Nissan Kicks e-Power Diluncurkan

Resmi Diluncurkan, Nissan Kicks e-Power Langsung Geser Toyota Corolla Cross

Berita Nissan SUV

CaruserMagz.com – Nissan Kicks e-Power akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia setelah cukup lama desas-desus mengenai pengganti Nissan Juke yang diskontinyu. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelar seremoni peluncuran Compact SUV tersebut secara virtual di Channel YouTube resminya pada Rabu, 2 September 2020.

Crossover hybrid ini debut global di Thailand pada bulan Mei 2020. Di Indonesia, Kicks e-Power didapuk sebagai pengganti Juke sekaligus sebagai perwujudan upaya Nissan Indonesia untuk mendukung program Pemerintah dengan menghadirkan mobil-mobil yang lebih ramah lingkungan, yaitu mobil berteknologi elektrifikasi.

Nissan Kicks Hybrid ditawarkan dengan harga Rp 449 Juta On-the-Road DKI Jakarta. Dengan demikian, Kicks e-Power langsung menggeser posisi Toyota Corolla Cross yang juga belum lama diluncurkan, sebagai mobil hybrid termurah di Indonesia. Corolla Cross berbanderol Rp 457 – 497 Juta, yang artinya lebih mahal Rp 8 hingga 48 Juta dibanding Nissan Kicks.

Ini adalah berita bagus bagi konsumen Indonesia, harapan baik bahwa mobil berteknologi listrik akan makin marak. Pabrikan di Indonesia mulai berlomba menghadirkan mobil hybrid yang lebih terjangkau untuk kalangan konsumen menengah. Paling tidak mobil hyibrid lebih ramah lingkungan dan sangat bersahabat dengan dompet, karena keiritan bahan bakarnya jauh di atas mobil dengan mesin bakar murni.

Sebelumnya telah marak kabar bahka PT NMI akan menghadirkan Nissan Leaf, namun ternyata Kicks e-Power lebih dulu diluncurkan. Petinggi NMI telah mengkonfirmasi bahwa Nissan Leaf juga akan diluncurkan dalam waktu yang tidak begitu lama. Sedangkan Hyundai telah lebih dulu menghadirkan Ioniq. Leaf dan Ioniq adalah mobil berteknologi full electric (EV), tanpa mesin bakar sama sekali.

Nissan Kicks e-Power menghadirkan sensasi mengendarai mobil listrik sepenuhnya, walaupun SUV kompak ini dibekali mesin bakar 1.200 cc 3-silinder. Hal itu karena teknologi e-Power milik Nissan berbeda dari mobil hybrid pada umumnya, dimana roda penggerak hanya digerakkan oleh motor listrik. Sedangkan mesin bakarnya hanya berfungsi seperti genset yang mengisi daya pada baterai lithium.

Sedangkan mesin bakar dan motor listrik pada mobil hybrid pada umumnya seperti Corolla Cross dan C-HR bisa menggerakkan roda penggerak, baik secara bergantian maupun serentak sesuai kebutuhan melalui pengaturan komputerisasi. Nissan mengklaim teknologi e-Power miliknya lebih efisien dari hybrid lainnya.

Jadi, teknologi e-power pada Nissan Kicks ini sangat cocok untuk Indonesia yang belum ada fasilitas umum charger untuk mobil listrik sepenuhnya. Sehingga konsumen Indonesia bisa merasakan sensasi mengendarai mobil listrik EV, tapi tetap menggunakan sumber energi bahan bakar minyak yang infrastrukturnya tersedia luas, sehingga tidak perlu ketergantungan dengan fasilitas charger.

Secara tampilan, Compact SUV ini bisa disebut sebagai “Baby X-Trail“, karena tampilannya sangat dekat dengan Medium SUV andalan Nissan tersebut. Hanya saja Kicks tampil lebih bold dengan grill masif dan motif V-Motion beraksen hitam glossy yang tebal. Head lamp sudah full LED termasuk lampu kabut juga LED. Jika dibandingkan Nissan Juke atau Toyota C-HR, desain Kicks e-Power ini masih terkesan bermain aman.

Namun demikian, tampilan eksteriornya tampak gagah dengan warna dual-tone atap hitam, proporsi velg 17-inci bermotif sporty, profil ban tipis 205/55-R17, serta aksesoris khas SUV seperti over-fender, under guard dan roof-rail. Crossover ini berdimensi Panjang x Lebar x Tinggi = 4.305 x 1.760 x 1.615 mm, dengan wheelbase 2.620 mm dan ground clearance 175 mm.

Di dalam kabin, mengingatkan kita pada desain interior Nissan March generasi ke-5. Hanya saja pada Kicks e-Power Indonesia, interiornya full hitam, sedangkan Nissan March dan Kicks di luar negeri, ada yang disediakan dengan kombinasi warna dual tone Orange-Hitam. Pencahayaan dan kombinasi warna cluster-meter diberi warna dominan biru untuk mempertegas identitas mobil listrik.

Mesin bakarnya adalah mesin 1.198 cc 3-silinder untuk mengisi daya baterai Lithium Ion yang akan menggerakan motor listrik untuk menyalurkan tenaga maksimum hingga 129 ps pada 4.000 – 8.992 rpm ke roda depan, dan torsi maksimum hingga 260 rpm pada 500 – 3008 rpm. Itu adalah angka torsi yang besar, mengingat Honda CR-V Turbo yang bertubuh gambot memiliki torsi 240 Nm saja. Wajar saja, karena tenaga tersebut berasal dari motor listrik yang mampu memuntahkan torsi instan mulai dari 500 rpm saja.

Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk kompak SUV di Indonesia, seperti telah ada intelligent cruise control yang berkombinasi dengan intelliegent emergency braking serta intelligent forward collision warning. Fitur andalan barunya adalah one-pedal operation, yaitu fungsi menambah kecepatan dan rem oleh satu pedal saja. Selain itu fitur-fitur keselamatan dan kestabilan yang serba elektronik juga telah disematkan.

Nissan Kicks e-Power sudah bisa mulai dipesan konsumen dengan perkiraan pengiriman unit pertama di bulan Oktober mendatang. Banderol Rp 449 Juta sudah termasuk Nissan Care Package gratis hingga 50.000 km atau 4 tahun, mana yang tercapai lebih dulu.

Paket servis tersebut terdiri dari suku cadang rutin dan biaya servis berkala. Selain itu, mobil listrik ini sudah otomatis dijamin garansi standar 3 tahun atau 100.000 km, juga garansi baterai lithium-ion dan sistem kelistrikan hingga 5 tahun atau 100.000 km.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar