Lebih Aman Mobil Besar atau Mobil Kecil? Begini Pengaruh Ukuran terhadap Keselamatan

CaruserMagz.com – Ukuran mobil menjadi salah satu pertimbangan saat memilih mobil yang akan dibeli. Baik mobil besar maupun mobil kecil punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dari segi keselamatan, tentu jadi pertanyaan lebih aman mana mobil besar atau mobil kecil?
 

Kebanyakan kita mempertimbangkan memilih ukuran mobil dari kebutuhan tentang akomodasi. Misalnya karena anggota keluarga yang banyak sehingga butuh kapasitas penumpang yang banyak, dan sebaliknya.
 

Atau juga karena anggaran yang tersedia tidak mencukupi untuk membeli mobil besar, sehingga terpaksa membeli mobil kecil, yang penting tidak kehujanan dan kepanasan saat harus bepergian. Atau juga karena alasan jalan perkotaan yang macet, sehingga diperlukan mobil kecil yang lincah.
 

Tidak ada yang salah dengan alasan-alasan tersebut. Hanya saja, pernahkah kita mempertimbangkan faktor keselamatan dalam memilih kendaraan?
 

Jika kita memiliki anggaran yang cukup dan dihadapkan pilihan pada mobil kecil dan mobil besar dengan harga yang sama, mungkin artikel ini bisa membantu dalam membuat keputusan, yang mana akhirnya kita pilih.
 

Jika faktor keselamatan menjadi salah satu pertimbangan sobat, mungkin beberapa poin berikut bisa berguna:
 

1. Faktor Berat

 

Faktanya, makin berat mobil maka makin aman bagi penumpangnya. Sehingga mobil besar tentu lebih berat dari mobil kecil. Bobot yang berat membantu kestabilan mobil pada kecepatan tinggi, karena bobot tersebut berpengaruh mengurangi efek hembusan angin yang menjadikan mobil limbung.
 

Berat mobil besar juga mencegah dampak refleks jika terjadi tabrakan frontal. Karena mobil yang lebih besar biasanya memiliki zona tabrakan yang lebih luas dan lebih panjang serta rangka yang lebih kokoh, sehingga lebih aman bagi penumpang di dalamnya.
 

Dalam kasus terjadi tabrakan mobil besar vs mobil kecil, maka kerusakan mobil dan risiko kematian penumpang mobil besar adalah lebih kecil dibanding mobil kecil.
 

Data survey di Amerika mencatat angka 13 korban jiwa per sejuta kecelakaan mobil besar, sedangkan penumpang mobil kecil tercatat 64 korban jiwa per sejuta kecelakaan. Statistik tersebut membuktikan bahwa mobil besar lebih aman.
 

2. Faktor Momentum

 

Mobil besar punya momentum yang lebih besar, artinya saat melaju, daya dorongnya lebih besar dari mobil kecil. Sehingga dalam kasus terjadi tabrakan frontal, mobil besar akan punya daya serang yang lebih besar sehingga akan menderita lebih sedikit kerusakan.

 

Mobil besar akan memerlukan waktu lebih lama untuk mengurangi kecepatan, sedangkan mobil kecil lebih cepat berhenti, sehingga saat benturan terjadi, mobil besar masih punya momentum, sedangkan mobil kecil sudah sangat kecil momentumnya. Sehingga mobil kecil akan lebih besar kerusakannya.
 

Lebih Aman SUV atau Mobil Biasa?

 

Jika pertanyaannya apakah lebih aman SUV dibanding mobil biasa seperti MPV, Sedan dan hatchback? Maka tentu jawabannya adalah bahwa SUV menempati kategori paling aman. Namun tentu SUV yang sebenarnya, bukan mobil yang cuma dihiasi ala-ala SUV.
 

SUV yang lebih aman tentunya adalah SUV yang lebih besar, karena jenis mobil ini lebih tinggi dan kaki-kakinya didesain lebih kokoh. Selain itu SUV memang didesain untuk mampu menempuh berbagai jenis medan jalan, sehingga dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang lebih banyak.
 

Maka jenis mobil yang paling aman adalah SUV Besar, karena jenis mobil ini dibuat dengan fitur-fitu keselamatan yang lebih baik dan memiliki faktor alamiah dari ukurannya.
 

Baca juga:

 

Konsekuensi Mobil Besar?

 

Mobil lebih besar memang lebih aman, namun konsekuensi ukuran tersebut tentu ada. Antara lain harga yang lebih mahal, biaya perawatan yang lebih besar, konsumsi bahan bakar yang tidak seefisien mobil kecil, pajak yang lebih besar, dan kelincahan di jalan yang terbatas.
 

Jadi untuk memiliki mobil yang lebih aman tersebut, ada harga yang harus dibayar dan jumlahnya tidak sedikit untuk semua faktor biaya.
 

Kesimpulan

 

Memang sekarang mobil kecil pun sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang makin canggih, namun faktor ukuran dalam hal keselamatan tetap berperan besar.
 

Sehingga jika tidak ada faktor penghalang seperti biaya yang terbatas atau kegunaan mobil untuk melintasi jalan perkotaan saja, maka mobil besar, khususnya SUV besar akan lebih bijak dipilih untuk pertimbangan keselamatan yang lebih baik.
 

Apalagi jika kendaraan sobat sering digunakan untuk perjalanan jauh dengan medan jalan yang tidak menentu, maka SUV besar adalah pilihan lebih tepat.
 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar