Sticker 2019GantiXpander di Bokong Avanza, Curhat Emosional atau Gimmick Marketing?

CaruserMagz.com – Persaingan Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza dalam memperebutkan gelar mobil terlaris di Indonesia memang seru. Bagaimana tidak, Toyota Avanza telah diusik oleh Xpander dalam rekor bulanan sepanjang 2018. Walau hingga kini sebenarnya Avanza belum terkalahkan dalam hal jumlah penjualan.

 
Tak dapat dipungkiri Mitsubishi Xpander memang lebih ganteng kemana-mana dibanding Avanza, setidaknya menurut banyak reviewer otomotif. Sehingga tak sedikit orang menjadikannya mobil impian.

 
Namun pembeli rasional lebih dominan di Indonesia ketimbang konsumen emosional. Sehingga perhitungan seperti harga jual kembali, mudahnya mendapatkan suku cadang dan biaya operasional yang rendah menyebabkan Toyota Avanza belum terkalahkan.

 
Baru-baru ini cukup heboh di media sosial mengenai Sticker yang bertuliskan hastag #2019GantiXpander di bokong sebuah Toyota Avanza, tertangkap kamera netizen di jalanan kota Bandung.

 
Foto bagian belakang Avanza tersebut kemudian dishare oleh salah satu anggota group Facebook Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC) yang kemudian banyak mendapat komentar.

 

Resolusi Konsumen Emosional

 
Sticker yang menirukan hastag yang cukup viral dalam kontestasi pilpres 2019 tersebut terlihat cukup besar, hingga hampir separuh bagian kaca belakang Toyota Avanza. Dengan latar belakang putih dan tulisan merah dan hitam, tulisan tersebut seperti sengaja memancing viral.

 
Hal seperti ini bisa saja ungkapan jujur dari sang pemilik toyota Avanza mengenai minatnya membeli Mitsubishi Xpander untuk menggantikan mobil tersebut. Jika benar demikian, sang pemilik mobil bernomor polisi D 1689 KJS tersebut termasuk konsumen emosional berdosis tinggi.

 

Strategi Marketing?

 
Namun bisa saja hal tersebut adalah gimmick marketing dari Sales Mitsubishi untuk memancing minat calon konsumen low MPV. Karena tidak sedikit konsumen di Indonesia yang belum melek informasi di internet, sehingga hal-hal seperti ini bisa memancing rasa ingin tahu lebih jauh, mengenai apa itu Xpander, apa kelebihannya, dan mengapa mobil tersebut menjadi idola baru di Indonesia.

 
Hal itu bisa saja terjadi karena Toyota Avanza adalah kendaraan sejuta umat yang juga banyak digunakan oleh para Sales mobil brand selain Toyota. Sehingga mobil pribadinya sekaligus dijadikan alat promosi dagangan. Walau dengan cara yang agak nyentrik ke arah kampanye abu-abu.

 
Dengan sticker tersebut, seolah-olah sang pemilik tidak puas dengan Avanza miliknya dan menginginkan mobil yang lebih baik, lebih cakep, lebih lega, lebih nyaman dan lebih canggih yang semua kelebihan tersebut dinisbatkan pada Mitsubishi Xpander.

 
Tak sedikit kami jumpai sales mobil Suzuki, Honda, Mitsubishi dan lainnya yang dalam kegiatan sehari-harinya menggunakan Toyota Avanza. Ketika kami tanya, mengapa tidak memakai produk yang mereka jual, jawabannya bermacam-macam.

 
Baca juga:

 
Baik itu ungkapan jujur sang pemilik Avanza atau ternyata adalah gimmick marketing para sales Mitsubishi, semuanya sah-sah saja. Karena mobil Avanza bersticker 2019 Ganti Xpander tersebut boleh-boleh saja ditempeli apapun oleh pemiliknya.

 
Sebagaimana sudah kita ketahui, Toyota akan meluncurkan versi Facelift 2019 pada Januari mendatang. Mari kita nantikan apakah dengan versi baru walau hanya perubahan wajah, Avanza bisa kembali meninggalkan Xpander dalam kontestasi juara bulanan di tahun 2019.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar