Tips buat mobil seperti baru lagi

#DiRumahSaja karena Covid-19, Lakukan ini Agar Mobil Kesayangan seperti Baru Lagi

Tips
CaruserMagz.com – Merebaknya wabah covid-19 akibat virus Corona asal Wuhan, China membuat pemerintah Indonesia mennghimbau semua rakyat untuk mengkarantina diri sendiri secara mandiri, untuk memperkecil penyebaran virus mematikan tersebut. Berbagai slogan dan tagar bermunculan, semisal #StayatHome, #DiRumahSaja, #WorkFromHome dan lain sebagainya untuk mengkampanyekan anjuran tersebut.

 
Bagi teman-teman yang bisa bekerja dari rumah, atau sudah dirumahkan oleh Perusahaan tempatnya bekerja tentu banyak aktifitas yang bisa dilakukan di rumah. Termasuk membersihkan mobil kesayangan, karena aktifitas di luar rumah semisal membawa mobil ke salon atau tempat pencucian mobil tidak memungkinkan.

 
Berusaha di rumah saja guna membatasi interaksi dengan orang lain seminimal mungkin, membuat mobil pribadi kita lebih banyak berada di garasi saja. Untuk itu, tentu itu adalah saat yang tepat untuk membuat mobil kesayangan kita jadi seperti baru lagi dengan aktifitas Do It Yourself (DIY).

 
Beberapa aktifitas berikut bisa kita lakukan untuk membuat mobil kita sedap dipandangi saat menghuni garasi dalam waktu yang cukup lama.

 

1. Perawatan Eksterior Mobil

1.1. Bersihkan kotoran membandel

Bersihkan noda aspal atau oli yang melekat pada body mobil dan tidak bisa dibersihkan dengan mencuci secara normal. Noda membandel tersebut bisa dibersihkan dengan zat yang melarutkannya seperti terpentin atau oli. Namun sebaiknya menggunakan oli, karena terpentin bisa saja ikut melarutkan cat dan berpotensi membuat cat mobil jadi buram. Setelah semua noda membandel dibersihkan, cuci mobil dengan sabun khusus untuk mobil.

 

1.2. Bersihkan Jamur Kaca

Aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan jamur kaca, dengan cairah khusus pembersih jamur. Sebaiknya aktifitas ini dilakukan sebelum mobil dicuci secara detail. Hal ini akan berguna membuat kaca mobil jadi lebih terang dan terlihat bersih.

Bersihkan jamur kaca dengan bahan khusus, atau bisa dengan cairan bersoda.
Bersihkan jamur kaca dengan bahan khusus, atau bisa dengan cairan bersoda.

 

1.3. Cuci mobil lebih detail

Dengan waktu luang yang banyak tersedia, kita bisa mencuci mobil sendiri secara lebih detail guna membersihkan bagian-bagian yang selama ini jarang dibersihkan. Misalnya bagian spatbor, roda, bagian dalam velg, debu-debu yang melekat di grill depan, bagian kolong yang terjangkau, dan lain sebagainya. Jika bisa, roda dilepas untuk membersihkan bagian kaki-kaki dengan tuntas, kemudian dipasang kembali.

 

1.4. Aplikasi compound untuk hilangkan lecet ringan

Selanjutnya buat body mobil lebih mengkilap dengan compound yang sekaligus akan menutupi lecet-lecet ringan pada body mobil. Bagi teman-teman yang mempunyai peralatan elektris untuk memoles sendiri, akan lebih baik. Tapi jika tidak punya, bisa mengusap permukaan body mobil yang telah diberi compund dengan kain lembut, dengan gerakan memutas. Body mobil sobat akan terlihat kinclong mengkilap.

 

1.5. Mengkilapkan bagian-bagian plastik eksterior

Setelah body dimengkilapkan, bagian eksterior lain yang harus mendapat perlakuan adalah bagian berbahan plastik, seperti over fender, under guard, body molding, side-skirt, karet-karet tepian kaca, plastik di sekitar kaca spion, plastik grill, dan lain sebagainya. Bagian plastik tersebut bisa diberi kit khusus untuk plastik, jika tidak ada bisa menggunakan kit untuk ban. Teman-teman akan lihat bedanya setelah diberi kit akan terlihat lebih hitam dan berkesan baru.

 

1.6. Mengkilapkan Ban

Ban tentu tidak boleh dilewatkan untuk membuatnya tampak baru dan mengkilat. Setelah dicuci dengan sabun dan sikat, keringkan ban. Setelah kering, aplikasikan semir ban di bagian sisi samping. Ban yang mengkilap akan membuat mobil nampak kinclong dan berkesan baru kembali.

Ban yang disemir dengan kit khusus ban terlihat mengkilat
Ban yang disemir dengan kit khusus ban terlihat mengkilat

 

2. Perawatan Interior Mobil

 

2.1. Bersihkan Interior dengan Detail

Bagian interior juga bisa mendapat perhatian lebih detail, seperti plafon, jok kursi, lantai, karpet lantai, dashboard dan debu-debu menahun di bagian lantai dan bagian bawah pintu, kaca bagian dalam, bagian dalam di bawah bagasi dan lain sebagainya. Sebaiknya bersihkan dulu dengan vacum cleaner, kemudian dengan lap basah dan sabun khusus interior pada bagian-bagian yang memungkinkan.

 

2.2. Aplikasi kit bagian plastik interior

Bagian plastik interior baik yang soft-touch maupun plastik keras, akan lebih indah jika diberi kit khusus interior. Setelah dibersihkan dari debu-debu, bagian terlebih akan terlihat indah setelah diberi kit.

 

2.3. Bersihkan plafon dengan detergen dan sikat

Bagi teman-teman yang mobilnya sudah cukup berumur, biasanya bagian plafon yang berbahan kain akan terlihat menguning, berdebu atau bernoda bercak. Untuk membersihkannya bisa menggunakan sikat lembut dan air sabun. Namun proses pembersihannya perlu kesabaran dan disikat searah dengan hati-hati, agar tidak merusak bahan plafon tersebut. Setelah dibersihkan, teman-teman akan merasakan suasana berbeda dengan plafon yang nampak lebih bersih dan cerah dibanding sebelumnya.

 
Baca juga:

 
Itulah aktifitas bagi pecinta mobil untuk membuat Mobil Kesayangan seperti Baru yang bisa dilakukan sendiri di rumah, selagi mengisolasi diri guna menghidarkan diri dari terparar virus Corona yang mematikan. Aktifitas tersebut juga bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga bagi teman-teman yang memiliki anak-anak yang suka bekerjasama.

 
Bagi teman-teman yang punya banyak waktu luang tentu hal tersebut adalah aktifitas menyenangkan, karena hasilnya akan bisa dinikmati berupa mobil kesayangan yang nampak kinclong. Demikian, semoga artikel ini menambah semangat teman-teman pembaca, untuk membuat mobil kesayangannya nampak berkilau kembali seperti baru.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.