Untung rugi Mobil Hitam - Kelebihan dan Risiko pelihara mobil hitam

Untung Rugi Mobil Hitam, Kelebihan dan Kelemahan Warna Hitam untuk Mobil

AutoWorld Tips

CaruserMagz.comKelebihan dan kekurangan mobil hitam – Hitam adalah salah satu warna pavorit untuk mobil. Warna hitam disebut sebagai warna universal yang disukai sebagian besar pemilik mobil, karena dinilai memberi kharisma dan nilai elegan pada mobil. Mari kita bahas untung rugi mobil hitam yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi mereka yang sedang memilih warna mobil.

Hampir semua mobil di dunia punya varian berwarna hitam, oleh karena itu hitam selalu menjadi pilihan populer warna mobil sepanjang sejarah. Bahkan mobil yang diproduksi secara massal pertama kali di dunia dibuat berwarna hitam, yaitu Ford Model T. Kabarnya sekitar 20% dari keseluruhan mobil yang diproduksi di masa kini adalah berwarna hitam.

Warna hitam dinilai memberikan keanggunan, kemewahan dan kesan maskulin. Bagi Anda yang sudah berminat memilih warna hitam untuk mobil yang akan dibeli, sebaiknya ketahui apa saja keunggulan dan kelemahan atau risiko dari warna hitam pada mobil. Berikut rincian untung rugi mobil hitam berdasarkan keekonomian dan tampilan hingga faktor keselamatan berkendara:

 

Keuntungan Memiliki Mobil Hitam

Warna Eksklusif untuk Mobil Pribadi

Mobil hitam jarang dijadikan mobil operasional perusahaan, khususnya mobil operasional lapangan. Jikapun dijadikan mobil operasional, biasanya mobil warna hitam dijadikan mobil untuk pejabat perusahaan, semisal direktur atau kepala dinas jika instansi Pemerintahan. Mobil operasional lapangan lebih banyak menggunakan warna terang seperti silver atau putih, karena faktor keterlihatan yang lebih baik di jalan.

Itu artinya mobil hitam lebih identik sebagai mobil pribadi atau mobil pejabat. Sehingga ada prestise tersendiri pada mobil hitam, walau jenis mobilnya adalah mobil yang banyak digunakan sebagai mobil operasional perusahaan seperti Toyota Avanza, Innova, Mitsubishi Pajero Sport dan lainnya.

 

Lebih Terlihat Mewah dari Seharusnya

Warna hitam membuat mobil terlihat mewah karena lebih berkilau dan solid. Mobil LCGC yang berbahan body tipis pun akan terlihat lebih solid jika berwarna hitam berkilau. Boleh jadi mobil Anda adalah mobil yang sederhana dengan bentuk yang terlalu biasa, namun saat disandingkan antara yang berwarna hitam dan warna lainnya, yang hitam akan terlihat lebih mewah dan lebih mahal dari seharusnya.

Untung rugi Mobil Hitam - Lebih Berkilau dan Tampak Gagah
Untung rugi Mobil Hitam – Lebih Berkilau dan Tampak Gagah

Warna hitam juga membuat garis-garis bentuk body lebih terlihat dibanding warna terang seperti putih dan silver. Hitam memberikan aura visual mobil yang lebih besar dan lebih ramping dari yang sebenarnya. Warna hitam mengarahkan penglihatan kita melampaui warna mobil yang sebenarnya ke garis-garis yang dibuat pada mobil.

 

Mudah untuk Pengecatan Ulang

Tidak seperti warna lain yang varian warnanya ada terlalu banyak untuk satu warna, misalnya putih punya banyak sekali varian warna, contohnya Arctic White, Pearl White, Championship White, Off white dan terus bertambah. Sedangkan warna hitam secara hakiki hanya memiliki satu varian, mungkin ada banyak sebutan warna hitam tapi sejatinya warna hitam itu sama hanya kilaunya yang berbeda. Jika kadar kehitamannya kurang, maka sejatinya itu bukanlah hitam.

Sehingga tukang cat mobil tidak begitu kebingungan mendapatkan warna yag tepat untuk hitam. kasus cat belang pada pengecatan ulang sebagian body mobil hitam lebih kecil kemungkinannya terjadi. Berbeda dari warna lain yang cenderung belang saat dicat ulang sebagian body yang rusak seperti bumper atau salah satu sisi pintu.

 

Nilai Jual Kembali Tinggi

Resale value yang tinggi juga menjadi nilai keuntungan mobil hitam. Karena mobil hitam diminati kebanyakan pembeli mobil bekas. Kelebihan ini sebenarnya identik dengan mobil warna silver dan putih yang nilai jual kembalinya cukup tinggi dibanding warna spesial seperti merah atau warna cerah lainnya.

 

Kekurangan Mobil Hitam

Mudah Terlihat Kotor

Tak dapat dipungkiri, mobil hitam lebih mudah terlihat kotor dibanding mobil berwarna lain yang lebih cerah, semisal merah, orange, kuning, abu-abu atau coklat. Setitik saja lumpur menempel di body mobil hitam, akan sangat mudah terlihat. Kelemahan ini sama halnya dengan warna putih. Artinya pemilik mobil hitam harus lebih rajin mencuci mobilnya jika ingin terlihat bersih, jika tidak mobil hitam lebih mudah terlihat kumal.

 

Goresan Mudah Terlihat

berkaitan dengan penampilan, mobil hitam juga lebih ekspresif menampilkan gorensan-goresan di body-nya. Lecet-lecet kecil pun akan terlihat jelas dari jarak dekat. Tidak seperti warna lain yang akan lebih menyembunyikan goresan kecil-kecil sehingga tetap seolah berkilau, warna hitam akan mudah terlihat kusut dengan gorensan-goresan akibat bekas mencuci mobil dengan metode atau bahan yang salah.

Goresan lecet pada mobil hitam akibat mencuci mobil dengan alat dan metode yang salah
Goresan lecet pada mobil hitam akibat mencuci mobil dengan alat dan metode yang salah

 

Butuh Perawatan Ekstra

Dengan dua kelemahan yang kami jelaskan di atas, artinya untuk membuat mobil tetap terlihat bersih dan tidak kusam karena goresan lecet yang mudah terlihat, mobil hitam memerlukan perawatan ekstra. Bagi Anda yang berduit, sebaiknya melapisi body mobil dengan coating keramik yang membuat mobil tidak mudah lecet. Untuk itu, tentu biayanya tidak sedikit.

 

Menyamarkan Ornamen Mobil

Kekurangan lain dari mobil hitam adalah tersamarnya ornamen-ornamen mobil yang juga berwarna hitam, semisal over-fender, side skirt, body molding, bumper guard, dan bahkan bentuk grill yang biasanya jadi ciri khas mobil. Apalagi mobil jenis SUV yang bagian-bagian tersebut merupakan kosmetik yang membuatnya tampak lebih gagah.

Bagi Anda yang ingin semua ornamen mobil terlihat jelas, maka warna hitam bukanlah untuk Anda. Hal ini kontras dengan mobil putih yang menampilkan ornamen-nya paling jelas di jalanan.

 

Lebih Menyimpan Panas

Bukan mitos lagi bahwa warna hitam punya sifat lebih menyerap panas ketimbang memantulkannya. Sehingga mobil hitam cenderung membuat AC-nya bekerja lebih keras mendinginkan kabin dibanding warna lain. Apalagi mobil sering parkir di ruang terbuka di musim panas atau kemarau. Butuh waktu lebih lama untuk mendinginkan kabin mobil hitam, setelah AC dihidupkan saat mobil diparkir di terik matahari.

Baca: Benarkah Mobil Hitam lebih Panas? Ini Penjelasan Ilmiahnya

 

Keterlihatan di Jalan Terkait Keselamatan Berkendara

Berdasarkan berbagai penelitian oleh ahli dan badan resmi otomotif, mobil putih lebih sedikit mengalami kecelakaan dibanding mobil dengan warna yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu. Mobil putih lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain. Karena warnanya yang cerah, kehadiran mobil putih di jalan lebih mudah disadari, hingga saat keadaan gelap sekalipun, karena warna putih lebih kuat memantulkan cahaya dari lampu mobil lain.

Sebaliknya warna hitam mempunyai keterlihatan di jalan yang lebih kecil, khususnya saat malam atau sore hari. Sehingga kehadiran mobil hitam tidak lebih disadari dari mobil warna lain oleh pengendara mobil dari arah berlawanan.

 
Baca juga:

 
Demikianlah untung rugi mobil hitam terkait tampilan, nilai ekonomis dan perawatannya. Pada dasarnya memilih warna mobil kembali pada selera masing-masing orang. Apapun risiko dan kelebihannya, kebanyakan akan diabaikan jika suatu warna sudah menjadi idaman seseorang. Namun artikel ini mungkin berguna bagi Anda yang tidak memiliki preferensi warna untuk mobil kesayangan dan lebih banyak mengindahkan hal-hal logis.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar