Renault Triber Diluncurkan, Inikah SUV 7-Seater Terkecil di Dunia

CaruserMagz.com – Renault meluncurkan mobil 7-seater baru bernama Triber di New Delhi India pada Rabu 16 Juni 2019. Entah mengapa mobil ini banyak disebut oleh media-media besar di Indonesia akan menjadi penantang Low MPV sejuta umat seperti Avanza, Xenia, Xpander dan kawan-kawan. Padahal Renault Triber dibangun dari platform Renault Kwid yang merupakan mobil mungil bergenre SUV.

 
Petinggi Renault mengatakan pada peluncurannya bahwa Renault Triber memiliki citarasa SUV, semisal Ground clearance tinggi, posisi mengemudi tinggi dan memiliki berbagai kelengkapan dan fitur layaknya SUV, seperti roofrail, over fender, under guard dan body molding besar.

 
Menurut kami, Renault Triber ini lebih cocok menjadi pesaing bagi LCGC 7-seater seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, atau mobil dari grup aliansi yang sama, yaitu Datsun Cross.

 
Jika benar, Triber ini dinobatkan sebagai SUV. Maka ini adalah rekor SUV 7-seater terkecil di dunia untuk saat ini. Karena meskipun berkonfigurasi untuk 7 penumpang, mobil ini punya dimensi yang pendek dan narrow. Dimensi mobil ini adalah PxLxT = 3.990 mm x 1.739 mm x 1.643 mm.

 

Renault Triber - Exterior Rear
Renault Triber – Exterior Rear

Dimensi yang mungil tersebut disebut keajaiban oleh CEO Grup Renault. “Renault Triber merupakan sebuah ‘keajaiban’ dengan ukuran kurang dari 4 meter. Kami menilai mobil ini akan atraktif, fleksibel dan terjangkau,” ungkap Thierry Bollore selaku CEO Groupe Renault dalam peluncuran Triber, Rabu (19/6).

 
Sejatinya Renault Triber berkonfigurasi 5+2 seater, karena sama dengan Datsun Go+ atau Datsun Cross, baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak dan bersifat opsional, artinya jika baris ketiga difungsinya, mobil ini nyaris tak punya bagasi.

 
Dalam hal mesin, Renault Triber juga punya mesin yang mungil, mirip dengan Kwid, yaitu mesin bensin 1.0-liter 3-silinder bertenaga 75 hp dan torsi 96 Nm. Itu adalah angka yang bahkan tidak melewati Honda Brio, Toyota Agya dan Kia Picanto yang bertubuh mungil.

 
Jadi terlalu berlebihan mengatakan bahwa Triber ini akan menyaingin Avanza dan kawan-kawan dalam hal segmen. Karena sejatinya Triber adalah Renault Kwid yang dimelarkan ke belakang. Mobil ini memang cocok untuk pasar India dimana konsumennya lebih menyukai mobil yang kompak dan harga terjangkau.

 
Namun akan cukup menarik bagi peminat mobil LCGC di Indonesia jika versi Indonesia akan disamakan dengan versi India. Karena SUV mungil ini telah memiliki berbagai fitur yang cukup menggoda, seperti: Head unit touch screen 8-inci yang sudah mengusung Android Auto dan Apple Car Play, LED DRL, Keyless Start, Auto emergency brake, 4-airbags, dan lainnya.

 

Renault Triber - Interior Dashboard
Renault Triber – Interior Dashboard

Dalam hal tampilan juga cukup menarik, karena nuansa SUV sangat kental dengan berbagai aksesoris khas SUV dan velg alloy 15-inci. Di India, Renault Triber diluncurkan dengan banderol harga 500.000 Rupe atau sekitar Rp. 102 juta. Artinya jika masuk ke Indonesia, kemungkinan akan bersaing dengan LCGC seperti Calya dan Sigra.

 
Kabarnya Renault Triber ini akan diperkenalkan untuk Indonesia pada Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli mendatang di ICE BSD, Serpong, Tangerang. Semoga saja tidak banyak down-grade dibanding versi India dan kualitas bahannya tidak mengecewakan.(YAB)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar