Toyota Indonesia Recall Innova, Fortuner dan Alphard, Masalah Pompa Bensin Lagi

Toyota Recall Mobil di Indonesia - masalh pompa bensin

CaruserMagz.comToyota Indonesia Recall 6 Model terkait Fuel Pump pada 2 Agustus 2020 – Masalah pompa bensin yang seperti pandemi kembali menelan korban. Kini giliran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan Program recall untuk Toyota Innova, Fortuner, Alphard dan sederetan model lainnya terkait masalah pompa bensin. Ini adalah masalah yang sama dengan Mitsubishi Xpander, Nissan Livina dan sederetan model Honda di Indonesia yang menggunakan produk pompa bensin yang sama.

Dalam siaran pers pada Minggu 2 Agustus 2020, PT TAM mengumumkan mobil yang terlibat dalam kampanye recall ini antara lain adalah Toyota Kijang Innova, Fortuner, Hilux produksi tahun 2017—2019, Alphard keluaran 2017—2018, Toyota Corolla produksi 2018, dan FJ Cruiser produksi 2013—2014.

Masalah yang dialamai deretan mobil tersebut adalah fuel pump yang berpotensi mati mendadak di tengah perjalanan atau tiba-tiba tidak berfungsi saat mobil akan dihidupkan. Komponen yang jadi biang kerok dari recall massal ini adalah bahan impeller (baling-baling) pompa yang memuai dalam kurun waktu tertentu, sehingga volume-nya berubah lalu bergesekan dengan komponen lain saat berputar kemudian bebar-benar tidak dapat lagi berputar.

Struktur Pompa Bensin - Posisi Impeller di dalam Pompa bbm

Struktur Pompa Bensin – Impeller di dalam Pompa Bensin

Vice President PT TAM, Henry Tanoto mengatakan bahwa recall ini merupakan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan, keselamatan dan kepuasan pelanggan. Dia menghimbau para pemilik mobil Toyota yang terlibat kampanye recall ini, agar segera mengecek kendaraannya baik melalui fasilitas online yang disediakan maupun mendatangi bengkel resmi Toyota.

Sebagai wujud komitmen Toyota Beyond Service dan menghadirkan Peace of Mind bagi pelanggan, Toyota terus memperhatikan produk-produk yang bahkan sudah berada di pelanggan sekalipun. Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, kami sangat menghimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota,” kata Henry pada siaran pers, Minggu (2/8).

Program recall ini dilaksanakan dengan mengecek dan mengganti pompa bensin mobil yang terkait secara cuma-cuma. Pemiliki kendaraan hanya butuh meluangkan waktu untuk melakukan booking service dan mengirim mobilnya ke bengkel resmi Toyota terdekat. Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 jam.

Dalam siaran persnya Toyota tidak menyebut total jumlah kendaraan yang terlibat kampanye recall ini. Dari daftarnya sepertinya Toyota Indonesia recall unit yang sangat banyak, karena Toyota adalah brand mainstream yang menjual mobil paling banyak di Indonesia.

Sebelumnya Mitsubishi mengumumkan recall karena masalah yang sama pada 139.111 unit Xpander, Nissan merecall Livina sebanyak 9.314 unit dan Honda Indonesia mengumumkan recall pada total 85.025 unit kendaraannya antara lain Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic dan Accord. Semua mobil yang terlibat rata-rata adalah keluaran antara tahun 2017 hingga 2019.

Berikut daftar berita terkait recall yang sama sebelumnya:

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar