Perbandingan Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza, Komparasi Lengkap Spesifikasi dan Fitur

CaruserMagz.com – Mitsubishi menggebrak pasar otomotif tanah air dengan menghadirkan low MPV baru bernama Xpander. Tak pelak, mobil ini disebut-sebut akan membunuh Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen Low MPV. Apakah Xpander bisa merebut gelar MPV terlaris dari Avanza? Jawabannya tentu waktu yang bisa menjawabnya.

 

Konsumenlah yang pada akhirnya menentukan, mana MPV yang lebih mereka sukai. Untuk itu, tentu konsumen akan membandingkan kedua mobil ini dari semua hal.

 

Kami ingin berkontribusi membantu calon pembeli MPV dalam membandingkan Xpander vs Avanza dari segi spesifikasi, fitur, harga, mesin, varian, kepraktisan, kenyamanan dan lain sebagainya yang bisa kami sajikan. Berikut komparasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Grand New Avanza:

 

1. Harga dan Varian

 

Toyota menyediakan lebih banyak pilihan varian Avanza, baik dari segi kapasitas mesin maupun transmisinya. Sedangkan Mitsubishi membatasi varian transmisi dan hanya punya satu pilihan mesin. Tabel berikut menggambarkan perbandingan varian dan harga kedua MPV ini:

 

Perbandingan harga xpander vs avanza
Perbandingan harga xpander vs avanza
Tabel di atas menggambarkan pada kita bahwa Mitsubishi Xpander lebih mahal pada level yang sama, namun itu wajar-wajar saja karena spesifikasi mesin Xpander yang lebih besar dan fitur yang lebih banyak.

Perbandingan yang lebih sepadan dari sisi kapasitas mesin dan harga adalah sebagai berikut:
Xpander Ultimate vs Veloz 1.5 AT:  Xpander lebih mahal 8,85 juta
Xpander Sport vs Veloz 1.5 AT: Xpander lebih mahal 650 ribu
Xpander Exceed AT vs Veloz 1.5 AT: Avanza lebih mahal 11,55 juta
Xpander Exceed AT vs Avanza 1.3 AT: Xpander lebih mahal 5,95 juta
Xpander Exceed MT vs Avanza G 1.5 MT: Avanza lebih mahal 6,05 juta
Xpander Exceed MT vs Avanza G 1.3 MT: Xpander lebih mahal 6,25 juta
Xpander GLS vs Avanza G 1.5 MT: Avanza lebih mahal 12,05 juta
Xpander GLS vs Avanza G 1.3 MT: Xpander lebih mahal 250 ribu
Xpander GLX vs Avanza E 1.3 MT: Avanza lebih mahal 1,15 juta

Avanza unggul dalam hal pilihan varian dan rentang harga yang lebih luas. Hampir semua tipe ada pilihan transmisi manual dan matic, sedangkan Xpander hanya tipe Exceed yang punya dua pilihan transmisi.

 

2. Desain Eksterior

 

Membandingkan desain Grand New Avanza vs Mitsubishi Xpander sebenarnya kurang apel-to-apel. Karena dapat dikatakan kedua mobil ini cukup berbeda zaman. Lain halnya jika nanti Avanza generasi selanjutnya dirilis, mungkin akan lebih sepadan.

 

Terkait desain memang tergantung selera masing-masing orang, namun kami kira akan banyak orang yang setuju bahwa Mitsubishi Xpander jauh lebih menarik dari Grand New Avanza dari semua sisi eksteriornya.

 

Xpander unggul dengan tampilan sporty ala SUV sedangkan Avanza memberi nuansa low MPV yang sederhana. Banyak orang yang bilang, tidak hanya Avanza, tapi hampir semua mobil Toyota itu desainnya terlalu biasa bahkan membosankan.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

4 thoughts on “Perbandingan Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza, Komparasi Lengkap Spesifikasi dan Fitur

  • November 12, 2017 at 5:00 pm
    Permalink

    Penjabaran yang bagus dan objektif menurut saya. Terima kasih atas artikelnya 🙂
    salam otomotif!

    Reply
  • November 13, 2017 at 4:38 am
    Permalink

    Clear, dan rasional.
    Mitsubishi raja kendaraan niaga, bertenaga, dan handal, skrg punya produk mpv. Telat dibandingkan produk yg sudah banyak beredar, mungkin spare part yg tersedia di bengkel masih terbatas, tapi mitsubishi cukup handal sih, umur spare-nya mungkin lebih lama.
    Tapi pemain lama tetep ndak mau dominasinya terancam. Mungkin mereka juga akan ngeluarin produk baru lagi.
    Mitsubishi menjaga identitasnya sebagai mobil bertenaga dan handal, jadi riset ntuk ngeluarin produk baru cenderung lama, dibanding merk lain yg cukup getol ngeluarin banyak varian.

    Reply
  • November 25, 2017 at 9:01 am
    Permalink

    Jadi bingung pilih yang mana?
    Maunya Pajero Sport, tp duitnya cuma cukup untuk beli Avanza atau XPander hahaaa

    Reply
  • July 24, 2018 at 2:59 am
    Permalink

    Tentu saja xpander akan lebih bagus dari avanza karena xpander adalah mobil yang baru muncul di negeri ini. Dari segi fitur kekuatan keamanan pastinya dibuat harus lebih baik, jika tidak ya pasti tidak akan dilirik oleh konsumen. Namun saya tetap percaya Avanza adalah mobil terbaik dinegeri ini, karena jarang malah saya tidak pernah melihat orang komplain dengan avanza. Kita lihat kedepan ada tidaknya masalah yang akan timbul di mobil baru ini.

    Reply

Tulis Komentar