Suzuki Karimun WagonR MPV 7-Seater Terdeteksi sedang Tes Jalan

CaruserMagz.com – Beberapa foto spyshot menangkap penampakan Suzuki Karimun WagonR dalam bentuk MPV 7-Seater yang sedang tes jalan pada awal November 2018 di Jalanan Gurugram India, di sekitar pabrik Suzuki Maruti India. Unit road test tersebut berkode Solio G483.

 
Suzuki WagonR versi MPV 7-Seater ini sebenarnya sudah cukup lama diluncurkan di Jepang dengan nama Suzuki Solio. Namun mobil boxy tersebut secara mengejutkan hadir di jalanan India tanpa pengumuman apapun dari pihak pabrikan.

 
Foto spyshot ini menjadi heboh diberitakan media-media India, karena Suzuki Maruti adalah brand mainstream di negeri Boliwood tersebut, ibarat Toyota di Indonesia.

 
Apalagi Suzuki WagonR hatchback adalah mobil berharga murah layaknya LCGC di Indonesia, sehingga mobil ini kemungkinan besar akan digemari konsumen India, dimana segmen MPV 7-Seater murah dikuasai Datsun Go+ Panca.

 
Penampakan unit tes jalan tersebut sangat identik dengan Suzuki Solio terbaru yang ada di Jepang. Jadi belum juga pasti akan dijual dengan nama apa MPV ini di India, bisa jadi sebagai WagorR MPV atau disamakan dengan Jepang tetap bernama Solio.

 

Suzuki Solio - Karimun WagonR MPV 7-Seater
Suzuki Solio – Karimun WagonR MPV 7-Seater

Baca juga: Datsun Go+ Panca Facelift jadi lebih Menarik, Apa saja yang Berubah!

 
Jika merujuk ke Suzuki Solio, MPV berbentuk kotak tersebut sebenarnya identik dengan Datsun Go+ dalam hal kapasitas penumpang, yaitu berkonfigurasi 5+2, yang artinya kursi belakang hanya cocok untuk anak-anak. Namun kelebihannya dari Go+ adalah ruang kaki dan kepala yang lebih lega pada kabin depan dan baris kedua.

 
Jika tidak terlalu berbeda dari Solio yang ada di Jepang, Interiornya juga akan lebih menarik karena bernuansa lebih modern dibanding Datsun. Dalam hal fitur, mobil-mobil Suzuki di India selalu menawarkan lebih banyak walau untuk mobil murah.

 
Suzuki Karimun WagonR MPV terbaru tersebut dibangun degan platform HEARTECT yang diklaim lebih ringan, namun lebih kokoh. Teknologi sasis Suzuki terbaru ini sudah diaplikasikan pada Ertiga, Swift dan lain-lain.

 
Mengenai dapurpacu, jika mengikuti Solio, mobil ini akan bermesin bensin 1.2-liter 4-silinder dengan teknologi mild-hybrid, yang menghasilkan 91 PS dan torsi 118 Nm. Sedangkan WagonR Hatchback yang ada bermesin 1-liter dengan tenaga 67 hp dan torsi 90 Nm saja.

 
Fitur-fitur yang dikabarkan akan hadir juga cukup menarik, sehingga akan menjadi tantangan berat bagi kompetitornya. Antara lain keyless entry, sensor parkir, head unit 2DIN dengan AUX dan USB, Bluetooth dan juga ada opsi sistem infotainment touchscreen. Fitur keselamatan termasuk dual airbags, rem ABS+EBD dan slot ISOFIX.

 
Jika diluncurkan di India, MPV murah berbasis Solio ini akan diposisikan di bawah Ertiga. Satu-satunya kompetitor yang harus khawatir adalah Group Nissan dengan Datsun Go+ Panca yang baru saja mendapat facelift.

 
Jika pertanyaannya akankah Suzuki Indonesia menghadirkan MPV Boxy ini di tanah air, maka sepertinya kecil kemungkinan karena mobil boxy tidak begitu diminati di Indonesia.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar