Honda Jazz Facelift - Honda Tanggapi Yaris Facelift 2020

Honda Jazz dan Toyota Yaris Dikabarkan Diskontinyu di Indonesia, Tergerus Segmen SUV?

Berita HATCHBACK Honda Toyota

CaruserMagz.comJazz dan Yaris Dikabarkan Diskontinyu – Rumor mengenai rencana pabrikan mobil mainstream di Indonesia di masa depan mulai dihembuskan oleh media otomotif. Rumor tersebut adalah mengenai segmen medium hatcback yang sejak lama dikuasai Toyota Yaris dan Honda Jazz. Kedua hatcback segmen-B tersebut dikabarkan akan disuntik mati alias diskontinyu di Indonesia, bahkan untuk Honda Jazz, disebut akan diskontinyu di Asia Tenggara.

Mengutip dari Otodriver.com, Honda Jazz akan digantikan oleh Honda City Hatchback sedangkan Toyota Yaris di Indonesia akan berganti segmen ke SUV dengan hadirnya Yaris Cross. Hatchback segmen-B dari Jepang lainnya sebenarnya ada yang telah lebih dulu diskontinyu, yaitu Suzuki Swift. Namun Swift diganti oleh Baleno Hatchback.

Mengenai Jazz, rumornya mobil ini hanya akan dijual di pasar Jepang sebagai Honda Fit. Sedangkan di Asia Tenggara termasuk Indonesia, posisi Jazz akan digantikan oleh City Hatchback. Jika melihat penampakan City Hatchback yang telah beredar, peralihan Jazz ini analogis dengan Swift ke Baleno, dimana penggantinya terlihat sedikit bernuansa Crossover, walau masih berwujud hatchback. Artinya sudah ada dosis SUV-isasi walau sangat sedikit.

Honda City Hatchback - Pengganti Jazz di Indonesia
Honda City Hatchback – Pengganti Jazz di Indonesia

Sedangkan Toyota Yaris, Otodriver mengklaim mendapat informasi dari Narasumber yang meminta dirahasiakan namanya. Informan tersebut mengungkap jadwal waktu dalam rencana sang pabrikan mainstream. Berbeda dari Jazz yang akan digantikan oleh hatchback lainnya, maka Toyota Yaris disebut akan terkena SUV-isasi total.

Yaris akan dihapus dari daftar mobil rakitan Indonesia pada 2023 mendatang. Ini bersamaan dengan dihentikannya produksi Vios dan Sienta,” kata narasumber seperti dikutip Otodriver.com.

Narasumber tersebut mengatakan bahwa sebelum benar-benar disuntik mati, Yaris versi crossover akan dihadirkan pada tahun 2022, dengan diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). “Model ini akan dikembangkan oleh PT Astra Daihatsu Motor,” ungkap sang Narasumber.

Wajah Baru Toyota Yaris 2020 Facelift -Yaris Pak Raden
Wajah Baru Toyota Yaris 2020 Facelift

Jadi pada tahun 2022, Toyota kemungkinan akan menyediakan Yaris dalam dua versi, yaitu Hatchback dan Compact SUV. Sebagaimana Toyota Corolla saat ini. Kemudian pada tahun 2023, Yaris versi hatchback akan benar-benar dihentikan. Apakah rencana yang sama akan terjadi pada Toyota Corolla Sedan? Bisa jadi juga demikian.

Badai SUV-isasi mulai menghantam segmen hatchback, setelah sebelumnya membuat segmen sedan babak-belur. Penjualan mobil sedan makin menghilang seiring makin berjayanya segmen compact SUV yang di Indonesia dirajai oleh Honda HR-V. Kemudian berlanjut pada segmen hatchback yang penjualannya kini semakin tergerus.

Tren Otomotif - SUV Mainstream Indonesia
Tren Otomotif – SUV Mainstream Indonesia

Rumor mengenai Honda Jazz dan Toyota Yaris dikabarkan diskontinyu ini senada dengan beralihnya minat konsumen ke model SUV, karena daya jelajah SUV yang lebih baik untuk melewati banyak jenis medan jalan, sedangkan sedan dan hatchback lebih terbatas karena ground clearance yang rendah. Sedangkan untuk kenyamanan. model-model SUV saat ini tidak kalah dari sedan.

Animo masyarakat yang tinggi pada mobil SUV telah mendapat respon cepat dari banyak pabrikan otomotif. Misalnya Kia yang telah menghadirkan 2 kompak SUV berupa Seltos dan Sonet, Mazda yang juga punya banyak model SUV seperti dari CX-3, CX-30, CX-5, hadirnya Toyota C-HR dan Corolla Cross, Nissan Kicks, Hyundai Kona, Mitsubishi Eclipse dan lain sebagainya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar