Spesifikasi Kia Sorento Generasi Baru, Makin Bertenaga dan Super Irit dengan Mesin TurboHybrid

Berita KIA SUV
CaruserMagz.com – Kia Sorento generasi ke-empat telah diungkap penampakannya sebelum peluncuran resmi di Geneva Motor Show 2020, Maret mendatang. Menyusul rilis tampilan eksterior dan interior tersebut, Kia kemudian mengumumkan spesifikasi Kia Sorento generasi baru di laman resminya.

 
Perubahan Kia All New Sorento generasi ke-4 ini sangat signifikan dalam banyak hal, antara lain desain eksterior dan interior, dimensi, bobot, teknologi mesin dengan kombinasi turbocharger dan elektrifikasi hybrid, sasis dan fitur-fitur keselamatan baru.

 
Dengan perubahan-perubahan tersebut, Kia Sorento sepertinya naik kelas menjadi mobil premium, setidaknya beberapa fitur dan aksesoris interior membuatnya nampak seperti pada level BMW atau Mercedes Benz.

Kia Sorento 2021 - Gambar Resmi Interior First Cabin
Kia Sorento 2021 – Gambar Resmi Interior First Cabin

 

Perubahan Dimensi dan Bobot

Dimensi Kia Sorento generasi baru ini melar menjadi lebih panjang 10 mm (1cm), lebih lebar 10 mm juga. Penambahan signifikan adalah pada wheelbase yang bertambah 35 mm (3,5cm) di angka 2815 mm. Dimensi Sorento baru ini adalah 4810 x 1900 x 1700 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi.

 
Perubahan dimensi khususnya penambahan wheelbase, memberikan interior yang lebih lapang dan nyaman. Konfigurasi kursi Kia Sorento baru ini dibuat 6-seater, dengan kursi captain seat di baris kedua.

 
Kia merubah bahan sasis dengan material yang lebih ringan, sehingga walau dimensi Sorento bertambah, Kia berhasil mengurangi bobot Sorento hingga 80 kg. Platform baru tersebut diklaim menghasilkan pengendalian yang lebih tajam dan impresi berkendara yang lebih mulus.

 

Fitur Baru

Dalam hal fitur, Kia meningkatkan level keselamatan Sorento dengan delapan airbag, termasuk airbag lutut untuk pengemudi. Fitur baru lainnya adalah sistem pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan berulang.

 
Fitur tersebut akan secara otomatis mengaktifkan rem, jika terdeteksi pengemudi kehilangan kendali setelah tabrakan pertama. Fitur ini baru pertama kali diluncurkan baik untuk mobil Kia maupun Hyundai.
 

Kia All New Sorento 2021 - Tampak Belakang
Kia All New Sorento 2021 – Tampak Belakang

 

Mesin Baru dengan Teknologi Hybrid

Yang paling menarik dari Kia All New Sorento generasi-4 ini adalah pilihan powertrainnya yang banyak. Mesin yang ditawarkan sudah menggunakan kombinasi turbo dan hybrid, sehingga bisa kita bayangkan tenaganya yang besar dengan keiritan bahan bakar yang luar biasa.

 
Kia Sorento 2020 ini disediakan dalam pilihan mesin hybrid 1.6-liter turbo, mesin 2.5-liter Turbo tanpa hybrid, dan Mesin 2.2-liter Turbo Diesel. Mesin tersebut dihubungkan ke roda penggerak melalui transmisi basah dual-cluth 8-percepatan.

 
Mesin hybrid 1.6-liter Turbo menyumbang tenaga sebesar 177 hp dan torsi 265 Nm, ditambah motor listrik hybridnya dengan 59 hp dan torsi 264 Nm, kombinasi kedua powertrain tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 227 hp dan torsi 350 Nm.

 
Mesin 1.6 Turbo Hybrid ini berpeluang menjadi piihan pavorit karena dengan mesin yang kecil dan teknologi hybrid, tentu keiritan bahan bakarnya akan luar biasa, namun tenaganya tidak kalah dari mesin naturally aspirated yang jauh lebih gemuk.

 
Mesin yang lebih bongsor adalah mesin bensin 2.5-liter dengan tenaga 277 hp dan torsi lebih besar hingga 421 Nm. Namun jangan berharap konsumsi bahan bakar yang irit untuk varian bermesin bakar murni tersebut.

 
Masih membutuhkan torsi yang lebih besar? Kia menyediakan pilihan varian Sorento bermesin Turbo Diesel 2.2-liter yang bertenaga maksimum 199 hp dan torsi 440 Nm. Ini adalah mesin dengan output yang mirip dengan mesin diesel Sorento dan Hyundai Santa Fe sebelumnya.

 
Dalam pengumuman spesifikasi Kia Sorento generasi-4 ini, Kia juga menyatakan satu lagi varian mesin sedang disiapkan, dan kemungkinan rilis pada akhir tahun 2020. Yaitu mesin bensin turbocharged yang lebih besar yang dikombinasikan dengan teknologi plug-in hybrid.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar