Pengertian dan Fungsi Tweeter pada Audio Mobil, Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengertian Tweeter pada Audio System Mobil

CaruserMagz.com – Apa arti tweeter pada sistem audio mobil? Apa fungsi tweeter dan apa bedanya dari speaker biasa? Itu mungkin pertanyaan yang sering muncul bagi para pemula yang ingin mengetahui sistem audio mobil.

Tweeter juga sering dipromosikan sebagai poin plus bagi spesifikasi mobil, khususnya fitur hiburan dimana keberadaannya disebut akan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan audio mobil.

Apa Pengertian dan Fungsi Tweeter pada Mobil?

Tweeter adalah bagian dari sistem speaker atau audio pada mobil, yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas suara dari audio mobil.

Tweeter juga dikenal dengan istilah speaker treble, karena perangkat ini bertanggung jawab atas suara treble dalam sistem audio. Trebel adalah nada dengan frekuensi tinggi, berkisar antara 2.000 Hz hingga 20.000 Hz.

Kebalikan dari fungsi tweeter adalah sub-woofer yang menghasilkan suara bass atau frekuensi rendah. Mobil dengan sistem audio canggih memiliki kedua komponen tersebut.

Jenis speaker ini biasanya berukuran kecil dengan magnet, kumparan tembaga, dan kubah speaker. Bisa nampak seperti speaker biasa yang berukuran kecil, namun banyak juga yang terlihat mencolok pada pillar-A atau bagian atas dashboard mobil.

Fungsi Tweeter

Fungsi tweeter adalah untuk mendapatkan suara yang bagus di kabin mobil. Perangkat ini secara dramatis meningkatkan kinerja sistem speaker 2 arah dan 3 arah, serta memberi efek tambahan ke output suara.

Sebagian besar sistem suara yang dipasang di pabrik adalah 2-arah, yaitu memiliki tweeter dan woofer. Namun, speaker 3 arah menghasilkan suara yang lebih baik karena terdapat speaker midrange untuk mengimbangi frekuensi tinggi dan rendah dari tweeter dan woofer.

Banyak merek mobil menggunakan tweeter diafragma plastik generik yang memiliki kapasitor kecil. Tweeter ini, dengan kapasitasnya yang terbatas, tidak mampu menghasilkan suara yang bagus.

Untuk kualitas suara yang lebih bagus, banyak merek mewah menggunakan sistem audio berkualitas tinggi dari pemimpin industri, seperti Burmester, Harman/Kardon, Bose dan JBL.

Audio Mobil Terbaik Dunia
Audio Mobil Terbaik Dunia

Namun perlu diingat bahwa tweeter bukanlah bagian utama dari sistem audio. ia hanyalah bagian yang membantu menghasilkan suara yang lebih baik, speaker utama tetap berperan lebih banyak untuk membuat stereo mobil terdengar bagus.

Baca: 5 Merek Audio Terbaik di Dunia yang digunakan Mobil-mobil Mewah

Cara Kerja Tweeter

Tweeter menerima sinyal yang diperkuat melalui kabel positif dan negatifnya. Setelah itu, kumparan suara menciptakan medan magnet, yang menyebabkan kumparan dan kubah bergerak maju dan mundur dengan cukup cepat. Gerakan ini menghasilkan suara bernada tinggi.

Speaker tweeter mobil bekerja sebagai kebalikan dari sub-woofer yang menghasilkan suara bass atau frekuensi rendah. Sebagai bagian dari sistem speaker, tweeter berkolaborasi dengan speaker dan woofer untuk menghasilkan output audio berkualitas.

Posisi Tweeter di Mobil

Posisi dan desain tweeter biasanya dibuat mengarah ke pendengar di dalam mobil. Hal itu untuk membuat kualitas suara lebih sempurna di telinga pendengar dalam kabin mobil.

Sebagian besar sistem audio mobil yang dipasang oleh pabrik memiliki tweeter di tiga lokasi umum: dasbor, pillar-A, Pillar-B atau di sisi atas pintu kanan.

Contoh Posisi Tweeter pada Pillar-A mobil
Contoh Posisi Tweeter pada Pillar-A mobil

Pada umumnya tweeter diletakkan di posisi atas, yaitu sejajar dengan kepala penumpang mobil untuk teknik suara terarah. Sedangkan sub-woofer diletakkan di bagian belakang atau bagasi, dan speaker mid-range di pintu.

Namun faktanya hanya mobil-mobil mewah yang menganut sistem peletakan speaker yang ideal, sedangkan kebanyakan mobil rakyat tidak didesain untuk kualitas suara terbaik, sehingga peletakan tweeter tidak tepat.

Kesimpulan

Apa fungsi tweeter pada sistem audio mobil? Sepenting apakah keberadaan tweeter di mobil? Jika Anda adalah orang yang sangat mempedulikan kualitas suara dan suka mendengarkan musik di dalam mobil, maka tweeter ibarat garam pada masakan.

Namun jika Anda tidak begitu mempedulikan musik atau hanya meggunakan speaker di mobil untuk sekedar mendengar berita dari radio, atau untuk fungsi loud-speaker saat menelpon, maka tweeter bukanlah hal yang wajib.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar