Kia Telluride - 2020 World Car of the Year

Kia Telluride Raih Penghargaan 2020 World Car of The Year, Inilah Mobil Terbaik Dunia

Berita KIA SUV
CaruserMagz.com – Kia Telluride raih penghargaan sebagai “2020 World Car of the Year” (WCOTY) dalam ajang “2020 World Car Award” (WCA). Gelar WCOTY 2020 ini merupakan predikat tertinggi dalam ajang WCA, sehingga Kia Telluride dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia.

 
Pengumuman pemenang penghargaan bergengsi ini sedianya digelar pada ajang New York International Auto Show (NYIAS) 2020, namun karena wabah virus corona yang telah menjadi pandemi, panitia WCA terpaksa mengumumkan pemenang-pemenang dalam ajang tersebut secara digital saja.

 
Kia Telluride memenangkan penghargaan paling bergengsi dengan menyingkirkan 29 kandidat mobil terbaik lainnya dari seluruh dunia. Tidak serta merta dinobatkan sebagai juara, melainkan melalui proses penilaian bertahap yang cukup panjang, sejak 10 September 2019, hingga akhirnya diumumkan pada 8 April 2020.

 
Penilaian dilakukan oleh 86 orang juri yang merupakan jurnalis otomotif ternama dan berpengaruh dari 24 negara. Juri tersebut dipilih oleh steering committe WCA berdasarkan keahlian, pengalaman, kredibilitas dan pengaruh mereka di dunia otomotif.

 Interior Kia Telluride - Mobil terbaik dunia 2020
Interior Kia Telluride – Mobil terbaik dunia 2020

Kia Telluride bukanlah satu-satunya mobil Kia yang mendapat penghargaan bergengsi, Kia Motor Corporation juga menerima penghargaan “2020 World Urban Car” untuk Kia Soul EV. Sehingga pabrikan Korea Selatan tersebut mendapat Double Win.

 
Semua orang di Kia benar-benar merasa terhormat untuk menerima tidak hanya satu, tetapi dua penghargaan dari penilaian panel World Car Awards,” ungkap Thomas Schemera, selaku Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Divisi Produk di Kia Motors Corporation.

 
Ini adalah salah satu kompetisi yang paling sulit di industri otomotif global, membuktikan bahwa Telluride dan Soul EV merupakan kendaraan yang benar-benar luar biasa. Penghargaan ini adalah bukti bakat dan upaya tim di seluruh dunia, yang semuanya berusaha untuk menciptakan mobil yang diinginkan, berkualitas tinggi, dan kepraktisan yang disukai pengemudi,” seperti kata Schemere yang ditulis pada pengumuman oleh WCA.

 
Kia Telluride disebut memenangkan penghargaan paling bergengsi ini karena dinilai paling sempurna dalam hal desain, kepraktisan, kenyamanan dan fitur. Pada tahap akhir, Telluride menyingkirkan All New Mazda3 dan Mazda CX-30 yang juga merupakan 3 besar kandidat World Car of the Year 2020.

 

Penghargaan untuk Mobil Lain di WCA 2020

Selain SUV bongsor Kia tersebut, beberapa mobil lain yang mendapat penghargaan untuk kategori tertentu dalam ajang WCA 2020 ini, antara lain sebagai berikut:

2020 World Luxury Car : Porsche Taycan
2020 World Urban Car : Kia Soul EV
2020 World Performance Car : Porsche Taycan
2020 World Car Design of the Year : Mazda3

 
All New Mazda3 menyabet gelar mobil dengan desain terbaik dunia sebenarnya bukanlah kejutan, karena hatchback tersebut telah berulang kali mendapat penghargaan desain dan dinobatkan sebagai mobil terbaik di berbagai negara. Hal yang luar biasa juga terjadi pada Porsche Taycan yang menyabet dua gelar sekaligus.

 

Sekelumit tentang Kia Telluride

Kia Telluride merupakan SUV mewah 8-seater yang satu platform dengan Hyundai Palisade. Meskipun diluncurkan secara global tidak lebih awal dari saudara kembar tak seirasnya dari Hyundai, Kia Telluride ternyata menjadi lebih spektakuler.

 
SUV bongsor ini ditenagai mesin 3,8-liter (3.778 cc) V6 Lambda DOHC 24-valve (6-silinder) dengan output tenaga 291 hp pada 6000 rpm dan torsi 355 Nm pada 5.200 rpm.

 
Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi elektronik otomatis 8-percepatan. Kia Telluride juga dilengkapi fitur All Wheel Drive yang berfungi adaptif jika dibutuhkan.

Kia Telluride dan Hyundai Palisade - Dibangun dengan platform yang sama
Kia Telluride dan Hyundai Palisade – Dibangun dengan platform yang sama

Hal yang membuat mobil ini mememangkan gelar sebagai yang terbaik di dunia, juga dari segi fitur yang lengkap sebagai mobil modern. Hampir semua fitur canggih kekinian disematkan pada Kia Telluride, termasuk fitur keselamatan aktif dan pasif. Selain itu, garansinya  sangat lama, yaitu hingga 10 tahun atau 100.000 km.

 
Dengan segala kecanggihan dan kenyamaan yang luar biasa tersebut, value for money SUV besar ini sangat tinggi. Karena banderol harganya tidak semahal mobil mewah dari brand Eropa seperti BMW atau Mercedes Benz.

 
Kia Telluride dibanderol mulai $31.890 hingga $41.790 di Amerika, atau sekitar Rp 478.350.000 hingga Rp 626.850.000 (untuk kurs Rp 15.000 per dollar US). Sayangnya SUV elegan nan gagah ini belum dijual di Indonesia. Semoga PT Kreta Indo Arta akan memasarkannya di Indonesia, sehingga kita bisa melihatnya di jalanan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar