Beda Kelas, Ini Kelebihan Mazda CX-30 dari CX-3

CaruserMagz.com – Segmen SUV makin dijejali produk dari berbagai brand, hingga banyak segmen SUV baru yang kini hadir di antara segmen yang sudah ada. Salah satunya Mazda Indonesia yang baru saja menghadirkan Mazda CX-30, mengisi segmen compact SUV Premium 1 level di atas Mazda CX-3 yang selama ini telah dipasarkan di Indonesia.

 
Berada pada segmen yang berdekatan cukup rapat, dari segi akomodasi penumpang kedua SUV mungil Mazda tersebut tidak berbeda, sehingga segmen pasarnya berbeda dari karakter konsumennya. Dimana Mazda CX-30 sudah berada pada level harga 500 jutaan.

 
Lalu apa saja kelebihan Mazda CX-30 dibanding CX-3, yang ditawarkan sebagai kompensasi dari harga CX-30 yang lebih mahal tersebut? Apa saja perbedaan Mazda CX-30 dari Mazda CX-3? Berikut detilnya!

 

Generasi Desain

Desain Kodo yang disematkan pada Mazda CX-30 adalah generasi ke-7, sedangkan CX-3 masih menganut Kodo Design generasi sebelumnya. Perbedaan mencolok pada bagian head lamp yang lebih sipit pada CX-30, aksen krom yang memanjang hingga ke bagian bawah lampu.

 

Dimensi

Mazda CX-30 berukuran lebih besar dari CX-3. Dimensi Mazda CX-30 adalah 4.395 mm x 1.795 mm x 1.540 mm untuk panjang x lebar x tinggi dan wheelbase 2.655 mm. Sedangkan Mazda CX-3 4.275 mm x 1.765 mm x 1.535 mm dan wheelbase 2.570 mm.

Artinya Mazda CX-30 lebih panjang 120 mm, lebih lebar 30 mm dan lebih tinggi 5 mm. Namun jarak antar sumbu roda CX-30 lebih pendek 5 mm.

 

Fitur Mazda ActiveSense

Fitur keselamatan Mazda CX-30 lebih banyak dari CX-3 dengan penyematan fitur ActiveSense yang lebih lengkap. Seperti Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist System dan Adaptive Cruise Control dengan radar.

 

Audio dan Head Unit

Mazda CX-30 dibekali 8-Speaker di dalam kabinnya, sedangkan Mazda CX-3 hanya memiliki 6-speaker. Selain itu, floating screen head unit pada CX-30 berukuran 8-inci, sedangkan pada CX-3 7-inci. Sehingga fitur hiburan pada CX-30 terasa lebih mewah dibanding CX-3.

 

Eksterior

Karena berbeda generasi dalam hal Kodo Design, tentu Mazda CX-30 terlihat lebih sedap dipandang sis luarnya. Antara lain body yang terlihat lebih aerodinamis dan lebih gagah dengan cliding hitam tebal di sekujur bagian bawah body-nya, desain lampu-lampu yang lebih sipit terlihat lebih modern. Cita rasa kekinian tentu membuat Mazda CX-30 terlihat lebih menarik.

 

Interior

Di sisi dalam, Mazda CX-30 terlihat lebih driver oriented pada dashboardnya. Dimensi CX-30 yang lebih panjang dan lebih lebar juga membuat kabinnya terasa lebih lapang.

 

Harga

Karena berbeda kelas, tentu harga kedua SUV Mazda ini terpaut cukup jauh, yaitu selisih sekitar Rp 100 Jutaan, Mazda CX-30 lebih mahal. MAzda CX-3 berbanderol Rp 388 – 435 juta sedangkan Mazda CX-30 pada rentang Rp 478,8 – 522,8 juta.

 
Itulah beberapa perbedaan Mazda CX-30 dan CX-3 yang patut sobat ketahui jika berminat membeli salah satu dari SUV premium Jepang tersebut. Dalam hal akomodasi penumpang tentu keduanya sama-sama bermuatan 5-penumpang, namun dalam hal fitur tentu Mazda CX-30 terasa lebih mewah.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar