Jenis Mobil Paling Cocok untuk Kondisi Jalan di Indonesia

CaruserMagz.com – Saat akan membeli mobil dan belum menentukan akan dipilih, tentu banyak pertanyaan yang harus dijawab guna memutuskan mobil mana yang akan dibeli. Salah satunya adalah, sebenarnya jenis mobil apa yang paling cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia?

 
Sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi jalanan di Indonesia bersifat tidak menentu, sangat sulit menemukan jalan yang mulus dalam jarak yang sangat panjang. Bahkan jalan tol pun yang harusnya mulus dan bebas hambatan, ada banyak kita temui yang berlubang, bergelombang dan tidak layak dilewati dengan kecepatan tinggi.

 
Apalagi jika kita tinggal di pelosok, hampir bisa dikatakan kita tidak akan bebas dari kondisi jalan yang berbahaya, semisal lubang-lubang yang dalam, aspal yang ambrol, jalanan yang becek, dan lain sebagainya.

 
Bagi kita yang menggunakan mobil tidak untuk berkendara di dalam kota saja, namun sekali-sekali harus keluar kota semisal mudik atau menempuh perjalanan ke pelosok untuk pekerjaan, tentu memerlukan mobil yang paling mampu menempuh semua kondisi jalan yang ada.

 
Lalu jenis mobil apa yang paling cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia yang tidak menentu tersebut? Maka jawabannya tentu adalah jenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau Crossover. Mengapa demikian? Berikut jawabannya.

 

1. SUV dirancang untuk Jalanan Beragam

Semua aspek dalam perancangan mobil SUV atau Crossover ditujukan agar mobil tersebut mampu melewati berbagai kondisi jalan. Baik jalanan mulus maupun keriting, bergelombang bahkan off-road. Artinya SUV punya durabilitas yang lebih baik untuk menghadapi kondisi jalanan yang tidak menentu.

 

2. Tenaga Memadai

Mobil SUV pada umumnya dibekali tenaga yang memadai untuk melahap semua kondisi jalan, semisal jalanan menanjak, bergelombang atau jalanan licin sekalipun. Sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bahwa mobilnya akan loyo atau kehabisan torsi.

 

3. Nyaman di Berbagai kondisi Jalan

SUV atau Crossover sekarang banyak dirancang sebagai mobil keluarga, sehingga faktor kenyamanan berkendara sangat diperhatikan oleh pabrikan. SUV tetap nyaman bagi penumpang di jalanan mulus layaknya MPV, dan juga bisa memberi rasa aman dan nyaman saat harus melewati jalanan yang tidak rata.

 

4. Kaki-kaki Kokoh

Hal yang terpenting adalah kaki-kaki SUV dirancang lebih kokoh dibanding jenis mobil lain seperti MPV, hatchback atau sedan. Sehingga punya durability yang lebih baik. Bisa kita bayangkan jika low MPV sering melewati jalanan rusak dan berlubang, selain tidak nyaman bagi penumpang juga menyebabkan kaki-kakinya jadi cepat bermasalah.

Sedangkan SUV memang dirancang dengan komponen kaki-kaki seperti suspensi, lower arm, pegas dan lain sebagainya dengan ukuran lebih besar, sehingga punya kemampuan lebih baik dalam menahan getaran oleh kondisi jalan yang tidak menentu.

 

5. Ground Clearance Tinggi

Ground Clearance atau jarak antara bagian terendah mobil dari jalan pada SUV dibuat lebih tinggi. Hal itu di dapat dari suspensi, ukuran velg dan ban yang biasanya lebih besar dari MPV. Dengan GC yang lebih tinggi tersebut, SUV punya kemampuan melewati jalanan berlubang atau bergelombang cukup dalam dan jalanan yang terendam banjir.

 

6. Kestabilan Baik

SUV pada umumnya dibuat dengan ukuran lebih besar dari jenis mobil lain sehingga bobotnya relatif lebih besar. Hal itu membuat SUV lebih stabil dan memberi kepercayaan diri lebih tinggi pada pengemudi dalam berkendara. Apalagi ditambah fitur Stability Control yang biasanya ada pada SUV atau Crossover. Selain itu, ukuran ban yang lebih lebar pada SUV juga berperan menambah kestabilannya.

 

7. Fitur Keselamatan Lebih Baik

Dalam hal fitur keselamatan, SUV pada umumnya dibekali fitur lebih banyak, seperti Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, rangka atau sasis yang lebih kokoh dan lain sebagainya. Karena mobil SUV dirancang untuk mampu melahap segala kondisi jalan.

 
Baca juga:
Memahami Perbedaan Mobil SUV dan Crossover
10 Mobil Ternyaman untuk jadi Kendaraan Keluarga

 
Itulah beberapa kelebihan mobil SUV yang menyebabkannya menjadi jenis mobil paling cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia yang beragam dan tidak menentu. Mungkin mobil sedan atau beberapa MPV lebih nyaman dari SUV, namun kondisi jalanan di Indonesia yang akrab dengan lubang dan kerusakan membuat kita memerlukan mobil yang lebih handal dan punya durability terbaik.

 
Jenis mobil sedan atau sportcar lebih banyak diminati di Eropa dan Amerika, karena memang disana kondisi jalan cenderung lebih baik dan mulus, sehingga masyarakatnya bisa mengendarai mobil dengan ground clearance sangat rendah sekalipun, dan tetap merasa aman dari kemungkinan kerusakan bagian bawah mobilnya.

 
Kekurangan dari SUV yang mungkin tidak disukai adalah harganya yang relatif lebih mahal, harga komponen spare part yang juga relatif lebih mahal dan komsumsi bbm yang tidak akan sehemat jenis mobil lain seperti sedan, hatchback atau small MPV.

 
Selain 7 kelebihan tersebut, SUV tentu punya tampilan yang gagah dan stylist bagi mereka yang menyukai kendaraan yang sedap dipandang. Sehingga menurut kami, SUV adalah jenis mobil paling sempurna dalam hal durabilitas, keselamatan, kenyamanan dan juga tampilan. (YAB)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Tulis Komentar