Tingkatkan Performa Mobil, Begini Cara Modifikator Menambah Tenaga Kuda

CaruserMagz.comBagaimana Cara Tingkatkan Performa Mobil? – Mungkin Sobat Carusers sudah sering mendengar atau membaca banyak modifikator yang bisa meningkatkan performa mobil hingga menjadi mobil yang lebih bertenaga, baik dari sekedar bahan tambahan pada bensin, hingga merubah konstruksi mesin.

Beberapa cara meningkatkan performa mobil hanyalah mitos, namun beberapa diantaranya adalah benar. Ini mirip dengan iklan obat penurun berat badan, semua mengklaim caranya adalah yang terbaik untuk menghilangkan lemak, tapi sebagian besar konsumennya akan kecewa berat dan merasa ditipu.

Beberapa hal yang seperti menipu tersebut antara lain semisal obat tetes yang ditambahkan pada bensin, pelumas ajaib yang tidak jelas mereknya, busi injektor api, karburator model baru, lempeng logam yang ditempel di tanki bensin atau body mobil, dan bahan-bahan aneh lainnya.

Beda Tenaga Kuda vs Torsi

Perlu diketahui bahwa sistem mesin mobil sebagian besarnya adalah tentang matematika dan fisika mengenai gerakan mekanis. Maka untuk meningkatkan performa mobil, intinya adalah untuk mendapatkan lebih banyak putaran dari mesin, serta meningkatkan efisiensi gerakan pada semua komponen mesin yang berputar.

Jadi berbagai mitos mengenai bahan tambahan pada bensin yang landasan ilmiahnya dirahasiakan, atau lempengan logan yang diklaim akan memberi gelombang tertentu hingga merubah efisiensi bahan bakar dan lain sebagainya, adalah akal-akalan marketing orang jualan belaka.

Pada artikel ini, kami menyampaikan beberapa metode meningkatkan tenaga kuda kendaraan bermesin bakar yang lebih masuk akal dan umum dilakukan modifikator. Beberapa diantaranya bisa kita coba sendiri karena tidak memerlukan perubahan apapun pada mesin. Berikut daftarnya:

Pelumas Sintetis

Salah satu cara paling signifikan untuk meningkatkan performa kendaraan adalah dengan pelumas sintetis. Sesederhana kedengarannya, pelumas sintetis mengurangi gesekan, yang memperpanjang umur mesin. Untuk lebih spesifik, pelumasan sintetik jauh lebih baik daripada oli konvensional biasa.

Pelumas sintetis tidak rusak dalam kondisi tekanan dan temperatur tinggi. Ini juga alasan mengapa mobil balap banyak menggunakan oli sintetik untuk mesin berperforma tinggi.

Sebaliknya di cuaca dingin, pelumas sintetis tetap lebih baik dalam hal perlindungan. Pada suhu rendah, oli sintetis tidak cepat mengental dan tetap bisa dipompa dengan baik, sehingga kemampuannya melindungi komponen mesin tetap prima dan tidak menghambat tenaga mobil.

Baca juga: Memahami Beda Tenaga Kuda vs Torsi pada Mobil

Velocity Stack

Velocity stack adalah perangkat yang dapat meningkatkan aliran udara ke ruang bakar, yang berbentuk terompet, dipasang pada saluran masuk udara karburator dan injeksi bahan bakar atau disebut sistem intake.

Perangkat velocity stack dapat menaikkan tenaga kuda dengan meningkatkan aliran udara ke ruang bakar, serta mengurangi turbulensi induksi. Namun konsekuensinya adalah konsumsi bahan bakar akan bertambah.

Sistem Pengapian

Cara lain untuk meningkatkan performa mobil adalah pemeriksaan usia pakai sistem pengapian. Jadi, saat sudah waktunya mengganti suku cadang untuk pengapian, pilihlah komponen pengapian terbaik dan berperforma tinggi untuk kendaraan Anda.

Komponen sistem pengapian yang lebih baik akan meningkatkan performa kendaraan secara signifikan. Beberapa di antaranya adalah kabel pengapian, yang berarti kumparan, serta busi ujung platinum.

Meningkatkan peralatan asli adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja mesin, dan dalam hal ini, meningkatkan operasi pengapian. Percikan yang kuat dari sistem pengapian berenergi tinggi membuat perbedaan daya yang sangat besar.

Namun modifikasi ini harus dilakukan para ahli. Karena mengarah pada kemampuan mesin untuk pengapian yang lebih tinggi. Kesalahan perhitungan akan mengakibatkan terlalu banyak energi yang berpotensi merusak mesin.

Throttle Body dan Injector yang Lebih Besar

Throttle body performa tinggi yang lebih besar akan meningkatkan daya kuda, dan performa keseluruhsn kendaraan. Namun itu tergantung sepenuhnya pada jenis mesin mobil tersebut.

Biasanya, dengan modifikasi ini, peningkatan tenaga bisa mencapai sekitar 10 hingga 20 tenaga kuda berikut torsi yang juga meningkat.

Namun throttle body yang terlalu besar juga berefek buruk, karena menyebabkan mobil kehilangan tenaga. Injektor bahan bakar dengan aliran lebih tinggi juga dibutuhkan untuk menggunakan throttle yang lebih besar.

Modifikasi ini juga harus dilakukan oleh ahli, karena menyangkut penyesuaian pada bahan bakar serta kurva percikan, yang menyesuaikan throttle body dan peningkatan injektor.

Cylinder Head

Cara lain untuk tingkatkan performa mobil adalah terkait dengan kepala silinder. Dulu, pemilihan kepala silinder adalah solusi terbaik bagi pemilik mobil yang ingin meningkatkan performa mesin.

Dengan penggantian kepala silinder yang sangat baik, Anda bisa mendapatkan lebih banyak tenaga. Namun hanya jika Anda menyesuaikannya dengan benar.

Aturan pertama dan terpenting adalah bahwa lebih besar tidak selalu berarti lebih baik. Untuk membuat keputusan, Anda perlu memeriksa ukuran katup dan port, bersama dengan nomor aliran. Dengan tujuan meningkatkan tenaga, dibutuhkan torsi untuk kecepatan masuk, bersama dengan pembuangan gas buang yang kompatibel.

Profil camshaft juga cukup penting. Alasan untuk ini adalah karena ia bekerja dengan baik dengan kepala silinder, oleh karena itu memberikan tumpang tindih yang baik serta momentum aliran yang bagus.

Penampakan mesin Kia Sonet

Baca: Mitos tentang Penghematan Bahan Bakar yang Terlanjur Dipercaya

Dual Plane Manifold

Manifol bidang ganda adalah salah satu dari sedikit cara untuk meningkatkan kinerja mobil. Untuk mendongkrak performa kendaraan, ada lebih banyak cara dari sekedar tenaga kuda.

Torsi adalah salah satunya. Intake manifold bidang ganda memberikan torsi yang luar biasa di putaran rendah dan menengah. Ini juga memungkinkan mesin untuk bernafas pada rpm tinggi.

Sederhananya, runner asupan panjang manifold bidang ganda memberi Anda torsi, sementara langit-langit tinggi menghasilkan tenaga kuda.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan penggunaan spacer karburator. Anda bisa mendapatkan lebih banyak torsi dari putaran bawah.

Ukuran saluran bahan bakar Benar

Anda juga dapat Meningkatkan tenaga kuda dengan ukuran saluran bahan bakar yang tepat. Mesin berperforma tinggi akan membutuhkan banyak bahan bakar.

Ukuran saluran bahan bakar minimum harus sekitar 3/8-inci untuk sebagian besar aplikasi, dan saat tenaga kuda naik di atas 500 hp, Anda membutuhkan saluran bahan bakar 7/16 inci.

Kompresi

Meningkatkan kompresi merupakan salah satu cara paling produktif untuk tingkatkan performa mobil, oleh karena itu meningkatkan performa mobil. Menambah kompresi ke dalam mesin akan menambah tenaga secara langsung.

Namun ini bukanlah modifikasi yang mudah, karena akan merubah perhitungan mesin secara signifikan. Sedangkan mesin dibangun dengan keterbatasan tertentu terkait kompresi bahan bakar.

Sehingga ini benar-benar harus dilakukan ahli yang teruji. Karena kesalahan akan merusak mesin bahkan menghancurkannya. Spesifikasi bahan bakar juga perlu dihitung dengan cermat, karena kompresi lebih besar akan membuat ledakan dan percikan lebih cepat.