Perbandingan Xpander vs Ertiga Generasi kedua, Pilih Mana?

CaruserMagz.com – Persaingan di segmen Low MPV memasuki babak baru sejak kehadiran Mitsubishi Xpander yang menetapkan standar baru bagi mobil kalangan menegah ke bawah ini. Adalah Suzuki All New Ertiga Generasi kedua yang pertama kali meningkatkan standar untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander. Sehingga kompetisi LMPV yang lebih seimbang saat ini adalah Mitsubishi Xpander vs Suzuki Ertiga Generasi kedua.

 
Sedangkan Low MPV lain seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio belum mengganti modelnya ke generasi baru, sehingga masih berada satu level di bawah Ertiga 2018 dan Xpander.

 
Sebenarnya ada pendatang baru yang tak kalah menggiurkan dari segi kualitas, fitur dan kenyamanan, yaitu Medium MPV asal pabrikan China, Wuling Cortez 1.5 yang walaupun menolak disebut low MPV, harganya tetap berada satu level dengan Avanza dan kawan-kawan. Namun dalam hal brand image dan keyakinan konsumen, Wuling Cortez masih harus membuktikan diri beberapa tahun lagi.

 
Sebelum pabrikan Jepang lainnya mengeluarkan versi terbaru dari jagoan mereka, maka pesaingan Ertiga 2018 vs Xpander cukup menarik untuk dicermati. Guna membantu calon konsumen dalam memilih yang mana dari Xpander dan Ertiga yang akan mereka pilih, kami ingin menyajikan perbandingan objektif berdasarkan fakta data dan subjektif berdasarkan pendapat pribadi kami.

 

Harga dan Pilihan Tipe/Varian

Hal pertama yang akan menjadi pertimbangan calon konsumen tentunya adalah harga, apakah sesuai anggaran atau tidak. Berikut tabel perbandingan harga Xpander vs Ertiga pada pertengahan tahun 2018:

Perbandingan Harga Mitsubishi Xpander vs Suzuki Ertiga 2018
Perbandingan Harga Mitsubishi Xpander vs Suzuki Ertiga 2018

Dari tabel di atas, dapat kita simpulkan bahwa pada tipe termurah dan standar, New Ertiga tipe GA-MT dan GL-MT lebih murah Rp 4,1 Juta dibanding Xpander GLX-MT dan GLS-MT. Sedangkan pada tipe menengah Ertiga GX-MT lebih mahal Rp 400 Ribu dibanding Xpander Exceed MT dan pada varian matic, Ertiga GX-AT lebih mahal Rp 500 Ribu.

Untuk tipe tertinggi, Suzuki Ertiga tipe GX-ESP lebih murah Rp 6,7 Juta dibanding Xpander Sport. Jika dibandingkan dengan tipe flagship, yaitu Xpander Ultimate, Ertiga menang jauh yaitu lebih murah Rp 14,9 juta. Namun Xpander tipe Ultimate mungkin lebih cocok bersaing dengan Ertiga tipe termewah yang belum diluncurkan pihak Suzuki.

Bagi sobat yang ingin memiliki mobil tipe tertinggi dengan transmisi manual, tidak akan mendapatkannya pada Xpander, karena pilihan varian transmisi terbatas. Tipe tertinggi Xpander hanya ada transmisi matic, sedangkan tipe terendahnya hanya ada varian manual.

Sedangkan Ertiga lebih fleksibel, karena varian manual dan matic tersedia untuk semua tipe kecuali GA sebagai tipe terendah. Pada kesimpulannya mengenai harga, Suzuki Ertiga lebih murah dibanding Xpander, namun perbedaan harga tersebut cukup sepadan jika melihat kelebihan beberapa fitur Xpander.

 
Baca juga:
Perbandingan Xpander vs Avanza
Perbandingan Xpander vs Mobilio
Perbandingan Xpander vs BR-V
Perbandingan Ertiga vs Mobilio
Perbandingan Ertiga vs Avanza

 

Desain Eksterior dan Interior

Perbandingan selanjutnya adalah mengenai tampilan. Penampakan luar dan dalam sangat berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli mobil, karena ini terkait selera dan kebanggaan pada kendaraan pribadinya.

Bagus mana Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Tampilan Xpander vs Ertiga 2018

Kedua LMPV ini punya arah yang cukup berbeda dalam hal desain eksterior. Namun keduanya sudah cukup baik dan patut disukai oleh kebanyakan konsumen Indonesia.

Mitsubishi Xpander lebih ke arah sporty dan banyak disebut lebih mirip SUV ketimbang MPV. Tidak sedikit pecinta otomotif menyebut Xpander sebagai Baby Pajero Sport.

Sedangkan Suzuki Ertiga generasi kedua tetap mempertahankan nuansa MPV-nya yang kini makin elegan. Jadi tergantung selera masing-masing calon konsumen, lebih suka yang sporty atau elegan.

Berbicara tentang eksterior, tampilan yang lebih sesuai dengan selera kami adalah eksterior Mitsubishi Xpander, karena kami lebih suka tampilan yang gagah dan unik, ketimbang Ertiga yang masih mengikuti pakem mainstream.

Interior Xpander vs Ertiga 2018
Interior Xpander vs Ertiga 2018

Mengenai desain interior, kedua LMPV ini juga punya perbedaan cukup signifikan. Dimana Suzuki Ertiga menyuguhkan kabin yang terasa lebih mewah dari Xpander. Kursi Ertiga terlihat lebih mewah dan desain dashboard Ertiga lebih terasa premium dibanding dashboard Xpander.

Sehingga menurut kami, Suzuki berhasil mengungguli Xpander dalam hal desain interior. Dashboard Xpander terasa kurang sporty dan kurang serasi dengan eksteriornya yang gagah.

Penilaian terhadap desain tentunya bersifat subjektif, sehingga setiap orang sah-sah saja punya pendapat berbeda. Namun dari view kami, Xpander unggul untuk desain eksterior dan Ertiga unggul dalam hal desain interior.

 

Perbandingan Spesifikasi

Hal-hal yang kami bandingkan mengenai spesifikasi ini antara lain Dimensi, Wheelbase, Ground Clearance, ukuran ban dan dan lain sebagainya. Berikut tabel perbandingan spesifikasi Ertiga vs Xpander:

Perbandingan Spesifikasi Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Spesifikasi Xpander vs Ertiga 2018

Dari tabel perbandingan spesifikasi di atas, dapat kita ambil beberapa poin sebagai berikut:

Dimensi / Kelegaan Kabin – Data ukuran panjang, lebar dan tinggi memberi tahu kita bahwa ternyata Mitsubishi Xpander masih lebih besar dibanding Ertiga 2018 meskipun Ertiga generasi kedua sudah lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu xpander lebih panjang 8 cm, lebih lebar 1,5 cm dan lebih tinggi 0,5 cm. Dimensi yang lebih besar membuat Xpander punya kabin yang lebih lega dan bagasi yang lebih besar.

Wheelbase – Suzuki Ertiga punya jarak antar poros roda lebih panjang 1,5 cm saja. Walau tidak begitu signifikan, sedikit banyak ada pengaruhnya pada kelegaan kabin baris kedua Ertiga yang lebih baik.

Ukuran Velg dan Ban – Mitsubishi Xpander punya kelebihan pada varian tertinggi, yaitu tipe Sport dan Ultimate yang punya ban lebih lebar dan velg lebih besar 1 inci dibanding Ertiga.

Bobot Kotor (Gross Weight) – Dari data tersebut terlihat bahwa Xpander 20 kg lebih berat dari Ertiga, itu bisa berpengaruh pada rasio tenaga, kehematan bbm dan juga kemantapan pengendalian, walau mungkin tidak akan terasa signifikan.

 

Mesin dan Tenaga

Suzuki melakukan improvement signifikan pada Ertiga dengan memperbesar kapasitas mesinnya, sehingga Ertiga tidak lagi berstatus LMPV dengan mesin terkecil di Indonesia. Peningkatan mesin tersebut menjadikan Ertiga sejajar untuk bersaing dengan Expander, Avanza dan Mobilio. Berikut detail perbandingan mesin Xpander vs Ertiga 2018:

Perbandingan Mesin Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Mesin Xpander vs Ertiga 2018

Dari tabel di atas, dapat kita simpulkan sebagai berikut:

Tenaga – Kedua LMPV ini dapat dibilang seimbang tenaganya, karena sama-sama 104 PS pada  6.000 rpm. Namun Ertiga sedikit lebih besar, yaitu 104,7 PS. Jika dibandingkan rasio tenaga terhadap bobot mobil, maka Ertiga unggul karena dengan tenaga sedikit lebih besar, bebannya lebih ringan 20 kg dibanding Xpander.

Torsi – Mitsubishi Xpander unggul dalam hal torsi, yaitu lebih besar 3 Nm dari Ertiga yang punya angka torsi sebesar 138 Nm. Mitsubishi memang sudah terkenal dengan mobil-mobil yang punya torsi lebih besar sehingga terasa lebih bertenaga di kecepatan rendah.

Kapasitas Mesin – Ertiga punya mesin yang sedikit lebih kecil dari Xpander, yaitu selisih 37 cc. Namun Suzuki berhasil membuat tenaga Ertiga lebih besar 0,7 PS dari Xpander.

Dalam hal transmisi, roda penggerak dan rasio kompresi, kedua Low MPV ini punya angka dan konfigurasi yang sama.

 

Perbandingan Fitur

Fitur menjadi salah satu andalan kedual LMPV ini dalam menarik minat konsumen. Mitsubishi melakukan riset yang lama untuk menentukan fitur apa saja yang sesuai dengan ekspektasi konsumen Indonesia. Sementara Ertiga telah punya fitur berlimpah sejak kehadirannya di tahun 2012.

Persaingan fitur Ertiga vs Xpander cukup sengit, khususnya pada tipe tertinggi. Berikut perbandingan fitur keselamatan, hiburan dan interiornya:

Perbandingan Fitur Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Fitur Xpander vs Ertiga 2018

Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa kedua LMPV ini sudah cukup melewati standar fitur LMPV generasi sebelumnya, sehingga wajar Mitsubishi menyebut Xpander sebagai pionir dalam meningkatkan standar fitur mobil Low MPV.

Dalam hal keselamatan, Xpander punya kelebihan berupa emergency signal pada lampu belakang jika pengemudi melakukan panic braking. Sedangkan Ertiga tidak dilengkapi fitur ini. Namun Ertiga unggul dalam hal fitur Brake Assist (BA) yang sudak ada pada semua tipe, sedangkan Xpander hanya ada pada tipe Sport dan Ultimate.

Pada fitur interior, Xpander unggul dalam hal adanya tweter pada sistem audio, sedangkan Ertiga generasi kedua ini malah tidak lagi punya tweter seperti generasi pertamanya. Mungkin Suzuki menilai itu tidak begitu signifikan.

Selanjutnya Xpander unggul pada MID yang sudah LED, Adanya arm rest di kabin baris kedua, fitur anti silau pada kaca spion interior, dan pengaturan setir telescopic, yang semua fitur tersebut tidak ada pada Ertiga 2018 generasi kedua.

Sedangkan Ertiga punya keunggulan pada fitur pendingin minuman, yaitu adanya exhaust AC pada cup-holder di konsol tengah. Selebihnya relatif seimbang dan dapat sobat lihat sendiri pada tabel di atas.

 

Perbandingan Kepraktisan

Kepraktisan pada mobil adalah terkait ruang penyimpanan seperti tempat air minum dan berbagai ruang penyimpanan terbuka dan tertutup. Berikut perbandingan kepraktisan Xpander vs Ertiga 2018:

Perbandingan Kepraktisan Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Kepraktisan Xpander vs Ertiga 2018

Dari tabel di atas terlihat bahwa Mitsubishi Xpander jauh mengungguli Suzuki Ertiga generasi kedua dalam hal kepraktisan. Xpander memiliki total 16 cup holder, sedangkan Ertiga hanya ada 8 tempat air minum. Xpander juga unggul karena ada ruang penyimpanan terbuka di kabin baris ketiga dan berbagai ruang tambahan di area bagasi, sedangkan Ertiga tidak memilikinya.

 

Pilihan Warna

Pilihan Warna Suzuki Ertiga lebih banyak dari Xpander. Ertiga disediakan dengan 7 pilihan warna, sedangkan Xpander hanya ada 5 pilihan.

Pilihan Warna Xpander vs Ertiga 2018
Pilihan Warna Xpander vs Ertiga 2018

Bahkan Xpander juga dibatasi dalam hal pilihan warna, karena warna merah dan titanium grey hanya bisa dipesan untuk tipe Exceed, Sport dan Ultimate, sedangkan tipe GLX dan GLS hanya disediakan pilihan warna hitam, putih dan silver.

 

KESIMPULAN

Dari ulasan perbandingan di atas, maka dapat kami simpulkan dalam tabel berikut untuk menentukan mana yang unggul untuk setiap kategori.

Perbandingan Lengkap Xpander vs Ertiga 2018
Perbandingan Lengkap Xpander vs Ertiga 2018

Dari tabel di atas, kami menyimpulkan bahwa kedua LMPV ini relatif imbang. Mitsubishi Xpander secara keseluruhan unggul tipis berkat dimensi yang lebih besar, kepraktisan yang berlimpah, desain eksterior yang menawan dan berbagai kelengkapan interior yang lebih baik dari Ertiga generasi kedua.

Namun keunggulan itu sepadan dengan harga Xpander yang lebih mahal, sehingga membuat value for money-nya tidak lebih baik dari Ertiga 2018 tersebut. Jadi pada akhirnya tergantung para calon konsumen, mana yang lebih mereka sukai.

Jika sobat bertanya mana diantara kedua Low MPV tersebut yang lebih kami sukai, maka pilihan kami jatuh pada Mitsubishi Xpander. Karena beberapa kelebihan yang menurut kami membuatnya seperti berada satu level di atas semua kompetitornya. Kemudian karena Xpander adalah mobil yang benar-benar baru di Indonesia.

Demikian ulasan ini, semoga bermamfaat bagi sobat yang membutuhkan informasi, khususnya bagi mereka yang sedang menimbang-nimbang mana dari kedua LMPV ini yang akan dipilih. Jika sobat punya pendapat berbeda atau informasi tambahan, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *