Toyota Punya Heykers, Honda Bikin Jazz X-Road!

CaruserMagz.com – Sepertinya sedang musim meng-SUV-kan hatchback bagi pabrikan mobil di dunia. Belum lama kita disuguhi Toyota  Yaris Heykers yang menurut kami seperti SUV banci atau bisa juga disebut hatchback tomboy. Kita kembali harus menyaksikan wabah ini menjangkiti merek Jepang, dengan diluncurkannya Honda Jazz X-Road pada Geneva International Motor Show 2018.

 
Bukan hanya itu, pabrikan Korea juga mulai terkena wabah ini. Di ajang yang sama KIA meluncurkan KIA Rio GT-Line. Namun bedanya KIA membuat Rio lebih cakep dan tidak tampak lebay, sedangkan Jazz X-Road ini jadi 11-12 dengan dengan Yaris Heykers.

 
Sepertinya Honda tidak puas dengan menghadirkan Honda WR-V saja sebagai versi Cross dari Honda Jazz. Entah mengapa Honda Eropa tidak memboyong saja sang WR-V dari Amerika. Namun mungkin Honda punya pertimbangan sendiri mengenai kecenderungan konsumen mobil di Eropa.

 

Honda Jazz X-Road - Back Side
Honda Jazz X-Road – Back Side

Tambahan-tambahan aksesoris Honda Jazz X-Road ini tidak jauh berbeda dari Yaris Heykers. Antara lain, over fender hitam yang tebal, bersambung dengan side skirt yang juga hitam di bagian bawah pintu dan side body molding yang tebal menghiasi pintu samping.

 
Hal yang terlihat bagus adalah velg-nya yang terlihat berani dengan desain spoke dual tone, mirip dengan velg Mazda2, KIA Picanto dan Suzuki Swift Sport.

 
Meskipun sudah mendapat embel-embel X-Road yang seolah-olah akan garang dalam hal tenaga, ternyata tidak ada perubahan dalam hal mesin. Jazz versi Eropa ini hanya menggendong mesin 1300cc dengan tenaga maksimum 103 hp saja.

 
Sepertinya ini trik yang sedang digandrungi pabrikan mobil. Yang penting ada sesuatu yang baru, walau hanya aksesoris belaka. Mungkin hal itu menjadi tren bukan tanpa alasan, bisa jadi hal tersebut merupakan hasil research sosiologi pasar di Eropa.

 
Setidaknya ada pembeda yang berarti secara visual dari semua sisi, yang menjadi identitas bahwa mobil ini adalah model baru. Sehingga memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bagi kami, hal yang bisa kami sukai adalah pada desain spoke velg-nya, itu terlihat sporty dan berani.

 
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *