Audi akan Luncurkan Mobil Otonom Sepenuhnya pada 2021 Berbasis Audi Aicon Concept

CaruserMagz.com – Audi telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan mobil otonom sepenuhnya pada tahun 2021 berbasis mobil Aicon Concept yang diperkenalkan pada Frankfurt Auto Show 2017.

 
Dari mobil konsep Aicon tersebut, dapat diduga mobil ini tidak akan bermesin bakar, melainkan akan berformat mobil listrik. Hal itu terlihat dari absennya grill depan yang umumnya ada pada mobil bermesin bakar.

 
Masih sulit dibayangkan akan sebanyak apa perbedaan antara versi konsep Aicon ini dibanding versi produksinya. Terutama pada desain lampu depan dan belakang yang tidak memberi gambaran teknologi lampu mobil pada masa kini.

 
Namun bentuknya secara keseluruhan tidaklah begitu aneh, karena masih menganut konsep aerodinamis yang logis, layaknya mobil masa kini.  Seperti body-nya yang ramping dengan konstruksi kekar pada fender di atas setiap roda, konsep fastback yang berlanjut pada rear-spoiler yang ciamik.

 

Audi Aicon Concept - Mobil Otonom - Front - Back
Audi Aicon Concept – Mobil Otonom – Front – Back looks

 
Desain ini akan terasa cocok melawan Tesla sebagai pionir pabrikan mobil full-electric dan otonom.  Semoga versi produksinya tidak jauh berbeda dari konsep Aicon yang cantik ini.

 
Mobil konsep Audi Aicon ini disebut ditenagai 4 motor listrik yang menggerakkan masing-masing ban depan dan belakang. Secara keseluruhan ke-empat motor tersebut menghasilkan tenaga 348 hp dan torsi 550 Nm (405 lb-ft).

 
Audi fokus mengembangkan teknologi baterai agar mobil ini mempunyai daya tempuh yang lebih jauh dari umumnya mobil listrik yang ada sekarang. Audi mengatakan bahwa secara teoritis, mobil ini bisa menempuh 700 hingga 800 km untuk sekali cas.

 
Itu angka yang cukup fantastis apabila benar-benar bisa dicapai. Apalagi masih terpaut tiga tahun lagi dari target peluncuran versi produksinya, sehingga masih ada kemungkinan pengembangan hingga dicapai daya tempuh yang lebih jauh.

 

Audi Aicon Concept - Mobil Otonom - Side
Audi Aicon Concept – Mobil full Otonom – Tampak samping atas

Baca juga:

 
Sesuai target peluncurannya, Audi Aicon ini akan bersaing dengan BMW iNEXT, sedan full otonom mewah yang juga dijadwalkan meluncur pada 2021. Pabrikan lain seperti Tesla, Hyundai dan Mercedes-Benz juga sedang bekerja untuk menghadirkan mobil-mobil otonom di masa depan.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar