KIA Seltos Hadir! SUV Mungil Gagah nan Canggih Ramaikan Line up SUV Korea

CaruserMagz.com – KIA kembali meluncurkan mobil baru bergenre SUV, yaitu small SUV bernama KIA Seltos yang berdesain agak tradisional namun dijejali ornamen modern dan fitur canggih. Meskipun diluncurkan di India yang terkenal sebagai market mobil murah, namun KIA Seltos bukanlah untuk kalangan konsumen mobil murah. Seltos adalah mobil anak muda tajir yang ingin tampil gagah dan kekinian.

 
Entah akan berapa banyak lagi pabrikan Korea ini menjejali segmen SUV dengan produknya, belum lagi Hyundai yang merupakan induk korporasi KIA yang memiliki produk menggunakan platform sama dengan setiap SUV Kia.

 
Dari yang terkecil hingga yang terbesar kini telah ada line-up SUV Kia, dan terus ditambah mobil baru diantara segmen yang telah ada. Sebut saja ada Kia Niro, Stonic, Sportage, Sorento hingga yang terbesar ada Telluride.

 
Semua line-up tersebut punya pasangan kembar tak seiras di brand Hyundai, seperti Kona, Tucson, Santa Fe dan Palisade. Nah, Kia Seltos ini mungkin adalah kembar tak seiras untuk Hyundai Venue yang juga belum lama diluncurkan di India.

 

KIA Seltos Front and Rear Side Looks
KIA Seltos Front and Rear Side Looks

KIA Seltos disebut akan menjadi model global dan untuk saat ini merupakan SUV terkecil pabrikan Korea Selatan tersebut. Mungkin ini tidak akan menjadi model SUV terkecil Kia selamanya, karena Hyundai sudah punya yang lebih kecil, yaitu Hyundai Kreta yang bisa saja dibuat versi Kia-nya.

 
Mari kita bahas KIA Seltos ini lebih detail. Dari tampilan eksteriornya, sepertinya SUV ini dibuat dengan konsep desain yang sangat berbeda dari Hyundai Venue. Seltos terlihat lebih mengotak dengan garis-garis tegas. Fascia depannya sedikit bernuansa Wuling Almaz dengan grill besar, lampu Utama LED tipis dan ada lampu berada di bawah LED, lampu tersebut seperti adalan sein dan positioning DRL.

KIA Seltos - Penampakan Depan dan Belakang
KIA Seltos – Penampakan Depan dan Belakang

Dari sisi samping, SUV kecil ini terlihat gagah dengan bentuk keseluruhan kaca yang mirip Hyundai Santa Fe Generasi-3. Selain itu, ada over fender hitam yang seperti terintegrasi dengan bumper depan dan belakang yang juga hitam. Di bagian belakang juga tak kalah menarik dengan underguard dan aksen silver pada bagian bumper dan lampu-lampu yang serba LED.

 
Pada kesimpulannya, eksterior SUV mungil ini enak dilihat dari setiap sisi. Benar-benar terlihat gagah, rapi dan modern. Menurut kami, desain ini memenuhi ekspektasi kaum pria pada mobil yang ganteng. Kia sangat mengerti selera kaum muda dan bisa mewujudkannya, karena tidak terikat pakem tertentu seperti brand Eropa.

 
Di bagian interior, Kia juga menawarkan suasana modern yang sesuai dengan selera kaum muda. Antara lain System infotainment berupa floating head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang seolah terintegrasi dengan meter cluster di balik lingkar kemudi dengan MID berukuran besar. Ada nuansa Mercedes Benz pada konfigurasi head unit tersebut.

 

KIA Seltos Interior dashboard
KIA Seltos Interior dashboard

Baca juga:
Begini Kabar Terakhir Rencana Hyundai-Kia Bangun Pabrik di Indonesia
KIA selalu Mendapat Penghargaan Desain Mobil Terbaik Dunia

 
AC sudah digital dan ada juga electrochromatic day and night view mirror. Kia Seltos ini dirancang serba digital di bagian dalam dan serba LED pada lampu-lampu eksteriornya. Mobil ini benar-benar dibuat untuk memenuhi semua ekspektasi kaum muda, hingga diberikan yang terbaik pada setiap bagian yang terlihat oleh mata.

 
Dalam hal fitur keselamatan, Kia Seltos juga dijejali fitur-fitur canggih seperti Vehicle Stability Management, yang mengintegrasikan traction control dan Electronic Stability Control. Selain itu Kia menjejalkan berbagai fitur dengan sensor dan pilihan mode berkendara Sport, Eco serta Normal.

 
Jantung pacu SUV ini ternyata tidak semungil ukurannya, yaitu tiga varian powertrain berupa mesin bensin 1.600cc Turbo dan Naturally Aspirated 2.000cc, serta mesin diesel 1.600cc, yang ketiganya dihubungkan ke roda penggerak melalui transmisi CVT.

 
Mesin turbo menghasilkan tenaga maksimal hingga 177 ps, sedangkan mesin non-turbo 2.0L menghasilkan 136 Ps. Sehingga secara tenaga, mobil ini sudah setara dengan medium SUV berukuran besar seperti Wuling Almaz, Honda CR-V dan Kia Sportage.

 
Kabar baiknya, Kia Seltos adalah model global yang ada kemungkinan masuk Indonesia. Namun kita tak perlu berharap banyak karena pasar Indonesia sepertinya tidak digarap dengan serius oleh Kia, bahkan dealer resmi di berbagai kota besar banyak yang tutup. (YAB)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar