Honda Recall Mobil karena Masalah Pompa Bensin - Juli 2020

85.025 Unit Mobil Honda Kena Recall di Indonesia, Masalah Pompa Bensin

Berita Honda

CaruserMagz.comHampir semua model Mobil Honda kena Recall Juli 2020 – Jika sekarang dunia sedang dilanda Pandemi Covid-19 yang cukup horor, maka dunia otomotif khususnya dari Brand Jepang sedang dilanda Pandemi Pompa Bensin rusak. Sebelumnya Mitsubishi mengumumkan recall Xpander di Vietnam pada Oktober 2019, kemudian disusul 139.111 unit Xpander di Indonesia yang jadi pesakitan bersama saudara kembarnya 9.314 unit Nissan Livina. Ternyata pandemi pompa bensin rusak ini kini berlanjut menjangkiti berbagai model Honda Indonesia hingga 85.025 unit.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall pada hampir semua model Honda yang dijual di Indonesia, antara lain Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun keluaran antara 2017 hingga 2019. Dari lineup Honda di Indonesia, hanya Oddyssey yang selamat dari recall ini.

Masalah yang dialami mobil Honda tersebut adalah sama dengan yang terjadi pada Xpander dan Livina yang telah lebih dulu kena recall, yaitu masalah pada pompa bensin yang bisa tiba-tiba mati baik saat di-start maupun saat di tengah perjalanan.

Struktur Pompa Bensin - Posisi Impeller di dalam Pompa bbm
Struktur Pompa Bensin – Posisi Impeller di dalam Pompa bbm

Komponen yang bermasalah dari pompa bensin tersebut adalah impeller yang disebut-sebut memuai dalam kurun waktu tertentu, sehingga bergesekan dengan komponen lain saat berputar, hingga bebar-benar tidak dapat lagi berputar. Sebelumnya dikabarkan oleh berbagai media, bahwa itu adalah pompa bensin yang diproduksi oleh manufaktur asal Jepang yang jadi pemasok utama berbagai komponen mobil ke pabrikan seperti Toyota, Honda, mitsubishi dan Nissan.

Jutaan kendaraan dari merek-merek tersebut sudah terkena program penarikan kembali karena masalah yang sama, antara lain di Amerika, Eropa dan Asia. Honda bahkan telah me-recall lebih dari 1,4 juta unit kendaraan di seluruh dunia, dan Toyota sudah lebih dari 3,2 juta unit. Sehingga kasus pompa bensin ini sudah seperti pandemi bagi pabrikan mobil Jepang.

Kampanye recall Honda untuk penggantian komponen pompa bensin ini telah dimulai pada Rabu 15 Juli 2020, secara bertahap di seluruh Indonesia. Penggantian komponen fuel pump ini tidak dikenakan biaya sama sekali, sebagai komitmen HPM untuk menjaga kualitas produknya.

Hal-hal yang perlu diketahui pemilik mobil Honda terkait kampanye recall Honda ini antara lain sebagai berikut:

  1. PT HPM mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi kena recall.
  2. Konsumen pemilik mobil Honda dapat melihat informasi mengenai kampanye recall ini, dan mengecek apakah kendaraannya terkena recall, di website resmi Honda Indonesia.
  3. Apabila konsumen adalah pembeli tangan kedua atau lebih, pemilik terakhir mobil tersebut dapat menghubungi Honda Customer Care di nomor toll free 0-800-1446-632 dari Senin hingga Jum’at, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.
  4. Konsumen dapat menghubungi bengkel resmi Honda terdekat untuk membuat janji datang ke dealer, atau melakukan booking jadwal perbaikan mobil melalui aplikasi Honda e-Care.
  5. Proses penggantian komponen fuel pump di bengkel resmi Honda adalah sekitar 1 hingga 1,5 jam (60 – 90 menit).
  6. Honda juga menyediakan pilihan layanan pick up service sesuai ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda. Konsumen dapat menanyakan melalui telpon pada dealer terdekat, apakah mereka menyediakan layanan tersebut.

Denny MT selaku General Manager Service and Parts Assistant – PT Honda Prospect Motor menyampaikan himbauan pada para pemilik mobil Honda untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi.

Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun,” ujar Denny MT.

Mengingat pentingnya program ini, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi, segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen,” pungkas Denny.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar