BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

All New Ford Ranger 2022 Diluncurkan, Pikap Double-Cabin Mewah dan Canggih

Ford Ranger 2022 Generasi Baru

Share

CaruserMagz.com – All New Ford Ranger 2022 resmi diluncurkan di Australia pada akhir November 2021. Ranger generasi baru ini hadir dengan tampilan lebih modern, interior lebih mewah dan fitur-fitur kekinian yang canggih.

Menurut sang pabrikan Amerika, Ford Ranger 2022 ini dibangun dengan effort yang besar untuk memenuhi ekspektasi pengguna truk double cabin di seluruh dunia. Ford ingin membuat Ranger jadi luar biasa dan bukan truk kebanyakan pada umumnya.

Kami menata ulang Ranger dengan mencoba memahami dan menafsirkan bagaimana harapan pelanggan kami untuk sebuah pikap. Kami tidak hanya membuat truk yang bagus, tapi ingin membuat yang luar biasa dan menginspirasi setiap kali mereka melihat Ranger,” kata Max Tran, Chief Designer Ford Ranger, sebagaimana dikutip whichcar.com.au.

All New Ford Ranger 2022 Generasi Baru Meluncur November 2021
All New Ford Ranger 2022 Generasi Baru Meluncur November 2021

Untuk itu, perusahaan menginvestasikan uang yang besar untuk pengembangan Ranger baru ini sejak 5 tahun lalu. Tim yang dipimpin Max Tran melakukan riset ke berbagai negara dimana mobil pikap banyak digunakan, antara lain Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Cina, Thailand, Arab Saudi, dan Eropa.

Yang dilakukan tim tersebut adalah mengobservasi bagaimana kebiasaan pemilik mobil pikap dalam memperlakukan mobilnya. Mereka juga melakukan lebih dari 5.000 kali wawancara dan menulis hampir 2.000 halaman sebagai referensi.

Ford Ranger 2022 - Tampak Belakang
Ford Ranger 2022 – Tampak Belakang

Kami melihat dan memperhatikan para pemilik menggunakan truk pikap mereka, baik untuk bekerja, berpergian bersama keluarga, atau bermain di lintasan. Itu menginspirasi beberapa ide fantastis yang membantu keputusan tim desain dan pengembangan kami,” papar Tran.

Tujuan dari usaha besar dan keras tersebut adalah untuk membangun Ranger jadi mobil yang paling sesuai dengan ekspektasi banyak pengguna pikap. Baik dari segi desain eksterior-interior, fungsionalitas, serta fitur-fiturnya.

Spesifikasi All New Ford Ranger 2022

Desain

Tampilan luar New Ranger 2022 ini mengingatkan kita pada bahasa desain Ford F-150 yang terkenal gahar. Hal itu terlihat dari desain lampu depan belakangnya, namun ukuran Ranger lebih kecil dan bentuk bodi-nya lebih kalem dibanding F-150.

Ford double cabin Generasi Baru - Debut Global di Australia
Ford Ranger 2022 Generasi Baru – Debut Global di Australia

Yang terlihat menggoda adalah desain dan bahan interiornya. Walau masih bernuansa dashboard truk yang tinggi dan mepet ke kaca depan, tapi desain dan bahannya terasa modern, elegan dan mewah.

Interior Ranger 2022 ini bertabur bahan soft-touch di dashboard, konsol tengah dan doortrim-nya. Kursinya berbalut kulit, bahkan arm-rest dan tuas transmisi juga sudah dibalut kulit.

Interior Ford Ranger 2022 - Cabin Mewah Bertabur Soft-touch
Interior Ford Ranger 2022 – Cabin Mewah Bertabur Soft-touch

Suasana modern hadir pada center-clusternya dengan layar sentuh besar vertikal berukuran 12-inci, seperti yang kita lihat pada Tesla Model-X. Sedangkan varian menengah ke bawah dibelaki layar touchscreen 10,1-inci. Meter-cluster di balik kemudi juga sudah full digital.

Interior Ford Ranger 2022 - Head Unit Vertikal 12-inci
Interior Ford Ranger 2022 – Head Unit Vertikal 12-inci

Kami tahu pelanggan kami mencari ruang interior yang cerdas dan fungsional dan terasa nyaman. Jadi, kami mulai merancangnya dengan teknologi tingkat tinggi yang terintegrasi dengan baik, penyimpanan fungsional yang cerdas, dan isyarat visual sehingga suasananya terasa nyaman dan luas,” papar desainer Ranger, Max Tran.

Ini tentu bukan Ranger yang kita kenal sebagai mobil lapangan yang banyak digunakan pekerja tambang atau perkebunan. Ini adalah pikap untuk dijadikan mobil pribadi oleh orang kaya yang energic dan suka berpetualang.

Spesifikasi dan kemewahan tersebut sepertinya tidak menempatkan Ranger varian tertinggi untuk bersaing dengan Hilux, Navara atau Triton, tapi mungkin lebih cocok bersaing dengan Hyundai Santa Cruz atau bahkan Mercedes-Benz X-Class.

Interior Kabin Pikap double cabin 2022
Interior Kabin All New Ford Ranger 2022

Powertrain – Mesin

Tentu tak lengkap tanpa membahas mesinnya, karena Ranger adalah mobil bertenaga besar. Di Australia, Ford menyediakan beberapa pilihan mesin yang semuanya adalah diesel, yaitu mesin 3.0-liter V6 Turbodiesel, mesin 2.0-liter Turbo, dan mesin 2.0-liter Bi-Turbo.

Mesin 3.0 V6 Turbodiesel adalah mesin yang sama dengan VW Amarok. Ini adalah mesin untuk varian termewah sebagaimana yang ditampilkan dalam peluncuran.

Ranger versi lapangan untuk mobil operasional adalah yang bermesin 2.0 turbo dengan transmisi 6-speed manual atau 6-speed matic.

All New Pikap 2022 versi Lapangan
All New Ford Ranger 2022 versi Lapangan

Sedangkan varian dengan mesin 2.0 Bi-turbo adalah varian menengah yang dipasangkan dengan transmisi AT 10-percepatan dengan teknologi shift-by-wire e-shifter.

Sayangnya Ford Australia belum mengumumkan besaran tenaga dan torsi setiap mesin diesel tersebut. Ford Ranger bermesin bensin dikabarkan tetap akan disediakan, tapi bukan di Australia. Itu adalah mesin 2.3-liter EcoBoost.

Varian

All New Ford Ranger di Australia diluncurkan dalam 5 varian, yaitu XL, XLS, XLT, Wildtrak, dan Sport, berurut dari trim termewah hingga termurah. Ranger Raptor dikabarkan akan menyusul sebagai varian flagship, dengan mesin bensin turbo.

Varian Ford Ranger 2022
Varian Ford Ranger 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)