10 Prediksi Avanza-Xenia 2019 Facelift, Mana yang Benar?

CaruserMagz.com – Kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Facelift 2019 cukup ramai di pemberitaan media. Karena ini adalah mobil sejuta umat yang belum terkalahkan. Mobil idaman keluarga Indonesia sekaligus mobil paling banyak digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan.

 
Jadi wajar jika banyak pecinta otomotif berusaha menerka-nerka akan seperti apa duo LMPV kembar baru tersebut. Tak hanya pegiat otomotif, netizen pun tak mau ketinggalan meramaikan komentar pada posting-posting mengenai MPV ini.

 
Berbagai prediki dikemukakan, baik prediksi mengenai fitur-fiturnya dalam bentuk tulisan, maupun prediksi terhadap penampakannya dalam bentuk gambar-gambar teaser.

 
Berikut kami kumpulkan berbagai prediksi pecinta otomotif mengenai Avanza dan Xenia 2019, dari berbagai sumber:

 

1. Generasi baru

Awalnya Avanza 2019 diperkirakan adalah generasi baru, mengingat ADM menampilkan mobil konsep bernama DN-Multisix yang diperkirakan adalah basis dari duo Avanza-Xenia. Namun ternyata rumor tersebut dibantah baik oleh pihak TAM, maupun oleh ADM. Dikonfirmasi oleh kedua perusahaan tersebut bahwa model baru tersebut hanyalah Facelift Major Change.

 

2. Berpenggerak Roda Depan

Ada juga rumor yang mengatakan bahwa Avanza dan Xenia baru tersebut akan berpenggerak roda depan. Namun kabar tersebut telah dibantah oleh pihak ADM, dengan memastikan bahwa Xenia 2019 tetap RWD.

 

3. Bertampang SUV

Mengaitkan dengan Mitsubishi Xpander yang seperti baby-Pajero Sport, Avanza dan Xenia juga disebut-sebut akan bernuansa SUV, untuk bersaing dengan LMPV anyar Mitsubishi tersebut. Namun telah dibantah oleh pihak TAM, bahwa Avanza tidak akan ikut-ikutan Xpander.

 

Prediksi Avanza-Xenia 2019 - Mirip Fortuner
Prediksi Avanza-Xenia 2019 – Mirip Fortuner

Mengenai tampang Crossover ini, ada pecinta otomotif yang membuat teaser Avanza yang digabung-gabungkan dengan desain Fortuner, teaser tersebut sempat viral walau terlihat aneh.

 

4. Wajah Mirip All New Rush

Sebuah teaser yang juga sempat hadir dan viral, yaitu penampakan Avanza dengan wajah Rush terbaru terutama pada lampu-lampu dan grill-nya. Tak luput bagian belakang juga dibuat mirip dengan Rush. Namun render tersebut hanya sensasi karena tidak ada rumor mengenai hal terebut sebelumnya.

 

Prediksi Avanza-Xenia 2019 - Mirip Rush
Prediksi Avanza-Xenia 2019 – Mirip Rush

 

5. Spion Sama dengan Rush

Prediksi ini diperkirakan mendekati kebenaran, karena menurut media otomotif ternama, seorang nara sumber terpercaya mengabarkan bahwa rumahan spion Avanza dan Xenia 2019 akan sama persis dengan milik Rush dan Terios.

 

6. Wajah Baru

Kabar dari naras umber yang disebut-sebut terpercaya juga mengatakan bahwa Avanza – Xenia 2019 akan punya wajah yang benar-benar baru, yaitu konstruksi lampu depan, grill dan bumper. Kebenaran prediksi tersebut hanya dapat dibuktikan saat peluncuran.

 

7. Fitur Start-Stop Engine

Dikabarkan juga bahwa varian tertinggi dari Avanza dan Xenia facelift 2019 akan memiliki fitur tombol start-stop engine, sehingga tidak lagi menggunakan anak kunci.

 

8. Perubahan Mesin

Meskipun sempat beredar rumor bahwa akan ada perubahan mesin pada duo kembar tersebut, kabar terakhir yang bocor menyatakan mesin yang digunakan kedua kembaran tersebut bukanlah varian mesin baru. Namun Daihatsu Xenia 2019 akan mendapatkan mesin 1.500cc layaknya Veloz, Rush dan Terios, dimana sebelumnya Xenia hanya bermesin 1.300cc.

 

9. Rem ABS+EBD pada semua Tipe

Ada juga rumor bahwa semua tipe Avanza dan Xenia akan dibekali fitur rem ABS+EBD. Namun belum ada konfirmasi resmi akan kebenaran rumor tersebut. Itu adalah kabar baik bagi peminat mobil ini jika benar.

 

10. Tambahan Banyak Fitur

Melihat perubahan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, juga sengitnya persaingan di segmen Low MPV dimana para kompetitor sudah mengusung banyak fitur, ada kemungkinan penambahan fitur signifikan pada Avanza dan Xenia 2019, khususnya varian tertinggi.

Fitur-fitur tersebut antara lain Vehicle Stability Control, 6-airbags, Brake Assist, Tilt & telescopic steering dan AC digital. Namun itu hanya prediksi, benar atau tidaknya hanya bisa dipastikan saat benar-benar diluncurkan.

 
Baca juga:

 
Demikianlah beberapa prediksi yang banyak beredar mengenai Avanza-Xenia 2019 yang kabarnya akan diluncurkan pada Januari 2019. Kami tidak menjamin berbagai prediksi tersebut adalah benar. Informasi ini hanyalah merangkum dari berbagai sumber. Jika Sobat pembaca punya kabar terbaru mengenai duo LMPV kembar tersebut, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar