Aston Martin DBX - Luxury Super SUV

Aston Martin DBX Pertama Telah Lahir, Super SUV untuk Para Gentlemen

Aston Martin Berita SUV

CaruserMagz.com – Aston Martin DBX telah mulai diproduksi di pabrik St Athan, Wales, Inggris. Aston Martin menggelar seremoni peluncuran unit DBX pertama yang selesai diproduksi di fasilitas perakitan mobilnya tersebut. Awal Juli 2020 ini adalah sejarah penting bagi sang pabrikan mobil mewah asal Inggris, karena pertama kalinya mereka memasuki segmen SUV.

Dengan lahirnya SUV pertama Aston Martin ini, maka alternatif jajaran Super SUV mewah dari brand prestisius bertambah. Berapa pun level harganya, Aston Martin DBX akan bersaing dengan Lamborghini Urus, Bentley Bentayga, hingga Rolls-Royce Cullinan.

SUV Aston Martin ini mulai dikembangkan pada tahun 2015, yang kemudian baru memasuki tahap pengujian fisik 3 tahun setelahnya pada 2018. Model perwujudan SUV mewah dari brand mobil yang terkenal untuk para gentlemen ini dipresentasikan pada akhir 2019. Barulah masuk jalur produksi pada awal 2020.

Peresmian Aston Martin DBX SUV Pertama Keluar Jalur Produksi
Peresmian Aston Martin DBX SUV Pertama Keluar Jalur Produksi

Akhirnya SUV Aston Martin benar-benar telah lahir pada awal Juli 2020 setelah unit pertama selesai diproduksi  dengan melewati Quality Control yang ketat. Pengiriman pertama ke pelanggan akan mulai dilakukan pada akhir Juli, dimana unit pertama ini adalah untuk konsumen di Eropa. Selanjutnya disusul ke berbagai negara di seluruh dunia.

Pejabat sementara Aston Martin mengatakan bahwa tetap berjalannya produksi mobil di masa Pandemi Covid-19, merupakan bukti ketangguhan dan komitmen setiap orang di tim-nya.

Saya sangat bangga dengan tim Aston Martin yang telah bekerja sangat keras untuk mengubah bekas situs Kementerian Pertahanan ini menjadi fasilitas manufaktur mobil kelas dunia, untuk tetap memproduksi mobil di kondisi sekarang, merupakan bukti ketangguhan dan ketabahan setiap orang di Aston Martin”, kata COO Interim Aston Martin, Keith Stanton.

Merupakan suatu kehormatan bisa melihat DBX pertama keluar jalur (produksi) dan satu-satunya penyesalan saya adalah bahwa setiap orang yang bekerja untuk merek luar biasa ini, tidak dapat berada di sini untuk menyaksikannya,” ujar Stanson.

Baca: Begini Canggihnya SUV Rolls-Royce Cullinan

Pengerjaan Produksi Mobil di Pabrik Aston Martin - DBX Super SUV
Pengerjaan Produksi Mobil di Pabrik Aston Martin – DBX Super SUV

DBX adalah luxury SUV yang ditenagai oleh mesin V8 twin-turbo 4.0-liter yang disuplai oleh Mercedes-AMG. Output maksimumnya hingga 542 HP (550 PS / 405 kW) dan torsi puncak hingga 700 Nm (516 lb-ft).

Dapurpacu supercar tersebut melejitkan SUV ini dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik dan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 291 km/jam (181 mph). Mesin dihubungkan ke sistem penggerak empat roda melalui transmisi otomatis 9-percepatan.

Inspeksi Final di Jalur Produksi - Aston Martin DBX SUV
Inspeksi Final di Jalur Produksi – Aston Martin DBX SUV

Baca juga: Super SUV Lamborgini Kencang dengan Tenaga 650 ps

Luxury SUV dari Inggris ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau bagi kalangan jetset, yaitu mulai $ 189,9 ribu atau sekitar Rp 2,85 Miliar. Jadi DBX bukan merupakan mobil mewah yang harganya tidak masuk akal hingga jutaan dollar.

Dikabarkan oleh Carscoops, Aston Martin DBX ini dibanderol mulai $189.900 (Rp 2,85 Miliar) di Amerika Serikat, £158.000 / $198.630 (Rp 2,98 Miliar) di Britania Raya dan €193.500 / $218.694 (Rp 3,28 Miliar) di Jerman. Jika masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya menjadi belasan atau hingga 20-an Miliar, mengingat pajak barang mewah di Indonesia luar biasa mahal.

Lihat lebih banyak gambar Aston Martin DBX pada Gallery di bawah ini:

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar