Lineup SUV Kia yang Mungkin Masuk Indonesia

SUV Baru Kia Segera Hadir, Simak Lineup SUV Kia yang Menggiurkan

Berita KIA SUV

CaruserMagz.comLineup SUV KIA di Pasar Global – Sejak berpindah tangan dari PT Kia Mobil Indonesia (KMI) ke Indomobil Group di bawah Bendera PT Kreta Indo Artha, brand KIA terlihat agresif memasukkan model-model baru dari mobil globalnya ke Indonesia. Tidak melanjutkan tradisi dari APM sebelumnya yang banyak menyunat fitur-fitur penting untuk keterjangkauan harga, PT KIA meningkatkan kelas mobil Kia di Indonesia ke jajaran mobil mewah dengan fitur lengkap.

Harga mobil Kia memang menjadi lebih mahal dibanding sebelumnya, namun ternyata jika dibandingkan dari sisi fitur, kualitas bahan dan desain, mobil-mobil Kia terasa murah untuk segmen mobil mewah CBU. Alhasil, mobil-mobil KIA mulai laris kembali karena konsumen sudah mengenal Kia sebagai mobil yang berkualitas tinggi.

Kia mulai melirik segmen SUV di Indonesia yang sedang naik daun. Untuk itu, Kia meluncurkan Kia Seltos pada Januari 2020 yang langsung menantang Honda HR-V, Compact SUV terlaris. Dengan fitur-fitur yang lebih advance, tampilan yang segar dan mesin turbo yang lebih bertenaga, Seltos mendapat sambutan luar biasa dari konsumen Indonesia.

Dikabarkan oleh Mobil123.com, bahwa petinggi PT KIA menyampaikan pihaknya akan memasukkan lebih banyak model SUV ke Indonesia. Kabar gembira bagi mereka yang telah lama naksir dengan SUV Kia yang telah ada di pasar global, namun sudah diskontinyu atau belum pernah hadir di Indonesia.

Ario Soerjo selaku Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha mengatakan bahwa Kia Seltos barulah permulaan, selanjutnya merek akan hadirkan SUV yang berada di segmen yang lebih rendah dan juga yang lebih tinggi, termasuk SUV 7-Seater.

Hal itu mengikuti arah pengembangan oleh induk group Hyundai Motor Corporation, yang telah mengumumkan bahwa mulai 2019 grup tersebut akan banyak meluncurkan SUV baru, sebagai bentuk peralihan fokus segmen kendaraan yang mereka produksi.

PT KIA telah membocorkan informasi, bahwa pihaknya akan meluncurkan satu lagi mobil baru di semester kedua 2020, namun modelnya masih dirahasiakan. Jika benar itu adalah SUV juga, ada beberapa kemungkinan model SUV Kia yang menggiurkan.

 

Berikut lineup SUV Kia yang sangat menarik jika masuk ke Indonesia:

1. Kia Sorento

Kia Sorento adalah medium SUV 7-seater berbasis flatform yang sama degan Hyundai Santa Fe. Pada tahun 2013, Sorento pernah masuk Indonesia di bawah APM PT KMI, namun sayangnya diskontinyu. SUV ini sangat menarik karena bertabur fitur mewah, sangat nyaman, build quality sangat bagus dan tentunya desainnya sangat menarik.

Kia Sorento - Medium SUV 7-Seater
Kia Sorento Gen-4 – Medium SUV 7-Seater

Saat ini Sorento telah memasuki generasi keempat yang tampilannya makin menawan dan modern. Fitur-fiturnya makin canggih dan suasana interiornya bahkan terasa seperti mobil premium Eropa. Dalam hal teknologi mesin juga sangat menggoda, karena telah ada varian hybrid dan turbo, sehingga bertenaga besar tapi tetap irit bahan bakar. Akan sangat menggiurkan, mengingat PT KIA tidak banyak menyunat fitur-fitur canggih mobilnya saat dibawa ke Indonesia.

Baca: Spesifikasi Kia Sorento Gen-4, Body Besar tapi Super Irit Bbm

 

2. Kia Telluride

Untuk segmen SUV besar 7-seater, Kia memiliki Telluride yang pada April 2020 lalu dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Dunia dengan gelar “2020 World Car of The Year“. Telluride adalah kembar tak seiras dengan Hyundai Palisade, SUV mewah yang berlaga di segmen mobil bongsor dengan lawan BMW X7, Mercedes Benz GLS, Toyota Land Cruiser dan lain sebagainya, sehingga untuk urusan performa, fitur, kenyamanan tidak perlu diragukan lagi.

Kia Telluride - Luxury SUV 7-Seater
Kia Telluride – Luxury SUV 7-Seater

 

3. Kia Sportage

Medium SUV 5-Seater Kia ini bukan barang baru di Indonesia. Berbarengan dengan Sorento pada tahun 2013, Sportage mengaspal di Indonesia dan mendapat sambutan hangat dari konsumen Indonesia. Sportage adalah kembar tak seiras dari Hyundai Tucson, sayangnya sudah diskontinyu. Akankah PT KIA kembali memasukkan SUV yang menawan ini? Semoga saja!

Kia Sportage - Medium SUV 5-Seater
Kia Sportage – Medium SUV 5-Seater

 

4. Kia Niro

Di segmen Urban SUV, Kia punya Niro yang cukup laris di Benua Amerika. Bahkan SUV mungil ini telah disediakan versi Electric Vehicle (EV) layaknya BMW i3.  Saat ini, Kia Niro hanya dijual di Amerika dan Eropa dengan harga setara Rp 300 jutaan.

Walau mungil, Niro bukanlah seperti urban SUV di Indonesia yang lebih mirip small hatchback, karena dapurpacunya adalah Mesin 1,6 liter (1.580cc) 4-silinder bertenaga 104 HP, dipadu dengan motor listrik dengan output 43 HP, sehingga total tenaga maksimum yang tersedia adalah 147 HP dan torsi maksimum 146 Nm.

Kia Niro - Small SUV 5-Seater
Kia Niro – Small SUV 5-Seater

Sedangkan sumber tenaga Niro varian EV adalah baterai lithium-polymer berkapasitas 64 kWh yang mampu membuat Niro EV ini menempuh jarak 380 km untuk sekali cas. Output tenaga motor listriknya hingga di atas 200 hp dan torsi 395 Nm.

Baca: Kia Niro EV, SUV Mungil Tapi Tenaga Kalahkan Pajero Sport

 

5. Kia Stonic

Kia punya segmen SUV yang sangat banyak lapisannya. Satu lagi compact SUV Kia adalah Stonic yang merupakan mobil satu platform dengan Hyundai Kona. Jika Kona nampak aneh dengan muka ala Iron-Man, maka Stonic lebih terlihat seperti Baby-Sportage karena memiliki cue Sportage pada beberapa bagian, seperti pillar-C, serta penampakan samping dan belakang.

Kia Stonic - Compact SUV 5-Seater
Kia Stonic – Compact SUV 5-Seater

KIA Stonic dipersenjatai powertrain yang sama dengan Hyundai Kona. Yaitu pilihan mesin 1.000cc T-GDI 4-silinder berteknologi turbo dengan tenaga maksimum 120 PS dan torsi sekitar 170 Nm. Ada juga varian bermesin non-turbo berkapasitas 1.250cc dan 1.400cc naturally aspirated.

Hal menarik dari Kia Stonic adalah fitur-fiturnya yang canggih mengingat mobil ini diperuntukkan bagi pasar Eropa. Antara lain ada Autonomous Emergency Braking yang dikombinasikan dengan pedestrian recognition dan Forward Collision Alert, Blind Spot Detection termasuk Rear Cross Traffic Alert, serta Lane Departure Warning System.

Baca juga:

 
Itulah beberapa lineup SUV Kia yang belum masuk ke Indonesia saat artikel ini kami rilis. Pada versi domestik Korea Selatan maupun versi Eropa dan Amerika, semua SUV tersebut sangat menarik dalam semua hal. Karena Kia sudah teruji kehandalan kualitas produknya dengan langganan mendapat penghargaan sebagai mobil berkualitas terbaik dunia dan juga dalam hal desain, model mobil Kia juga selalu ada yang menyabet penghargaan “Red Dot Design Awards” tiap tahunnya.

Yang manakan dari jajaran SUV Kia tersebut yang sesuai selera Anda? Sampaikan di kolom komentar pendapat dan harapan teman-teman. Semoga saja artikel ini dibaca oleh petinggi PT Kreta Indo Artha, sehingga model-model ini kelak mengaspal di Indonesia.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar