12 Hal Penting Dilakukan setelah Membeli Mobil Bekas, No.7 Mengerikan jika Diabaikan

Setelah membeli mobil bekas
 

11. Registrasi di Bengkel Resmi

 
Sobat perlu mendaftarkan diri sebagai pemilik mobil yang sobat beli di bengkel resmi sesuai merk mobil tersebut. Hal tersebut penting untuk mengetahui informasi terkini tentang mobil yang sobat beli.

 
Misalnya jika ada penarikan kembali (recall) disebabkan adanya cacat produksi dan diperlukan penggantian sparepart karena terkait keselamatan. contohnya seperti penggantian airbag, penggantian komponen kelistrikan yang berisiko menyebabkan kebakaran dan lain-lain.

 
Hal penting yang perlu sobat daftarkan adalah saluran komunikasi seperti nomor telpon, alamat email, identitas lengkap seperti alamat rumah dan lain sebagainya.

 
Pihak bengkel akan mengganti semua data pemilik sebelumnya di database mereka ke data sobat, sehingga mereka bisa dengan mudah menghubungi sobat jika ada hal penting yang harus mereka informasikan, termasuk pengingat untuk service rutin.

 

12. Balik Nama (Title Transfer)

 
Balik nama adalah registrasi ke pihak berwenang, sehingga data pemilik mobil yang sobat beli diganti ke data sobat. Hal ini penting untuk memudahkan urusan-urusan seperti membayar pajak kendaraan. Tahap ini akan membutuhkan biaya yang cukup banyak, namun sebaiknya tidak terlalu lama ditunda.

 
Baca juga:

 
Demikianlah hal-hal penting dilakukan setelah membeli mobil bekas. Beberapa diantaranya bisa ditunda, namun sebaiknya tetap dilakukan dengan perencanaan waktu. Beberapa lainnya perlu segera dilakukan agar tidak menjadi masalah yang bisa saja menguras isi dompet di masa mendatang.

 
Semoga artikel ini bermamfaat bagi sobat pembaca CaruserMagz.com. Jika sobat punya pendapat lain mengenai topik ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

Pages: 1 2 3 4 5

Tulis Komentar