Pilihan Mobil Baru Harga Rp. 250 Jutaan Berkapasitas 7-Penumpang

CaruserMagz.com – Mobil berkapasitas 7 Penumpang atau sering disebut 7-seater sudah menjadi mobil pavorit di Indonesia. Hal itu terbukti bahwa mobil di berbagai segmen dengan kapasitas penumpang banyak tersebut adalah mobil-mobil dengan angka penjualan yang gemuk, berapapun level harganya.

 
Dalam artikel ini kami ingin menjawab pertanyaan calon pembeli mobil di Indonesia yang sering bertanya pada search engine google, dengan pertanyaan semisal: Punya uang 250 juta bisa beli mobil apa saja? dapat mobil baru apa saja harga 250 jutaan? Mobil 7 penumpang harga 200 jutaan? dan lain sebagainya.

 
Berikut daftar mobil baru yang bisa dibeli jika sobat punya anggaran Rp. 250 jutaan dari berbagai segmen seperti low MPV, Low SUV, Compact MPV dan Medium MPV.

 
Jika ingin langsung ke penjelasan setiap pilihan mobil tersebut, silahkan klik link berikut:
1. Mitsubishi Xpander
2. Suzuki All New Ertiga
3. Honda Mobilio
4. Toyota All New Veloz
5. Toyota All New Rush
6. Daihatsu All New Terios
7. Honda BR-V
8. Wuling Cortez 1.8
9. Toyota Sienta

 

Segmen Low MPV

 

Mitsubishi Xpander

 

Xpander adalah Low MPV fenomenal yang diluncurkan pada tahun 2017 dan hingga artikel ini kami tulis, masih merajai segmen mobil sejuta umat dan merupakan low MPV pertama yang berhasil mengalahkan Toyota Avanza sejak kelahiranya pada tahun 2004.

 

Mitsubishi Xpander - Mobil 7-seater 250 jutaan
Mitsubishi Xpander – Mobil 7-seater 250 jutaan

 
Kelebihan: Low MPV beraroma SUV ini punya banyak kelebihan yang diklaim Mitsubishi menetapkan standar baru yang lebih baik untuk segmen Low MPV. Berbagai kelebihan tersebut antara lain: Fitur kekinian yang berlimpah, suspensi empuk yang nyaman, kelegaan kabin yang generous, kepraktisan yang luar biasa banyak dan tentunya tampilan stylist yang menawan.

 
Kekurangan: Hal yang kami anggap kekurangan dari Xpander antara lain: warna interior yang cerah pada tipe selain Sport, menyebabkan mobil ini gampang terlihat kotor interiornya sehingga memerlukan perawatan ekstra. Kemudian tidak tersedia varian manual pada tipe tertinggi, sehingga penyuka mobil manual tidak bisa membeli Xpander tipe termewah.

 
Baca selengkapnya: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander

 

Berikut tipe Mitsubishi Xpander dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Mitsubishi Xpander Sport AT : Rp. 242.200.000
Mitsubishi Xpander Ultimate AT : Rp. 253.400.000

 

Suzuki All New Ertiga (Generasi ke-2)

 

Suzuki baru saja meluncurkan Ertiga generasi kedua dengan ubahan signifikan dan meningkatkan standar fitur dan kenyamanannya. Suzuki menyebut mobil andalannya ini sebagai MPV sejati, bukan campuran MPV dan SUV seolah menyindir Mitsubishi Xpander. Sebenarnya Ertiga adalah LMPV pertama yang menetapkan standar yang tinggi untuk fitur dan kenyamanan.

 
Kelebihan: Pada Ertiga 2018 varian tertinggi, berbagai kelebihannya cukup menggoda, antara lain: Fitur yang berlimpah seperti rem ABS+EBD, head unit touchscreen, start-stop button, stability control dan lain sebagainya. Dimensi yang bertambah besar memberi kelegaan kabin yang lebih baik, desain dan bahan interior mewah serta tampilan eksterior elegan. Dibanding generasi sebelumnya, output tenaga Ertiga gen-2 ini lebih besar karena mesin yang diperbesar jadi 1500cc, sejajar dengan kompetitor.

 
Kekurangan: Hal yang bisa dianggap kekurangan pada Ertiga generasi kedua ini antara lain: warna interior yang cerah, sama halnya dengan Xpander, akan memerlukan perawatan extra, banyak hal menarik pada generasi sebelumnya yang dihilangkan seperti arm-rest di kabin ke-2, seat belt height adjuster, retractable hand grip dan desain velg yang kurang menarik, Namun kami kira, kekurangan-kekurangan tersebut bisa dimaklumi.

 
Baca selengkapnya: Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Suzuki All New Ertiga Generasi ke-2

 

Berikut tipe Suzuki All New Ertiga 2018 dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Suzuki All New Ertiga GX MT : Rp. 223.000.000
Suzuki All New Ertiga GX AT : Rp. 233.500.000
Suzuki All New Ertiga GX ESP MT : Rp. 228,000,000
Suzuki All New Ertiga GX ESP AT : Rp. 238.500.000

 

Honda Mobilio RS

 

Honda Mobilio sejak kehadirannya pada tahun 2014, telah mengalami 2 kali facelift, yaitu pada tahun 2016 yang merubah total desain dashboardnya jadi lebih menarik dan facelift 2017 yang merubah eksterior khususnya fascia depan jadi lebih tajam. Honda Mobilio adalah salah satu LMPV yang cukup laris dan nenerapa kali menjadi MPV terlaris kedua setelah Avanza.

 
Kelebihan: Mesin yang bertenaga terbesar di kelasnya, yaitu hingga 118 Hp, pengendalian yang sangat baik berkat desain aerodimisnya, fitur keselamatan yang cukup lengkap, jaringan dealer yang luas menjamin ketersediaan service dan sukucadang, tampilan yang cukup cantik. Mobilio sangat cocok untuk orang yang suka menyetir sendiri kendaraannya.

 
Kekurangan: Kualitas bahan interior yang terlihat murahan, kesenyapan kabin yang kurang baik, suspensi yang keras, build quality yang kurang rapi khususnya interior.

 
Baca juga: Apa saja Perubahan Honda Mobilio Facelift 2017

 

Berikut tipe Honda Mobilio dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Honda Mobilio RS MT : Rp. 236.000.000
Honda Mobilio RS CVT : Rp. 247.000.000

 

Toyota All New Veloz 1.5

 

Toyota All New Velos 1.5 adalah varian tertinggi dari Avanza, dimana mesinnya lebih besar dan tampilan dibedakan pada fascia depan dengan grill trapezoidal yang lebar. Sebagai bagian dari mobil sejuta umat yang lama merajai segmen LMPV, Veloz tetap menjadi pavorit masyarakat Indonesia.

 

Kelebihan: Penggerak roda belakang sehingga punya daya dorong yang tangguh untuk segala medan jalan, jaringan service luas menjamin ketersediaan spare part, resale value yang tinggi, Kehandalan yang telah teruji dan lain sebagainya.

 

Kekurangan: Kekurangan Toyota Avanza dan turunannya sebenarnya bisa dimaklumi, namun kehadiran pesaing yang lebih superior membuat hal-hal biasa pada Avanza dan Veloz menjadi seperti kekurangan. Misalnya kenyamanan, kekedapan kabin, pengendalian, fitur dan kelegaan kabin menjadi tidak sebaik kompetitor seperti Ertiga dan Xpander. Memiliki mobil sejuta umat bukanlah hal special, sehingga Veloz cocok untuk mereka yang ingin tampil low profile.

 

Berikut tipe Toyota Veloz dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Toyota Veloz 1.5 MT : Rp. 227.500.000
Toyota Veloz 1.5 AT : Rp. 239.300.000

 

Baca juga:
Perbedaan Toyota Veloz 1.3 dan 1.5
Untung-rugi punya Mobil Sejuta Umat

 

Segmen Low SUV

 

Toyota All New Rush

 

Toyota Rush Generasi ke-2 baru saja hadir di awal tahun 2018. LSUV dari brand mainstream ini berubah total dari desain yang agak boxy jadi lebih aerodinamis. Sehingga kehadirannya seperti menghantam penomena Xpander, alhasil tidak sedikit calon pembeli Xpander berubah haluan untuk memilih New Rush.

 

Toyota All New Rush - Mobil 7-seater 250 jutaan
Toyota All New Rush – Mobil 7-seater 250 jutaan

 
Kelebihan: Desain aerodinamis yang gagah, ground clearance yang tinggi, fitur keselamatan terbaik di kelasnya dengan 6 airbag dan segala kelengkapan rem seperti ABS, EBD, HSA, dan juga stability control (VSC), dashboard yang modern namun tetap simple, AC digital, head unit touchscreen dan lain sebagainya.

 
Kekurangan: Kabin yang tetap kurang lega, mesin yang tidak berbeda dari Avanza 1.5, tenaganya terasa kurang greget untuk mobil SUV.

 
Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Toyota All New Rush Generasi ke-2

 

Berikut tipe Toyota All New Rush dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Toyota All New Rush G MT : Rp. 239.900.000
Toyota All New Rush G AT : Rp. 249.900.000
Toyota All New Rush TRD MT : Rp. 251.300.000
Toyota All New Rush TRD AT : Rp. 261.300.000

 

Daihatsu All New Terios

 

Daihatsu Terios adalah kembaran dari Toyota Rush, sehingga punya kelebihan dan kekurangan yang relatif sama dengan Rush generasi kedua. Hanya saja Terios lebih difokuskan pada fitur hiburan, sedangkan Rush pada fitur keselamatan.

 

Sehingga Rush punya kelebihan dalam hal kecanggihan head unit dan multimedianya. Sedangkan dalam hal fitur keselamatan, Daihatsu Terios masih mengikuti standar yang ada di Indonesia seperti hanya dual-airbag, tanpa stability control dan lain sebagainya.

 
Baca: Apa saja Beda Rush vs Terios Generasi kedua

 

Berikut tipe Daihatsu All New Terios dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Daihatsu All New Terios R MT : Rp. 227.900.000
Daihatsu All New Terios R MT Deluxe : Rp. 237.900.000
Daihatsu All New Terios R AT : Rp. 237.900.000
Daihatsu All New Terios R AT Deluxe : Rp. 247.900.000

 

Honda BR-V

 

Di segmen Low SUV, Honda punya jagoan bernama BR-V yang sempat menjadi LSUV terlaris mengalahkan Toyota Rush. Namun sejak kehadiran Rush generasi baru, seolah-olah langsung mempengaruhi angka penjualan LSUV Honda ini. Honda BR-V adalah pilihan yang menarik karena lama sekali Rush dan Terios tidak punya pesaing.

 
Kelebihan: Tampilan yang ganteng dan aerodinamis, desain interior yang lumayan kekinian, pengendalian yang mendukung kenikmatan mengemudi, tenaga yang besar (120 ps) karena bermesin sama dengan Honda mobilio. fitur yang cukup lengkap, baik keselamatan maupun hiburan.

 
Kekurangan: Karena berbasis yang sama dengan Mobilio, baik desain, plateform dan bahan interior, maka hal-hal yang dianggap kelemahannya pun sama dengan mobilio. Misalnya build quality yang kurang rapi, bahan interior  yang terasa kurang solid dan cheap look, kursi yang tipis mengurangi kenyamanan untuk perjalanan jauh dan lain sebagainya.

 
Baca juga:

 

Berikut tipe Honda BR-V dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Honda BR-V S MT : Rp. 238.000.000
Honda BR-V E MT : Rp. 248.000.000
Honda BR-V E CVT : Rp. 258.000.000
Honda BR-V PRESTIGE CVT : Rp. 273.000.000

 

Segmen Medium MPV

 

Bukan hanya segmen Low MPV dan Low SUV berkapasitas 7-penumpang yang bisa didapat dengan harga Rp. 250 jutaan, namun segmen Medium MPV yang tergolong mobil mewah pun ada yang berharga 250 jutaan. Berikut daftar medium MPV tersebut:

 

Wuling Cortez 1.8

 

Wuling memberikan kejutan luar biasa di pasar otomotif tanah air, dengan menghadirkan low MPV Wuling Confero yang berkualitas sangat bagus dengan harga pada level LCGC dan Medium MPV canggih dan berkualitas mirip mobil Eropa dengan harga pada level Low MPV, yaitu Wuling Cortez.

 

Wuling Cortez - Medium MPV 250 jutaan
Wuling Cortez – Medium MPV 250 jutaan

 
Wuling hanya perlu memperkuat brand image-nya untuk membuat Cortez menjadi mobil sejuta umat di Indonesia. Karena tidak perlu menunggu lama dari peluncuran, Medium MPV asal pabrikan China tersebut langsung bertebaran di jalanan, berkat segala kelebihannya yang memukau.

 
Kelebihan

Berbagai kelebihan Wuling Cortez cukup mencengangkan dengan fitur canggih yang berlimpah, seperti sunroof, kursi captain-seat, electric parking brake, tire pressure monitoring, head unit 8 inci dengan fitur mirroring dan navigasi, MID full color, 4-airbag, berbagai fitur pengendalian dan rem yang canggih seperti HSA, VSC, Rem ABS+EBD+BA, Sensor parkir depan dan belakang, rem cakram di ke-empat roda, dan banyak lagi.

Berbagai fitur dan kelengkapan eksterior dan interior Wuling Cortez ini membuatnya over-spec dan terasa kurang masuk akal untuk mobil dengan harga 250 jutaan, karena brand Jepang dengan fitur-fitur selengkap itu mungkin akan berharga hingga 500 jutaan rupiah.

 
Kekurangan

Ada beberapa hal yang bisa dianggap kekurangan dari Medium MPV baru ini, walau sebenarnya bisa diabaikan mengingat berbagai kelebihannya dan keseriusan Wuling mengembangkan jaringan service-nya. Beberapa reviewer mengatakan ada beberapa sisi dimana build quality mobil ini kurang rapi, seperti jarak celah antara pintu dan body mobil yang tidak konsisten.

Hal lain yang kami anggap kekurangan adalah warna interior yang cerah membuatnya akan terlihat mudah kotor. Sayangnya juga Wuling tidak menyematkan tranmisi otomatis sesungguhnya pada mobil ini, melainkan Transmisi AMT yang merupakan transmisi manual dengan fungsi kopling digantikan oleh robot yang dikendalikan sistem komputer.

Mengenai desain ini juga hal yang menurut kami kurang menarik, karena bentuk Wuling Cortez ini mengingatkan kita pada Toyota Innova generasi pertama. Jika saja mobil ini muncul di tahun 2000an, mungkin akan terlihat luar biasa, namun di masa sekarang terasa cukup ketinggalan. Positifnya Wuling tidak melakukan penjiplakan model brand lain seperti umumnya pabrikan Mobil China.

 

Berikut tipe Wuling Cortez dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Wuling Cortez 1.8 C i-AMT : Rp. 228.000.000
Wuling Cortez 1.8 C lux i-AMT : Rp. 233.000.000
Wuling Cortez 1.8 L lux MT : Rp. 254.000.000
Wuling Cortez 1.8 L lux i-AMT : Rp. 264.000.000

 

Toyota Sienta

 

Toyota menghadirkan Sienta untuk bersaing dengan Honda Freed di Indonesia. Selanjutnya ternyata Honda Freed mundur dari pasar compact MPV mewah tersebut, sehingga Sienta nyaris tak punya saingan. Namun pasar segmen ini cukup sempit sehingga untuk ukuran mobil dari brand mainstream, penjualan Sienta terbilang kurang menggembirakan.

 

Toyota Sienta - Mobil 7-seater 250 jutaan
Toyota Sienta – Mobil 7-seater 250 jutaan

 
Kelebihan: Tampilan unik, fitur-fitur yang menarik, bahan interior berkualitas, desain interior unik.

 
Kekurangan: Kabin kurang lega, dalam hal akomodasi tidak lebih baik dari low MPV karena mobil ini lebih mengutamakan kemewahan dan kualitas dibanding akomodasi.

 
Baca: Perbandingan Detail Toyota Sienta vs Honda Freed

 

Berikut tipe Toyota Sienta dengan Harga sekitar Rp. 250 jutaan:
Toyota Sienta E MT : Rp. 234.100.000
Toyota Sienta E CVT : Rp. 252.100.000
Toyota Sienta G MT : Rp. 246.100.000
Toyota Sienta G CVT : Rp. 264.100.000
Toyota Sienta V MT : Rp. 261.100.000
Toyota Sienta V CVT : Rp. 279.100.000

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar