Toyota - Avanza lebih Kuat dari Xpander

Toyota: Kami Ladeni Tantangan Mitsubishi, Avanza Lebih Kuat dari Xpander, Itu Pasti!

Berita MPV Toyota
CaruserMagz.com – Pengumuman ambisi Mitsubishi untuk lengserkan Avanza dari gelar MPV terlaris di Indonesia mendapat tanggapan pedas dari petinggi PT Toyota Astra Motors (TAM). Executive General Manager TAM menanggapi pernyataan President Director PT MMKSI, sebagai tantangan prontal pada pihaknya.

 
Sebelumnya Naoya Nakamura, selaku Presiden Direktur PT MMKSI mengungkapkan ambisi pabrikan berlogo tiga berlian tersebut untuk menjadi brand terlaris di Indonesia, dimulai tahun 2019 dengan mendepak Avanza dari takhta raja MPV Indonesia.

 
Menaggapi pernyataan ini, Fransiskus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager PT TAM membalas dengan keras. “Toyota siap meladeni tantangan Mitsubishi,” ujarnya.

 
Pria yang sering disapa Pak Suryo tersebut bahkan mencibir LMPV yang jadi rival berat Avanza. “Xpander seperti tampilan lampunya saja, hanya bikin silau saja,” ledeknya.

 
Menurut Fransiskus, Toyota Avanza masih terlalu tangguh untuk dikalahkan oleh Xpander. Dia yakin masyarakat Indonesia masih lebih percaya pada Avanza sebagai yang terbaik di kelasnya.

 
Kami berterima kasih kepada masyarakat luas yang masih mempercayakan Avanza sebagai pilihan terbaik di (segmen) LMPV,” ujar Soerjo.

 

Mitsubishi jangan Bagi Segmen Xpander!

 
Menanggapi target Mitsubishi untuk membuat Xpander mengungguli Avanza dalam kinerja penjualan, Fransiskus mengungkapkan bahwa jika Avanza head to head dengan Xpander secara fair, maka Toyota akan tetap unggul. Asal Mitsubishi tidak membuat dualisme segmen dalam satu mobil, Avanza lebih kuat dari Xpander.

 
Toyota Avanza sekarang masih tetap terjual 6.000 hingga 7.000 unit, sementara Mitsubishi Xpander bisa 7.000 unit, kami masih merasa untung karena hanya turun 3.000 unit dan itu diambil oleh Toyota Rush. Kalau Mitsubishi Xpander mau mengalahkan Avanza ya dibuktikan saja. Tapi jangan dibagi segmennya. Jelas Avanza keunggulannya adalah G-MT. Kalau mau ya totalnya, Avanza lawan Xpander. Jangan kabur!” papar Soerjopranoto pada media.

 
Pokoknya kami (Avanza) lebih kuat dari Mitsubishi Xpander. Sudah pasti! Kami akan memanfaatkan momentum Lebaran dimana penerimaan Toyota Avanza di bulan Januari itu bagus. Dengan out-standing kami mencapai 18.000 unit, kami punya kesempatan untuk suplay lebih banyak,” pungkasnya.

 
Pernyataan Soerjo tersebut cukup beralasan, mengingat pihak PT MMKSI telah memberikan klu bahwa Xpander akan punya versi crossover yang akan diluncurkan pada tahun 2019 ini juga. Hal itu diperkuat oleh isu yang berhembus dari kalangan wiraniaga Mitsubishi.

 
Artinya Avanza akan dikeroyok oleh Mitsubishi Xpander yang mengambil dua segmen sekaligus, sedangkan pada Toyota segmen Low SUV dan Low MPV terbagi pada mobil yang berbeda, yaitu Rush dan Avanza. Sehingga keluar istilah “Jangan kabur!” dari petinggi Toyota tersebut.

 

Siapa yang Unggul hingga Akhir Februari 2019

 
Sekedar informasi, secara wholesale selama 2 bulan awal 2019, Toyota Avanza masih ungggul dair Xpander, walau sangat tipis dengan selisih 28 unit saja. Mitsubishi Xpander dikirim dari pabrik ke dealer sebanyak 11.240 unit. Sedangkan Toyota Avanza sebanyak 11.268 unit.

 
Namun secara retail, Mitsubishi unggul dengan mengirim Xpander sebanyak 5.960 unit (34% market share), sedangkan Avanza hanya terkirim sebanyak 5.004 unit (28% market share) ke konsumen akhir. Maka tren positif sebenarnya ada di pihak Mitsubishi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar