dalam perjalan jauh di jalan tol. Adaptive berarti system akan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan secara otomatis saat fitur cruise control diaktifkan.

Fitur Adaptive Cruise Control - TSS Toyota Raize
Fitur Adaptive Cruise Control – TSS Toyota Raize

Lebih jelas mengenai fitur Cruise Control dan Adaptive Cruise Control, dapat dibaca pada penjelasan kami sebelumnya pada artike ini: Memahami Cruise Control dan Adaptive Cruise Control.

Rear Cross Traffic Alert akan sangat berguna saat mundur keluar dari parkiran ke jalan atau ke jalur yang banyak dilalui kendaraan lain, sistem akan memberi peringatan jika ada kendaraan lain mendekat saat akan keluar dari parkiran.

Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert juga membuat berkendara di jalan raya lebih aman, karena sistem radar mobil memonitor kendaraan lain di area belakang yang tidak dapat dilihat pengemudi. Ini akan sangat berguna saat akan mendahului mobil lain atau berpindah jalur.

Fitur Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert
Fitur Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert pada Toyota Raize

Selain fitur-fitur yang tergabung dalam TSS tersebut, Raize masih punya kelebihan lain dalam hal fitur keselamatan, yaitu jumlah Airbag ada 6 di varian tertinggi Raize, meliputi dual-airbag di depan, di sepanjang sisi kaca samping dan di masing-masing sisi pengemudi dan penumpang depan. Dalam hal keasyikan berkendara, Toyota Raize juga dilengkapi paddle-shift yang tidak dimiliki Daihatsu Rocky.

Kelebihan Daihatsu Rocky dibanding Toyota Raize adalah pada fitur-fitur hiburan, yaitu antara lain head unit 9-incinya sudah mendukung Apple CaraPlay dan Android Auto dan pada tipe ADS, Rocky memiliki Active Subwoofer 8-inci yang diletakkan di bawah kursi pengemudi, untuk kualitas suara yang lebih bagus.

Jadi pada kesimpulan dari perbedaan Raize TSS vs Rocky ASA ini adalah bahwa Toyota Raize lebih difokuskan pada fitur-fitur keselamatan yang canggih, sedangkan Daihatsu Rocky lebih pada fitur-fitur hiburan, terkait infotainment dan audio-system.

Jadi tergantung preferensi pengguna, apakah ingin fitur-fitur keselamatan yang lebih lengkap atau kenikmatan fitur-fitur hiburan dalam perjalanan singkat di perkotaan. Yang pasti, Toyota Raize akan lebih handal untuk perjalanan jauh di jalan toll berkat fitur Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Monitoring-nya.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar