Toyota Corolla Cross - Eksterior Red

Toyota Corolla Cross Indonesia Diluncurkan, Harga Mulai Rp 457 Juta

Berita SUV Toyota

CaruserMagz.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Cross Indonesia pada Kamis, 6 Agustus 2020 secara virtual di Jakarta. Untuk pasar Indonesia, harga Corolla Cross ini dibanderol mulai Rp 457 jutaan untuk varian bermesin konvensional dan Rp 497 jutaan untuk varian tertinggi yang bermesin hybrid.

Dengan demikian, Toyota Corolla Cross menjadi mobil hybrid termurah di Indonesia untuk saat ini, di saat ia diluncurkan. Di luar dugaan ternyata Corolla versi crossover ini ternyata berharga lebih murah dari C-HR yang berdimensi lebih kompak, baik versi standar maupun hybrid-nya.

Dari konfigurasi kapasitas penumpang dan harganya, Corolla Cross akan bersaing dengan Hyundai Tucson XG CRDI, Honda CR-V 2.0, dan Honda HR-V 1.8 Prestige. Kami kira semua itu bukan lawan yang berat bagi Corolla Cross, mengingat segmennya yang cukup berbeda, nama besar Corolla, lencana triple elips dan keunggulan dapurpacu hybrid yang dimilikinya.

Toyota Corolla Cross Indonesia 2020
Toyota Corolla Cross Indonesia 2020

Menurut Susumu Matsuda selaku Presiden Direktur PT TAM, Corolla Cross adalah wujud dari semangat Let’s Go Beyond yang akan terus mewujudkan mobil-mobil yang makin bagus seiring waktu. Inovasi yang terus meningkatkan kualitas mobil dalam hal desain, teknologi canggih, dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond,” ujar Matsuda-san.

Mengusung konsep ‘Simple and Stylish with Urban Sleek Look’, All New Corolla Cross hadir dengan style yang elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan, dilengkapi teknologi canggih dengan keunggulan SUV Toyota yang tangguh, dan nilai fungsionalitas tinggi,” papar President Director PT TAM tersebut.

Indonesia menjadi negara ketiga dimana Corolla Cross diluncurkan, setelah sebelumnya debut global di Thailand pada 9 Juli 2020 lalu, kemudian menyusul diluncurkan di Vietnam pada 4 Agustus 2020.

Secara tampilan eksterior dan interior, tidak ada beda antara Corolla Cross Thailand dan Indonesia, yaitu model yang menganut desain TNGA dengan platform dan bahasa desain yang benar-benar berbeda dari model berbasis desain sebelumnya. Model eksteriornya mengingatkan kita pada bentuk Toyota RAV4, namun lekukan Corolla Cross terlihat lebih soft.

Bahasa desain TNGA juga terlihat di bagian interior, dimana bagian-bagiannya lebih modern dan kualitas bahan yang ditingkatkan secara signifikan. Mungkin orang-orang yang sebelumnya tidak menyukai kualitas bahan interior mobil-mobil Toyota, bisa berpikir ulang tentang pendapatnya mengenai mobil-mobil Toyota.

Interior Toyota Corolla Cross - Dashboard
Interior Toyota Corolla Cross – Dashboard

Kami kira mobil Toyota dengan TNGA-nya sudah bisa disejajarkan secara kualitas pembuatan dengan mobil-mobil yang sudah terkenal dengan bahan berkualitas bagus semisal Hyundai, VolksWagen atau Nissan. Label pelit mungkin sudah mulai bisa dicopot dari merek mainstream Jepang ini.

Fitur-fitur yang disematkan juga sudah cukup advance, seperti AC Digital dengan auto climate, head unit layar sentuh berukuran 9-inci yang mengusung fungsi pengecekan saldo E-Money, itu sangat berguna bagi pengendara agar tidak nyangkut dipintu toll karena lupa mengecek saldo e-money. Juga sudah ada panoramic sun roof, Power Back Door dengan Foot Sensor, Hill Start Assist, Stability Control, 7-Airbags, dan Emergency Brake Signal.

Baca juga:
Toyota Corolla Cross Hasil Wabah SUV-isasi
Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Dimensi dan Fitur

Varian yang disediakan berdasarkan perbedaan teknologi mesin, yakni varian standar bermesin 1.800cc 4-silinder berkode 2ZR-FBE dengan tenaga 140 ps dan torsi 175 Nm yang dikawinkan dengan transmisi CVT.

Varian yang lebih tinggi berteknologi hybrid, dengan mesin bakar 1.800cc bertenaga 98 ps dan torsi 142 Nm, yang berkolaborasi dengan motor listrik 72 ps dan torsi 163 Nm. Powertrain hybrid tersebut dihubungkan ke roda penggerak dengan transmisi e-CVT.

Untuk kelir warna, Toyota menyediakan 7 pilihan warna yang beberapa diantaranya cukup nyentrik, antara lain Attitute Black Metallic (Hitam), Grey Metallic (Abu-abu), Graphite Metallic (Coklat), Metal Stream Metallic (Silver), Nebula Blue Metallic (Biru), Platinum White Pearl (Putih), dan Red Mica Metallic (Merah).

Yang jadi pertanyaan, mengapa mobil Hybrid yang berdimensi lebih besar dari C-HR ini bisa berharaga lebih murah? Padahal sama-sama menggunakan teknologi TNGA. Jawabannya ada pada fitur, karena ternyata ada paket fitur pintar ‘Toyota Safety Sense‘ yang disunat pada Corolla Cross Indonesia. Dimana fitur tersebut ada pada versi Thailand. Paket fitur keselamatan cerdas tersebut terdiri dari Pre Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar