Mazda3 Turbo dipastikan meluncur 8 Juli 2020

Mazda3 Turbo Berpotensi jadi HotHatch, Siap Tantang Civic Type-R dan VW Golf GTI

Berita HATCHBACK Mazda

CaruserMagz.com – Mazda3 Turbo diumumkan oleh akun resmi Mazda USA melalui video YouTube pada 25 Juni 2020. Kehadiran Mazda3 bermesin SkyActiv Turbo telah ramai diberitakan pada awal Juni 2020, namun hanya sebatas rumor yang disebut-sebut dibocorkan orang internal Mazda. Seakan mengkonfirmasi kebenaran rumor tersebut, akhirnya Mazda USA secara resmi mengumumkan varian baru Mazda3 tersebut melalui akun Twitter-nya yang memuat link ke video pengumuman resmi di channel YouTube mereka.

Tweet singkat akun resmi Mazda USA tersebut memberi clue dengan kata-kata “Power comes to those who wait“, yang kurang lebih artinya “Kekuatan akan datang pada mereka yang menunggu“. Kemudian diikuti link ke channel YouTube. Berikut tweet tersebut:

Power comes to those who wait.
https://t.co/J3VmsghyfV
— Mazda USA (@MazdaUSA) June 25, 2020

Video berdurasi 14-detik tersebut hanya berisi tanggal peluncuran dengan back-sound suara kenalpot mobil yang dimaksud untuk Mazda3 dengan performa lebih bertenaga. Video tersebut diberi judul “Prepare for Launch”, yang menginformasikan bahwa Mazda3 Turbo akan resmi diluncurkan pada 8 Juli 2020 di Amerika Serikat.

Pengumuman Tanggal Peluncuran Mobil Baru Mazda yang disinyalir adalah Mazda3 Turbo
Pengumuman Tanggal Peluncuran Mobil Baru Mazda yang disinyalir adalah Mazda3 Turbo

Mazda3 yang lebih bertenaga memang telah lama dinantikan oleh pecinta Mazda, khususnya di Amerika. Karena konsumen sangat tertarik dengan penampakan desainnya, juga interiornya yang mewah. Namun besaran tenaganya tidak disukai karena konsumen disana terbiasa dengan angka tenaga kuda yang besar. Apalagi hothatch seperti Ford Focus dan VW Golf GTI menjadi lebih diidolakan para pecinta hatchback mewah berkat angka horse powernya yang besar.

Mazda3 banyak disebut ketinggalan dalam hal dapurpacu, karena pesaingnya sudah rata-rata menggunakan teknologi mesin bensin turbo yang meningkatkan output tenaga signifikan. Kondisi tersebut mendorong Mazda lebih kuat untuk melakukan Turboisasi pada Mazda3, sebagaimana telah dilakukan pada CX-9, CX-5 dan Mazda6.

Belum ada pengumuman resmi dari sang pabrikan mobil premium Jepang, mengenai mesin turbo seperti apa yang akan disematkan pada Mazda3. Apakah hanya menambahkan keong turbo pada mesin 2.000cc SkyActiv-nya, atau menggunakan mesin yang sama dengan Mazda6 hingga CX-9, yaitu mesin SkyActiv 2.500cc dengan output tenaga hingga 250 hp.

Mazda3 Hatchback dan Sedan
Mazda3 Hatchback dan Sedan

Pecinta otomotif di negeri paman sam sangat berharap mesin tersebut adalah mesin yang sama dengan CX-9 tersebut. Karena dengan tampang eksotisnya, Mazda3 akan mengungguli VW Golf GTI yang bertenaga 228 hp dan menenggelamkan Civic turbo yang hanya bermesin 1.500 cc. Sehingga jika benar hatchback yang digelari “Mobil Tercantik Dunia 2019” tersebut mendapat mesin 2.500cc Turbo, Dia layak diberi gelar Hothatch.

Tapi itu hanya ekspektasi, belum ada keterangan resmi dari Mazda. Ada kemungkinan Mazda3 hanya mendapat tambahan turbo untuk mesin 2.000cc-nya, atau malah mesinnya diperkecil jadi 1.500cc dengan turbo, layaknya Honda Civic hatchback. Itu tentu akan jadi kekecewaan lagi bagi para pecinta tenaga kuda.

Apakah Mazda3 turbo ini akan mengaspal di Indonesia? Pertanyaan lanjutannya adalah bukan hanya apakah kantong konsumen Mazda di Indonesia sudah cukup tebal untuk tidak sekedar membeli tampang cantik Mazda3 itu, tapi juga seberapa banyak konsumen yang benar-benar menggilai tenaga sportcar dalam sebuah hatchback elegan. Karena biasanya harga bisa saja melonjak hingga hampir Rp 100 jutaan untuk mesin turbo, apalagi jika mesinnya adalah 2.500cc, maka bisa membengkak hingga Rp 200 jutaan.

Sekedar informasi, Mazda6 dan CX-5 Turbo juga belum masuk Indonesia, padahal sudah lama diluncurkan di negara lain. Apalagi Mazda3 turbo yang baru akan diluncurkan. Maka bagi teman-teman yang berminat memiliki Mazda3 berkeong turbo, sepertinya harus bersabar dalam hitungan tahun.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar