Mitsubishi Recall Xpander Sebanyak 139.111 Unit, Masalah Sama dengan Xpander Vietnam

Mitsubishi Recall Xpander Indonesia, Ratusan Ribu Unit Bermasalah dengan Pompa Bensin

CaruserMagz.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan recall 139.111 unit Xpander di Indonesia dengan tahun produksi 2017 hingga 2019, pada 22 Juni 2020. Masalahnya adalah cacat produksi yang sama dengan Xpander Vietnam yang direcall pada Oktober 2019 lalu.

Sebelumnya masalah yang sama dialami pengguna Xpander di Vietnam dan Filipina, yaitu tiba-tiba mobil mereka mogok di tengah jalan. Sehingga Mitsubishi Vietnam mengumumkan recall pada 14.051 unit Xpander yang berpotensi mengalami masalah impeller pompa bensin berhenti berputar.

Baca: Mitsubishi Vietnam Recall 14 Ribuan Unit Xpander Terkait Masalah Pompa Bensin

Meskipun sempat menyangkal pada Oktober 2019 lalu, Pihak MMKSI dalam keterangan resmi akhirnya menyatakan bahwa berdasarkan investigasi, masalah fuel pump tersebut juga terjadi pada Xpander Indonesia. Pompa bensin di tangki bbm Xpander dapat berhenti beroperasi, sehingga berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau mobil jadi mogok.

Penyebabnya disinyalir adalah impeller atau baling-baling pompa yang memuai lalu berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, hingga impeller tersebut berhenti berputar.

Kampanye perbaikan diselenggarakan untuk seluruh konsumen Xpander keluaran dari tahun 2018 hingga 2019 dengan periode produksi mulai 11 Oktober 2017 hingga 31 Agustus 2019,” ujar Eiichiro Hamazaki, selaku Director of After Sales Service PT MMKSI, Senin 22 Juni 2020 .

Kampanye perbaikan ini dimulai pada Senin 22 Juni 2020. Pemilik Xpander yang terkait recall akan mendapat pemberitahuan dan diundang untuk mengganti pompa bensin mobilnya secara gratis dengan unit pompa yang sudah disempurnakan.

Proses penggantian unit pompa tersebut diperkirakan akan memakan waktu 2 hingga 3 jam per mobil. Pemilik Mitsubishi Xpander bisa memilih 2 cara untuk mengikuti kampanye recall ini, yaitu:

  1. Datang ke dealer resmi untuk memeriksakan Xpander-nya. Apabila ID produk Fuel Pump masuk dalam list mobil yang kena recall, maka fuel pump akan diganti secara cuma-cuma oleh bengkel resmi.
  2. Menggunakan fasilitas home service. Terkait situasi pandemi Covid-19, Mitsubishi menyediakan layanan Home Service melalui Mitsubishi Motors Customer Care atau aplikasi My Mitsubishi ID, sehingga pemilik Xpander dapat memanfaatkannya untuk booking pemeriksaan fuel pump.

Baca: Penyebab dan Solusi untuk Keluhan Pengguna Xpander

President Director of After Sales Service Division MMKSI, Naoya Nakamura, memberikan pernyataan resmi terkait kampanye penarikan ulang ini. Menurutnya ini adalah bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors dalam menjaga kualitas produknya secara berkesinambungan.

Kami mengundang konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi Xpander, dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” seperti tertulis dalam keterangan resminya.

Tambahan informasi, bahwa masalah pompa bensin ini juga terjadi pada Nissan Livina yang merupakan kembaran Xpander. Karena kedua mobil tersebut diproduksi di pabrik yang sama dan banyak menggunakan spare part serta komponen yang sama. Nissan Livina yang kena recall adalah sebanyak 9.314 unit dengan periode produksi mulai 22 Februari hingga 24 Agustus 2019.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar